Tentu rasanya akan sangat sedih ketika ada sebuah seri anime pada akhirnya harus dibatalkan ketika seluruh alur ceritanya belum disampaikan secara penuh. Hal tersebut tentu membuat para fans penasaran dengan ceritanya, yang mana mereka tidak akan pernah bisa mengetahui seperti apa akhir dari cerita tersebut. Sering kali sebuah seri anime hanya bertahan selama satu musim.

Pihak studio animasinya memutuskan untuk tidak melanjutkan proyek tersebut untuk musim berikutnya. Ada juga seri anime yang dibatalkan di tengan jalan tanpa menyelesaikan serinya. Harus diakui bahwa anime adalah sebuah bisnis yang besar di mana ketika hasilnya mengecewakan maka, mau tidak mau seri tersebut harus dibatalkan. Berikut adalah beberapa seri anime yang dibatalkan.

High School of the Dead

Seri anime High School of the Dead berkisah tentang sekelompok remaja di sebuah SMA yang mencoba bertahan hidup dari serangan zombie yang menyerang wilayah Jepang. Selain harus berhadapan dengan zombie, mereka pun harus bertahan dari masyarakat yang sudah mulai “gila” dengan situasi dan keadaan.

Sebenarnya, baik versi manga atau pun animenya cukup mendapatkan tanggapan yang baik. Bahkan, seri ini juga termasuk salah satu seri yang sangat populer. Sayangnya, serinya sendiri tidak bisa dilanjutkan karena kematian dari sang kreator, Daisuke Satou, pada 2017 silam. Sehingga, tidak ada kreator lain yang meneruskan serinya yang membuat tidak ada materi baru untuk seri atau manganya.

Prison School

Dalam seri Prison School, Kiyoshi Fujino dan empat orang teman-teman lainnya merupakan murid laki-laki di Hachimitsu Academy yang mana mayoritas muridnya adalah wanita. Bahkan, bisa dibilang, Hachimitsu Academy adalah SMA wanita yang paling ketat peraturannya, setelah mereka mau menerima murid laki-laki.

Ketika para murid laki-laki tersebut ketahuan sedang mengintip murid wanita di area kamar mandi, mereka pun diberikan dua pilihan: menghabiskan sebulan penuh dikurung di penjara sekolah atau dikeluarkan dari sekolah tersebut. Ketika versi manganya diterima dengan cukup baik oleh berbagai kalangan, tetapi hal sebaliknya dirasakan oleh animenya. Karena itu, meskipun tidak ada pemberitahuan resmi, seri anime Prison School hanya bertahan selama satu musim.

Deadman Wonderland

Seri Deadman Wonderland adalah contoh nyata dari sebuah seri anime adaptasi yang justru berakhir kurang baik. Setelah seorang murid SMA bernama Ganta Igarashi menyaksikan kematian dari seluruh teman-teman sekelasnya, dia justru dijebak sebagai pelaku dari aksi tersebut. Akhirnya, dia pun dikirim ke Deadman Wonderland.

Deadman Wonderland sendiri merupakan sebuah penjara, yang juga merupakan sebuah taman bermain. Meskipun animasinya sangat luar biasa, plot yang terburu-buru serta beberapa karakter utama yang dihilangkan dari cerita menjadi beberapa faktor dibatalkannya seri anime ini. Bahkan, para pembaca manganya sendiri tidak senang dengan adaptasi ini.

Slam Dunk

Slam Dunk adalah sebuah seri anime klasik yang sangat populer hampir di seluruh dunia. Bahkan, seri ini menjadi salah satu ikon di era 90an. Seri animenya sendiri berjalan kurang lebih selama 101 episode, sebelum kemudian dibatalkan. Serinya sendiri berfokus pada sebuah tim basket dari SMA Shohoku, dan bagaimana hubungan pertemanan mereka berjalan.

Jumlah 101 episode sebenanya menjadi jumlah episode yang cukup luar biasa bagi sebuah seri anime. Yang sangat disayangkan oleh para fans adalah seri animenya kemudian harus dibatalkan sebelum arc Nationals, yang merupakan arc paling penting di serinya. Dalam arc tersebut, Shohoku diperlihatkan bertanding melawan rival utama mereka, Sannoh. Ironisnya, tidak diketahui alasan sebenarnya mengapa kemudian serinya dibatalkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.