Sekitar 80 tahun yang lalu, sidekick paling ikonik di semesta komik terlahir dengan nama Robin. Nama yang sampai sekarang masih menggema di DC Universe tersebut diadaptasi dari nama jenis burung yang sering digambarkan sebagai simbol harapan, pembaruan, dan kelahiran, di mana itu sangat selaras dengan semua karakter DC yang pernah menggunakan nama Robin ketika menemani sang Dark Knight dalam membasmi kejahatan di Kota Gotham.

Sepanjang sejarahnya di DC Universe, cukup jelas bahwa hampir semua Robin lebih dari sekadar sidekick, karena dari sekian banyak karakter menarik yang telah menggunakan nama ikonik tersebut ada yang pernah menjadi pempimpin Teen Titans dan ada juga yang sempat mengambil alih peran Batman. Dengan latar belakang dan keunikannya masing-masing, sekarang yang jadi pertanyaan adalah siapa Robin favorit Batman? Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu siapa saja yang pernah menjadi Robin di DC Universe.

Dekat Secara Batin dan Emosional

Ada banyak sekali karakter DC yang pernah menggunakan nama Robin. Kali ini mari kita mulai dari empat Robin yang paling populer. Sebagai Robin paling pertama yang memulai debutnya pada tahun 1940, Dick Grayson telah berhasil membuktikan ketangguhannya, dia bahkan sempat menjadi Batman saat Bruce Wayne diceritakan menghilang dari Gotham. Penerusnya, Jason Todd, adalah karakter yang memulai debutnya pada tahun 1983 dan menjadi Robin pertama yang diceritakan tewas setelah disiksa dan dibunuh oleh Joker.

Kemudian pada tahun 1990 karakter bernama Tim Drake menjadi Robin ketiga dengan lambang “R” besar di dadanya, di mana dia terkenal mempunyai kemampuan meretas yang sangat hebat. Enam belas tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2006, karakter Damian Wayne diperkenalkan sebagai anak Bruce sekaligus Robin keempat yang sempat menjadi sidekick bagi ayahnya dan juga Batman versi Dick Grayson. Selain keempat Robin pria ini, ada dua wanita yang sempat juga menjadi Robin untuk waktu yang singkat, yaitu Carrie Kelley dan Stephanie Brown.

Carrie diperkenalkan sebagai Robin wanita pertama pada tahun 1986 di komik The Dark Knight Returns yang legendaris. Sedangkan Stephanie baru muncul 20 tahun kemudian saat Tim memutuskan untuk berhenti dan peran Robin diambil alih olehnya pada tahun 2004. Setelah Batman memecatnya karena dianggap tidak patuh, Stephanie diceritakan diculik oleh Black Mask yang kemudian menyiksanya sampai tewas. Namun, sama seperti Jason, Bruce, dan semua superhero populer di DC Universe, dia akhirnya dibangkitkan kembali.

Selain para Robin manusia, DC juga ternyata pernah memperkenalkan sosok Robin alien bernama Jarro pada tahun 2018. Dia sebenarnya adalah anak supervillain kosmik Starro, yang terlahir dalam sebuah stoples dan kemudian diadopsi oleh Batman. Semua Robin ini mempunyai persamaan yang cukup valid bahwa mereka adalah karakter yang berani dan keren ketika membasmi kejahatan. Ditambah lagi, secara batin dan emosional para Robin ini sebenarnya mempunyai kedekatan yang cukup intim dengan Bruce Wayne.

Lantas, Siapa Robin Favorit Batman?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bruce alias Batman memang mempunyai kedekatan batin dan emosional yang kurang lebih sama terhadap para Robinnya. Namun, jika dilihat dengan lebih saksama, sebenarnya ada sedikit perbedaan kasih sayang di antara mereka. Ketika memilih siapa yang lebih favorit di antara mereka, yang jelas Robin tersebut bukanlah Jason yang sering mempunyai pandangan berbeda dengan Batman, dan bukan juga Stephanie yang sempat dipecat oleh Batman.

Mungkin di luar sana ada penggemar yang berpikir bahwa Carrie adalah Robin favorit Batman, tetapi karena dia hanya muncul di satu kisah saja, Robin yang lain mungkin jauh lebih disayang oleh Batman. Sedangkan untuk Damien, dia adalah anak kandung Batman yang sering membuat sang Dark Knight merasa khawatir dan ketakutan, di mana mungkin hati kecil Batman berharap agar Damien kembali ke ibu dan kakeknya di League of Assassins. Tim mungkin cukup berpotensi, tetapi dia tidak lebih baik dari Dick yang tercatat sebagai sidekick Batman paling lama.

Sekarang tinggal tersisa dua kandidat, Dick atau Jarro. Sayangnya, Dick terlalu dewasa untuk menjadi Robin, apalagi sekarang dia telah menjadi Nightwing. Dahulu Batman mungkin menganggapnya sebagai Robin terbaik, tetapi sekarang Dick lebih seperti rekan kerja. Jadi, sejauh ini cukup aman untuk disimpulkan bahwa Jarro adalah Robin favorit Batman. Alasannya cukup jelas, karena Batman sama sekali tidak pernah membencinya. Dari sekian banyak Robin, Jarro bahkan satu-satunya yang mempunyai kemampuan telepati dan telekinesis. Selain itu, Jarro juga adalah satu-satunya Robin yang pernah dipeluk oleh Batman, di mana Jarro sendiri menganggap Batman sebagai ayahnya.

Semua Robin mungkin memang disayang oleh Batman, tetapi sejauh ini hanya Jarro saja yang terbukti pernah mendapatkan pelukan hangat dari Batman. Di sisi lain, Batman sendiri tidak pernah menampik pandangan Jarro yang menganggapnya sebagai ayah, mungkin karena dia sendiri menganggap Jarro sebagai anaknya. Itulah pembahasan tentang siapa Robin terfavorit Batman, bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.