Sherlock Holmes adalah nama dari seorang detektif fiktif ciptaan seorang novelis legendaris bernama Sir Arthur Conan Doyle, yang telah merilis berbagai kisah misteri populer pada abad ke-19. Sampai saat ini, kisah dari Sherlock sendiri telah beberapa kali diadaptasi ke dalam bentuk lain, dari mulai komik sampai film live action, termasuk pada tahun 2009 melalui film Sherlock Holmes yang dibintangi oleh Robert Downey Jr.

Kesuksesan dari film pertama Sherlock Holmes pada akhirnya membuat Warner Bros. melanjutkan waralabanya dengan sebuah sekuel berjudul Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011). Meskipun sekuel tersebut sama-sama sukses di bioskop, tetapi pada saat itu WB sama sekali tidak mengumumkan niatnya untuk membuat film ketiga, di mana hal tersebut disebabkan karena jadwal Downey yang makin padat bersama Marvel Cinematic Universe. Barulah setelah Downey mengakhiri kontraknya dengan Marvel, pada tahun 2019 lalu, WB akhirnya mulai mengembangkan film Sherlock Holmes 3.

Sementara kabar pembaruan terkait film Sherlock Holmes 3 tidak pernah terdengar lagi, baru-baru ini, THR melaporkan bahwa saat ini Downey bersama perusahaan produksinya, Team Downey, tengah mengembangkan dua tayangan spinoff Sherlock Holmes yang dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming HBO Max. Sejauh ini karena kedua proyek tayangan tersebut masih dalam tahap awal pengembangan, masih belum diketahui akan seperti apa plotnya nanti, begitu juga dengan tanggal perilisannya.

Meskipun dalam dua proyek spinoff tersebut Downey akan bertindak sebagai produser, sampai detik ini masih belum ada informasi detail yang menyebutkan apakah dia akan terlibat juga sebagai pemeran Sherlock atau tidak. Masih dalam laporan yang sama, THR juga mengungkap bahwa saat ini film Sherlock Holmes 3 masih dalam tahap pengembangan dan belum memperlihatkan kemajuan yang signifikan.

Terlepas dari nasib film Sherlock Holmes 3 yang menggantung, yang jelas penggemar bisa merasa sedikit lega karena ada dua tayangan spinoff lain yang tengah dikembangkan oleh Downey dan tampaknya mempunyai masa depan yang lebih cerah. Masih perlu dilihat apakah dua spinoff Sherlock ini akan mempunyai hubungan dengan para karakter di filmnya atau tidak, yang jelas Downey sepertinya cukup serius dalam mengembangkan Sherlock Holmes Universe ini.