Kedahsyatan dari kekuatan buah iblis dalam cerita One Piece menjadi salah satu hal epik dari dinamika pertarungan di serinya. Buah iblis menjadi salah satu sumber kekuatan dari banyak karakter. Hal tersebut wajar karena buah iblis membantu seseorang dalam bertarung yang membuat mereka menjadi lebih lincah atau lebih tahan terhadap sesuatu.

Sebagian besar kekuatan buah iblis biasanya membuat seseorang bisa memanipulasi atau berubah menjadi sesuatu. Misalnya, buah iblis Nika membuat Luffy bisa memanipulasi tubuhnya untuk menjadi elastis. Atau buah iblis Zoan yang membuat seseorang bisa berubah menjadi hewan buas, hewan kuno, atau hewan mitologi. Namun, ada juga buah iblis yang ternyata memiliki koneksi baik langsung atau pun tidak langsung dengan elemen alam. Apa saja?

Yuki Yuki No Mi (Es)

Yuki Yuki no mi atau Snow Snow Fruit adalah buah iblis Logia yang membuat penggunanya bisa mengendalikan dan berubah menjadi salju. Buah iblis ini sempat dimiliki oleh Monet, asisten dari Caesar Clown di Punk Hazard. Dengan buah iblis ini, Monet mampu membuat sebuah ruangan menjadi sebuah tempat yang dipenuhi salju. Hal ini diperlihatkan dalam pertarungannya melawan Zoro, di mana seluruh tempat tersebut dipenuhi oleh salju.

Suna Suna No Mi (Bumi)

Sesuai dengan namanya, Suna Suna no Mi atau Sand Sand Fruit merupakan buah iblis yang memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa berubah menjadi manusia pasir. Diantara buah iblis berjenis Logia, buah iblis ini bisa dibilang sangat unik karena mampu merubah seseorang menjadi pasir. Pemilik kekuatan buah iblis ini adalah Crocodile, yang merupakan mantan Shichibukai.

Selain mampu berubah menjadi pasir, Crocodile juga mampu menyerap kelembaban seseorang atau sesuatu. Dia pun bisa menciptakan sebuah pasir hisap yang membuat lawannya tidak berdaya. Crocodile berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis ini, yang mana kemudian kekuatan buah iblisnya benar-benar sangat mengerikan.

Ishi Ishi No Mi (Bumi)

Ketika kru bajak laut Topi Jerami berada di Dressrosa, salah satu ancaman yang harus mereka hadapai adalah Pica, yang merupakan bagian dari kelompok bajak laut Donquixote. Pica diketahui memiliki buah iblis Ishi Ishi no Mi yang merupakan buah iblis berjenis Paramecia yang membuatnya bisa memanipulasi atau menyatu dengan batu, sehingga membuat Pica menjadi sosok manusia batu.

Dengan kekuatan dari Ishi Ishi no Mi yang sangat dahsyat, Pica pun kemudian menjadi bagian dari salah satu petinggi di keluarga Donquixote. Yang paling diingat dari kekuatan ini adalah ketika Luffy dan yang lain harus menghadapi sosok “raksasa” Pica yang terbuat menjadi batu. Hal tersebut menjadi bukti lain dari kedahsyatan Ishi Ishi no Mi.

Hie Hie No Mi (Es)

Hie Hie no Mi adalah buah iblis berjenis Logia yang membuat penggunanya bisa mengendalikan, membuat, atau berubah menjadi es. Kemampuan buah iblis ini dimiliki oleh mantan admiral Kuzan. Kekuatan buah iblisnya sangatlah dahsyat, bahkan Oda Sensei sendiri mengakui bahwa buah iblis es Kuzan ini jauh lebih superior dibandingkan Yuki Yuki no Mi.

Di sisi lain, kemampuan Hie Hie sendiri memang terbukti dahsyat. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Kuzan tidak pernah membutuhkan kapal untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Dia bisa membekukan laut sebagai jalur untuk dilintasi. Kemudian bagaimana dia bisa membekukan sebuah wilayah tanpa masalah menjadi bukti kedahsyatan lain dari buah iblis ini.

Magu Magu No Mi (Api/Bumi)

Magu Magu no Mi adalah buah iblis berjenis Logia yang dianggap paling berbahaya karena daya hancurnya yang sangat luar biasa. Hal ini dibuktikan saat pertempuran besar di Marineford, di mana Sakazuki bukan hanya mampu menghabisi para bajak laut yang merupakan kru dari Whitebeard, tetapi juga dia mampu menghancurkan kapal-kapal mereka.

Sakazuki juga bahkan mampu membuat air laut mendidih akibat kekuatan Magu Magu. Hal ini wajar mengingat Magma memiliki panas yang bisa mencapai 1200 derajat celcius. Hampir tidak ada yang bisa menghentikan kemampuan dari Magu Magu no Mi, karena semua elemen bisa hancur oleh magma. Terbukti di mana tubuh Ace, yang merupakan pengguna buah iblis Mera Mera no Mi, berhasil dihancurkan oleh kekuatan Sakazuki.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.