Pada minggu kedua penayangannya ini, serial Moon Knight telah mengungkap lebih banyak lagi hal menarik melalui episode keduanya yang berjudul “Summon the Suit”. Selain mengekplorasi lebih jauh gangguan kepribadian ganda Steven Grant/Marc Spector, episode 2 juga telah mengungkap sedikit fakta tentang siapa Arthur Harrow sebelum menjadi penyembah Ammit, sekaligus sisi gelap dari sang dewa Bulan Khonshu yang mempunyai aura mengintimidasi kepada Steven/Marc.

Di pertengahan episode 2, ketika Steven dibawa kepada Arthur, sang pemimpin sekte misterius tersebut mengatakan bahwa dia sebenarnya adalah mantan avatar Khonshu. Namun, karena dia merasa bahwa cara dewa Bulan tersebut tidak efektif, pada akhirnya Arthur memutuskan untuk mengabdikan dirinya pada dewa lain, yaitu Ammit. Setelah itu adegan selanjutnya lebih banyak memperlihatkan sisi gelap Khonshu yang menakutkan dan sifatnya yang agak kasar, di mana hal tersebut memicu pertanyaan “apakah dia jahat?” Sebelum menjawabnya, mari kita bahas terlebih dahulu siapa sebenarnya sosok Khonshu.

Dewa yang Misterius

Berdasarkan kisah mitologi asli, karakter Khonshu merujuk pada dewa Mesir kuno bernama Khonsu alias Khons/Chons. Dewa Bulan ini pertama kali muncul dalam berbagai teks sejarah yang telah ditulis sejak 2.350 tahun sebelum masehi. Konon pada saat itu dia mempunyai kelompok penyembahnya sendiri yang berpusat di kota Thebes, Mesir. Selain dikenal sebagai dewa Bulan, Khonsu juga disebut sebagai dewa kesuburan. Walaupun begitu, dia juga cukup sering digambarkan sebagai dewa haus darah yang menguasai roh jahat.

Sedangkan di Marvel Comics sendiri, karakter Khonshu yang pertama kali diperkenalkan melalui komik Moon Knight #1 (1980) ini adalah dewa mesir kuno yang digambarkan sebagai penjaga dunia malam sekaligus pelindung dari para pengembara. Dia adalah anak dari dewa Matahari Amon Ra, yang di Marvel Comics sering diceritakan saling bersaing dengan Khonshu untuk membuktikan siapa dewa Mesir yang lebih hebat. Walaupun kedudukannya sebagai dewa cukup berpengaruh, tetapi Khonshu tidak bisa berada di dunia secara langsung. Itulah mengapa dia menunjuk Marc Spector sebagai avatarnya.

Dan setelah mengadakan perjanjian dengan Khonshu, Marc harus bersedia menjadi avatarnya di muka Bumi. Sebagai gantinya Khonshu kemudian memberikan kekuatan super kepada Marc yang memungkinkan dia berubah menjadi superhero bernama Moon Knight. Meskipun di mitologi aslinya Khonshu tidak mempunyai kedekatan dengan dewa Ammit, tetapi di salah satu kisah Marvel Comics, dia pernah meminta bantuan kepada Ammit untuk berpura-pura mengganggu Marc, agar dia mau terus menjadi avatarnya.

Khonshu Memang Pemarah, tetapi…

Kembali ke pertanyaan awal, apakah dewa Khonshu jahat? Jawaban singkatnya adalah “tidak”, setidaknya untuk saat ini. Seperti kebanyakan dewa di Marvel Cinematic Universe, Khonshu adalah sosok yang pemarah dan sombong, mungkin karena dia merasa lebih hebat serta merasa posisinya lebih tinggi dari manusia. Namun, berdasarkan apa yang sudah diperkenalkan sampai sejauh ini, baik di Marvel Comics maupun di MCU, Khonshu bukanlah dewa jahat. Walaupun tidak bisa dipungkiri juga bahwa wataknya yang tempramental telah membuat Khonshu seperti sosok antagonis.

Di episode 2, Arthur memang menggambarkan Khonshu sebagai “dewa yang sering merajuk seperti anak kecil.” Namun, dalam penjelasan selanjutnya, Arthur juga mengatakan bahwa “Khonshu menghukum mereka yang sudah mengambil jalan kejahatan.” Artinya dia adalah sosok baik yang menggunakan avatarnya untuk membasmi kejahatan. Khonshu sendiri bahkan mengatakan bahwa dirinya adalah personifikasi “keadilan yang sebenarnya”, bukan Ammit yang disembah oleh Arthur dan pengikutnya.

Jika dibandingkan dengan Khonshu, sebenarnya Ammit adalah dewa yang lebih jahat, karena dia akan mencabut kejahatan dari akarnya bahkan sebelum kejahatan tersebut tumbuh. Ammit adalah dewa yang tidak akan segan-segan mencabut nyawa seorang wanita tua atau anak kecil. Itulah mengapa dalam hal ini Khonshu sebenarnya jauh lebih baik, karena dia baru akan menghukum seorang penjahat setelah orang itu terbukti benar-benar melakukan kejahatan.

Terlepas dari sifatnya yang pemarah dan sosoknya yang mengerikan, cukup jelas bahwa secara keseluruhan Khonshu di serial Moon Knight episode 2 adalah dewa yang berada pada sisi baik. Itulah pembahasan mengenai apakah dewa Khonshu jahat atau tidak. Setidaknya untuk saat ini tujuan Khonshu adalah mewujudkan keadilan melalui avatarnya. Kita lihat saja nanti seperti apa kelanjutannya di episode-episode Moon Knihgt mendatang, yang akan tayang setiap hari Rabu hanya di saluran streaming Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.