Semua penggemar setia Marvel pasti mengenal siapa Doctor Strange. Mempunyai nama asli Stephen Vincent Strange, salah satu penyihir terbaik di Marvel Universe ini dikenal juga sebagai seorang Sorcerer Supreme tangguh yang menggantikan Ancient One. Namun, setelah bertahun-tahun memegang gelar sakral tersebut, Strange akhirnya memutuskan untuk pensiun sebagai Sorcerer Supreme di kisah Death of Doctor Strange. Hal itu dikarenakan dia tidak bisa lagi menahan wujud fananya dan akhirnya diperlihatkan mati.

Di komik Death of Doctor Strange, yang ditulis oleh Jed MacKay dan digambar oleh Lee Garbett, Strange dibunuh oleh Kaecilius di Sanctum Sanctorum. Sebagai rencana cadangan yang sudah dipersiapkan oleh Strange sejak lama, versi mudanya secara ajaib tiba-tiba muncul untuk menginvestigasi kasus pembunuhan tersebut, yang pada akhirnya justru mengarahkannya pada pertempuran yang lebih besar melawan supervillain Peregrine Child dan Three Mothers. Meskipun sempat dibangkitkan, tetapi Strange pada akhirnya tetap mati setelah berhasil mengalahkan para villain yang berasal dari dimensi lain tersebut.

Sebelum dia menghilang, Strange sempat memberikan Cloak of Levitation dan Eye of Agamotto kepada Clea, mantan istrinya sekaligus penyihir terkuat dari Dark Dimension. Hal tersebut secara tidak langsung telah mengindikasikan bahwa tugas Sorcerer Supreme Bumi diwariskan kepada Clea, yang sekarang kisah solonya dilanjutkan di komik terbaru berjudul Strange karya Jed Mackay dan Marcelo Ferreira. Di edisi keduanya yang baru saja dirilis pada bulan April ini, Clea mengungkap seperti apa kekuatan Sorcerer Supreme Bumi.

Di komik Strange #2, Clea mengatakan “Saya adalah Clea Strange, seorang Sorcerer Supreme. Energi Bumi dan Dark Dimension seperti api dan es. Asam dan batu… kekuatan Sorcerer Supreme tidak saling menambahkan. Kekuatannya tersebut tidak bisa disatukan – dan disekutukan.” Yang dimaksud oleh Clea ini adalah Sorcerer Supreme tidak bisa mengambil energi sihir dari dimensi lain, di mana hal tersebut berlaku untuk Sorcerer Supreme Bumi yang tidak bisa mengambil energi dari Dark Dimension, tempat asalnya.

Sebagai Sorcerer Supreme baru dan bintang utama di komik Strange, kali ini Clea diceritakan tengah menyesuaikan diri dengan tugas barunya, sambil berhadapan dengan para villain baru, termasuk The Harvestman, Blasphemy Cartel, dan zombie Thunderstrike. Kisah Clea sebagai Sorcerer Supreme akan segera dilanjutkan di komik Strange #3 yang dijadwalkan untuk rilis pada 18 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.