Doctor Strange 2 alias Doctor Strange in the Multiverse of Madness adalah film Marvel Cinematic Universe ke-28 yang akan kembali mengekplorasi Multiverse Marvel yang jauh lebih kompleks dari sebelumnya. Kali ini Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) bahkan sampai harus meminta bantuan kepada Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) saat menghadapi masalah multiverse, di mana dia nantinya akan bertemu dengan mantan sahabat sekaligus saingannya yang bernama Karl Mordo (Chiwetel Ejiofor) dan varian jahat dirinya.

Menariknya, belum lama ini sutradara Sam Raimi mengungkapkan bahwa yang akan menjadi villain di filmnya tersebut adalah Wanda, Mordo, dan varian Strange, pada “waktu yang tidak bersamaan”. Jika mereka bertiga akan menjadi villain pada waktu yang berbeda, lantas siapa yang akan menjadi villain utamanya? Sambil menunggu filmnya dirilis sekitar tiga minggu lagi, mari kita bahas kemungkinan villain yang sebenarnya berdasarkan beberapa petunjuk yang sudah ada. Let’s go, Geeks!

Scarlet Witch

Wanda Maximoff alias Scarlet Witch adalah salah satu karakter favorit penggemar yang saat ini digambarkan sebagai sosok superhero, karena perannya bersama Avengers di Infinity Saga. Walaupun begitu, ternyata tidak sedikit juga penggemar yang mengharapkan dia menjadi villain di film Multiverse of Madness. Hal tersebut karena di serial WandaVision sebelumnya, Wanda terlihat mempunyai emosi yang tidak stabil, serta sempat diramalkan oleh buku kutukan Darkhold bahwa dia akan menghancurkan dunia.

Trailer Multiverse of Madness bahkan membuat kemungkinan tersebut menjadi sangat masuk akal, di mana Wanda merasa bahwa dunia tidak adil kepadanya karena selalu melihatnya sebagai penjahat. Ada kemungkinan Wanda akan digambarkan sebagai villain pertama yang harus dihadapi oleh Doctor Strange utama. Di Marvel Comics sendiri, Wanda memang cukup sering diceritakan menjadi villain, dan salah satu kisahnya yang paling ikonik terjadi di komik Avengers Disassembled (2014) ketika dia merusak realitas karena pikirannya terganggu setelah kehilangan anaknya, Billy dan Tommy Maximoff.

Kejadian yang mirip juga terjadi di MCU, di mana Wanda harus kehilangan Vision, Billy, dan Tommy di akhir serial WandaVision. Alasan tersebut yang nantinya mungkin akan memotivasi Wanda untuk menggunakan Dark Magic atau Chaos Magic untuk merampingkan multiverse agar dia bisa bertemu kembali dengan kedua anak kembarnya. Hal tersebut pada akhirnya membuat Strange mau tidak mau harus menghentikannya. Peristiwa ini bisa berlaku juga pada varian Wanda yang terlihat di trailernya, sementara Wanda utama masih tetap berada di samping Strange untuk membantunya.

Sinister Strange

Berdasarkan apa yang sudah terungkap di trailernya, Doctor Strange utama akan berhadapan dengan varian jahat dirinya yang dipanggil Sinister Strange. Meskipun awalnya banyak penggemar yang mengira bahwa sosok varian Strange yang tampak kusut ini adalah Strange Supreme dari serial What If…?, ternyata dia adalah varian yang berbeda. Dalam trailernya, Mordo berkata, “Saya harap kamu mengerti, bahwa ancaman terbesar bagi universe kita adalah dirimu sendiri!” disusul dengan penampakan Sinister Strange.

Berdasarkan petunjuk tersebut cukup masuk akal jika Strange akan bertarung juga dengan Sinister Strange, mungkin setelah urusannya dengan Scarlet Witch jahat selesai. Beberapa bulan lalu sempat beredar bocoran foto yang memperlihatkan jendela Sanctum Sanctorum yang hancur, kemungkinan itu adalah akibat dari pertarungan antara Doctor Strange dan Sinister Strange, yang sama-sama ingin membuktikan siapa yang paling benar di antara mereka. Belum lama ini, sebuah teaser terbaru bahkan memperlihatkan Sinister Strange yang memamerkan kekuatannya dengan sebuah mata tambahan di dahinya.

Sebenarnya tidak aneh jika Sinister Strange menjadi villain, karena seorang Strange memang mempunyai kemampuan untuk itu. Ditambah lagi, di berbagai kisah Marvel Comics ada banyak sekali varian jahat Strange, termasuk Necromancer, Zombie Strange, Cancer Strange, Punisher Strange, dan sebagainya. Itulah mengapa memunculkan varian jahat Strange di film keduanya ini akan memperlihatkan kepada penggemar betapa bahayanya jika Strange menjadi villain.

Master Mordo

Master Mordo, atau Baron Mordo di Marvel Comics, adalah penyihir yang cukup sering berkonflik dengan Strange. Semuanya dimulai ketika Mordo tidak setuju jika Strange menjadi Sorcerer Supreme di Marvel Comics, padahal menurutnya dia jauh lebih hebat dan lebih senior dari Strange. Di MCU sendiri, kisahnya kurang lebih sama, di akhir film Doctor Strange pertama, Mordo yang awalnya bertindak sebagai pendamping Strange sekaligus sahabatnya, memutuskan untuk meninggalkan perguruan Mystic Art yang membesarkannya, setelah mengetahui bahwa Ancient One bisa menggunakan Dark Magic.

Di Marvel Comics, diceritakan bahwa setelah Mordo meninggalkan perguruan Mystic Art dia menemukan tujuan hidup baru, yaitu menghapus semua penyihir di muka Bumi. Alasan tersebut bisa menjadi motivasinya juga sebagai villain di film Multiverse of Madness. Mengingat rivalitasnya yang abadi dengan Strange di Marvel Comics, sudah saatnya bagi Master Mordo untuk membuktikan bahwa dia bisa menjadi musuh yang sangat kuat bagi Strange. Di mana hal tersebut memungkinkan dia untuk menjadi musuh yang paling berpotensi sebagai “villain utama” di filmnya.

Ada kemungkinan juga, perkataannya di trailer Multiverse of Madness sebenarnya dimaksudkan untuk mengadu domba Doctor Strange dengan Sinister Strange, agar Strange utama lebih lemah ketika bertarung dengannya. Dengan motivasi gilanya, Mordo mungkin ingin menghapus semua penyihir yang ada di multiverse, termasuk Doctor Strange, Sinister Strange, bahkan Scarlet Witch. Itulah prediksi tentang bagaimana para villainnya muncul dan siapa yang akan menjadi villain utamanya. Jawaban sebenarnya akan segera terungkap saat filmnya rilis di bioskop Indonesia pada 4 Mei besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.