Zombiepowder

Selain Barrage, Zombiepowder adalah salah satu seri manga yang juga dibuat oleh kreator dari manga populer, yaitu Tite Kubo, yang mana merupakan kreator dari seri manga Bleach. Zombiepowder memiliki setting waktu era barat kuno, di mana seorang pria bernama Gamma berusaha mencari 12 cincin yang mampu memberikan keabadian kepada mereka yang berhasil mengumpulkan semuanya.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Gamma dan seluruh kawan-kawnanya haru menghadapi banyak musuh dan tentara bayaran hebat. Zombiepowder hanya bertahan kurang lebih 30 chapter di Shonen Jump sebelum kemudian serinya dibatalkan, dengan cerita akhir yang membingungkan dan ambigu.

Samurai 8

Setelah sukses dengan seri manga Naruto, Masashi Kishimoto sempat membuat sekuel untuk seri tersebut yaitu Boruto. Namun, Boruto sendiri kemudian dia serahkan proses produksinya kepada asistennya, Ikemoto Mikio. Kishimoto sendiri kemudian membuat sebuah seri manga lainnya yaitu Samurai 8, yang mana konsep ceritanya mirip seperti Naruto. Serinya memiliki seorang protagonis bernama Hachimaru.

Hachimaru memiliki mimpi untuk menjadi seorang samurai, namun dia merasa bahwa mimpi tersebut terlalu besar. Sampai kemudian seekor kucing aneh datang menghampirinya, yang mana hal tersebut membuat pikirannya berubah. Manganya sendiri memadukan konsep ilmiah dengan dunia samurai. Meskipun sebagian fans menyukai karya Kishimoto ini, faktanya seri Samurai 8 kurang mendapatkan perhatian dari publik yang akhirnya Shonen Jump memutuskan untuk mengakhirinya setelah 43 chapter.

Highschool of the Dead

Highschool of the Dead sebenarnya adalah salah satu seri yang sangat populer di kalangan para fans. Salah satu alasan dari hal tersebut adalah bagaimana serinya mampu memberikan “fan service” dengan sangat baik, yang dibalut dengan aksi dan plot yang cukup epik.

Konsep ceritanya sendiri sebenarnya sederhana, di mana Takashi Kimuro dan teman-temannya yang lain berusaha untuk bertahan hidup dari serangan zombie yang melanda wilayah Jepang. Apa yang menyebabkan semua itu? Apakah Takashi dan semuanya selamat? Pertanyaan tersebut tidak pernah terjawab, karena Shonen Jump memutuskan untuk membatalkan serinya setelah sang kreator, Daisuke Katou, meninggal dunia.

Harus diakui bahwa manga atau pun anime adalah sebuah industri, di mana persaingan sangat ketat. Seperti dijelaskan di atas, bahwa ada banyak judul baru yang muncul. Jika kemudian sebuah judul manga tidak bisa bersaing atau tidak mampu meraih apa yang harusnya ditargetkan, maka mau tidak mau mereka harus digeser untuk memberikan kesempatan kepada judul lain.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.