Tinggal kurang dari satu bulan lagi sampai film Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang lebih awal di bioskop Indonesia. Namun, sampai sekarang para penggemar Marvel Cinematic Universe masih belum mengetahui siapa sebenarnya yang akan menjadi villain utama di film kedua Doctor Strange tersebut. Dalam petualangan multiversenya nanti mungkin Strange akan ditemani oleh Wanda Maximoff alias Scarlet Witch, tetapi ada kemungkinan dia justru adalah villain. Berikut lima tanda awal bahwa Scarlet Witch akan menjadi antagonis di film Doctor Strange in Multiverse of Madness!

Debut Sebagai Villain di MCU

Di MCU sendiri, Wanda pertama kali memainkan perannya di film Avengers: Age of Ultron sebagai villain bersama saudara laki-lakinya yang bernama Pietro Maximoff alias Quicksilver. Hal tersebut bisa terjadi karena Wanda dan Pietro merasa bahwa Tony Stark alias Iron Man adalah orang yang telah membuat keluarganya mati. Alih-alih langsung menghadapi para Avengers, Wanda lebih memilih untuk mengacaukan pikiran mereka secara diam-diam, termasuk pikiran Bruce Banner yang akhirnya mengamuk sebagai Hulk dan menghancurkan Kota Johannesburg.

Mirip Seperti Kisah Marvel Comics

Meskipun Wanda versi MCU langsung bertobat dan menjadi Avengers saat menjelang akhir Age of Ultron, di Marvel Comics dia justru lebih sering lagi menjadi villain. Setelah memulai debutnya di tim supervillain Magneto yang disebut Brotherhood of Evil, dia kemudian sempat menjadi anggota Avengers dan membuat tim superhero terbaik Bumi tersebut dibubarkan di komik Avengers Dissassembled. Peristiwa tersebut terjadi saat pikiran Wanda terganggu setelah kedua anaknya menghilang, mirip seperti di MCU. Dengan pikiran yang kacau tersebut, Wanda  kemudian mengubah realitas di sekitar Avengers. Akibat tragedi tersebut, Hawkeye serta Vision diceritakan tewas dan Avengers akhirnya dibubarkan.

Latar Belakang yang Mendukung

Perasaan kehilangan atas Vision di peristiwa Avengers: Infinity Wars telah membuat Wanda sangat bersedih. Dan rasa dukanya tersebut langsung membuat satu kota kecil Westview merasakan dampaknya di serial WandaVision, di mana selueruh penduduknya terjebak dalam realitas ciptaan Wanda. Setelah peristiwa di serial solonya tersebut, Wanda bahkan diperlihatkan lebih berduka lagi setelah kehilangan Vision dan kedua anaknya. Dengan perasaan duka yang sangat besar tersebut, Wanda bisa menjadi sosok villain yang sangat berbahaya bagi Bumi bahkan bagi Multiverse Marvel secara keseluruhan.

Sesuai dengan Ramalan Darkhold

Akhir dari serial WandaVision sendiri sempat mengungkapkan bahwa ternyata Wanda telah diramalkan sejak lama oleh buku kegelapan Darkhold sebagai sosok yang akan menjadi Scarlet Witch. “Scarlet Witch tidak dilahirkan, dia ditempa. Dia tidak mempunyai kelompok dan juga mantra. Kekuatannya melebihi Sorcerer Supreme. Merupakan takdirnya untuk menghancurkan dunia,” ucap Agatha Harkness saat membaca ramalan Darkhold. Dalam ramalannya disebutkan bahwa Wanda lebih hebat dari Sorcerer Supreme, dan cukup jelas juga bahwa dia memang ditakdirkan untuk menjadi villain bernama Scarlet Witch yang akan menghancurkan Bumi.

Dapat Mengimbangi Strange

Sebelumnya memang sudah cukup sering disebutkan bahwa Doctor Strange adalah salah satu penyihir tersakti di MCU. Namun, dengan status Wanda yang sekarang telah menjadi Scarlet Witch, di mana dia telah menerima dan mendalami ilmu chaos magic, mungkin saat ini hanya dia yang bisa mengimbangi Strange. Potensi Wanda sebagai sosok villain bahkan membuatnya menjadi jauh lebih berbahaya lagi, karena nantinya dia mungkin tidak lagi memegang teguh nilai-nilai superhero dan akan langsung mengeluarkan kekuatan aslinya untuk menyerang Strange dan kawan-kawan.

Dengan kelima tanda-tanda ini, mungkin penggemar seharusnya sudah tidak akan kaget lagi nanti. Karena berdasarkan sejarahnya, baik di Marvel Comics maupun MCU, Wanda memang sudah cukup sering digambarkan sebagai villain. Terlepas dari kebenarannya nanti, fakta bahwa Wanda mempunyai sejarah kelam tampaknya tidak akan pernah bisa diubah. Bagaimana menurut kalian? Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness sendiri akan segera bisa disaksikan di bioskop Indonesia mulai tanggal 4 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.