Amado saat ini menjadi sorotan utama dalam cerita di seri manga Boruto: Naruto Next Generation. Mantan kepala riset dan pengembangan dari kelompok Kara ini memutuskan untuk meminta perlindungan kepada desa Konoha setelah dia merasa bahwa dia tidak mampu untuk menghadapi Isshiki Otsutsuki sendirian. Amado merasa bahwa hanya Naruto dan Sasuke yang bisa melakukannya.

Setelah melakukan berbagai trik dan upaya, termasuk mengancam Shikadai dengan kalung bom, akhirnya Amado pun berhasil mendapatkan perlindungan yang dia inginkan. Selain itu, Isshiki pun berhasil dikalahkan oleh Naruto meskipun pada akhirnya Naruto harus mengorbankan Kurama dalam pertarungan tersebut. Satu hal yang menjadi pertanyaan besar para fans adalah apa sebenarnya tujuan utama dari Amado.

Para fans masih penasaran apa yang menjadi motif Amado melakukan semua yang dia lakukan sekarang. Mulai dari meminta bantuan kepada Naruto, meminta perlindungan, dan yang paling baru adalah mengaktifkan segel Karma Isshiki di tubuh Kawaki secara diam-diam. Semua hal dan momen yang diperlihatkan Amado dalam ceritanya memunculkan spekulasi di kalangan fans bahwa dia adalah villain utama di seri Boruto.

Saat ini, Code memang diceritakan menjadi target utama dari Naruto dan semua para shinobi. Apalagi, hal ini diperkuat dengan kemunculan karakter lain seperti Eida dan Daemon. Meskipun begitu, gerak-gerik dari Amado sendiri masih mencurigakan dan sangat diragukan bahwa Amado memang memiliki niatan yang baik.

Apa Tujuan Utama Amado?

Tujuan awal dari Amado yang diketahui sejauh ini dalam ceritanya adalah menghancurkan klan Otsutsuki, yang mana aksinya sejauh ini dianggap sebagai parasit. Semenjak Amado melarikan diri ke Konoha, Shikamaru sebenarnya sudah sangat curiga dengan Amado. Dan rasanya hal tersebut memang sangat wajar.

Amado sering kali menyembunyikan maksud dan tujuannya dari orang lain, termasuk orang-orang yang sudah melindunginya. Amado juga terlibat dalam  berbagai aksi yang dilakukan oleh Kara, termasuk tewasnya sejumlah shinobi Konoha dan bagaimana dia berhasil memanipulasi Dr. Katasuke. Amado sendiri mengatakan bahwa semua tindakan yang dia lakukan adalah demi melindungi dunia dari Isshiki.

Amado mengaku bahwa dia tidak memiliki pilihan selain mengikuti apa yang diperintahkan Isshiki, sampai kemudian waktunya untuk menyerang balik tiba. Namun, ada beberapa petunjuk yang muncul dalam ceritanya yang menunjukan bahwa Amado memang memiliki agenda tersembunyi. Misalnya, Amado ingin membangkitkan anak perempuannya.

Terdapat sebuah teori yang berkembang di kalangan fans bahwa Amado ingin membangkitkan kembali anak perempuannya yang tewas pada 12 tahun yang lalu. Amado bekerja bertahun-tahun di bawah kendali Isshiki, sosok yang dia benci, hanya untuk menanti kesempatan menghabisinya. Dari apa yang diperlihatkan sejauh ini, tidak mengherankan jika Amado rela melakukan tindakan yang sangat mengerikan.

Salah satunya adalah dia melakukan berbagai eksperimen terhadap berbagai anak-anak yang dianggap pantas untuk menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki. Menurut spekulasinya, Amado sengaja menunggu Kawaki sampai dewasa dan kemudian dia akan memanipulasi Naruto dan Sasuke untuk membunuh Kawaki. Namun, mengapa kemudian Kawaki sangat penting bagi Amado?

Manganya sendiri sudah mengungkapkan bahwa Amado sempat memiliki seorang putri yang meninggal 12 tahun lalu. Memang masih belum ada konfirmasi mengenai hal tersebut, tetapi ada teori yang mengklaim bahwa Delta, salah satu cyborg ciptaan Amado, diciptakan sangat mirip dengan putrinya yang sudah meninggal. Tetapi, lagi-lagi tidak ada bukti kuat untuk mendukung spekulasi tersebut.

Meskipun begitu, dalam diskusi lanjutan mengenai hal ini muncul sebuah ide yang mungkin cukup masuk akal. Dengan menggabungkan DNA dari putrinya dan kekuatan White Karma dari Isshiki, Amado berusaha untuk mengubah Kawaki menjadi wadah bagi putrinya untuk bisa kembali. Selain itu, Amado juga berusaha untuk memastikan bahwa putrinya akan memiliki kekuatan seorang Otsutsuki.

Terdapat juga sebuah teori yang berkembang lainnya yang menyatakan bahwa Eida, cyborg spesial yang diciptakan oleh Amado, sebenarnya merupakan putri dari Amado yang tewas pada 12 tahun yang lalu. Reaksi dari Amado yang diperlihatkan di panel terakhir pada chapter 68 kemarin, di mana dia nampak sangat terkejut melihat sosok Eida, seolah memperkuat teori tersebut.

Berdasarkan teori lainnya yang berkembang di kalangan fans, Amado memiliki tujuan untuk menghapus segel Karma Isshiki yang ada di tubuh Kawaki dan kemudian membuat seseorang untuk membunuh Isshiki sebelum dia kembali menanamkan segel Karmanya kembali di tubuh Kawaki. Dengan beraliansi bersama Naruto, Amado berhasil mewujudkan keinginannya.

Amado sekarang mampu menanamkan Karma buatan di tubuh Kawaki, dan kemudian membuat Kawaki seolah menjadi bonekanya yang bisa diatur sedemikian rupa. Kawaki juga mungkin akan menjadi sosok  yang jauh lebih kuat dari seorang Otsutsuki. Semua hal tersebut mungkin bisa menjelaskan berbagai tingkah dan gerak-gerik aneh yang selama ini diperlihatkan oleh Amado, mengapa Kawaki menjadi jahat, dan bagaimana Konoha hancur pada masa depan.