Hampir semua penggemar sepakat bahwa Superman adalah superhero DC yang selalu menemukan cara dan juga alasan untuk menjadi lebih hebat dari siapa pun yang ada di DC Universe. Sebagai salah satu superhero pertama DC yang telah diperkenalkan sejak tahun 1938, karakter yang mempunyai nama asli Clark Kent ini adalah superhero yang mempunyai banyak sekali kekuatan super. Hal itu dikarenakan dia adalah seorang alien yang berasal dari planet Krypton dan menjadi manusia super di Bumi.

Adapun kemampuannya yang sangat terkenal di kalangan penggemar adalah kekuatan fisik super, terbang, heat vision, penglihatan tembus pandang, dan napas pembeku. Dengan kekuatan yang bisa dibilang “paket lengkap” tersebut Superman pada akhirnya terkenal sebagai salah satu karakter terkuat di DC Universe. Namun, yang jarang diketahui oleh orang lain adalah fakta bahwa ternyata ada kekuatan yang dihilangkan dari dirinya, karena jika tidak, Superman akan menjadi sosok yang terlalu kuat. Kekuatan apa saja yang pernah dimiliki Superman dan kemudian dihilangkan oleh DC? Simak di bawah ini, Geeks!

Manipulasi Kegelapan

Superman adalah superhero yang sangat mengandalkan kekuatan Matahari kuning di galaksi Bima Sakti. Hal tersebut bisa terjadi karena energi dari Matahari kuning yang diserap oleh Superman dapat menjadi sumber kekuatan yang dia pakai untuk terbang, mengangkat benda yang sangat berat, dan lain-lain. Bahkan dalam berbagai kisah sempat disinggung bahwa Superman akan melemah ketika malam tiba, karena dia tidak mendapatkan kekuatan dari gelapnya malam. Itulah yang dipercaya oleh banyak penggemar sampai saat ini.

Menariknya, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena dalam kisah Action Comics Vol. 2 #45 yang dirilis pada tahun 2015, Superman pernah mempunyai kekuatan kegelapan yang dia dapatkan dari supervillain bernama Wrath II. Pada saat itu dia terbukti bisa memanipulasi kegelapan dan menciptakan portal kegelapan yang menembus langsung ke dimensi lain. Kekuatan Superman yang mirip seperti penyihir ini pada akhirnya hilang setelah Wrath II berhasil dikalahkan dan pergi meninggalkan Kota Metropolis.

Radiasi Kryptonite

Sudah menjadi rahasi umum bahwa superhero sekuat Superman ternyata sangat lemah ketika bersentuhan dengan Kryptonite. Radiasi dari batu hijau ini dapat membuat Superman tiba-tiba menjadi sangat lemah bahkan bisa menyebabkan kematian jika terpapar terlalu lama atau mengenai organ vitalnya. Namun, di komik Superman Vol. 3 #43 yang juga dirilis pada tahun 2015, Superman diceritakan memanfaatkan radiasi Kryptonite untuk membuatnya bertambah kuat.

Peristiwa tersebut dimulai setelah supervillain abadi bernama Vandal Savage merusakan susunan DNA Superman, di mana dia menjadi tidak bisa memproses energi dari Matahari. Untuk mengatasi hal tersebut, Superman kemudian menggunakan Kryptonite sebagai alat kemoterapi untuk menyembuhkannya. Selain kekuatannya kembali, Superman juga mendapatkan beberapa kekuatan baru, seperti mengeluarkan laser kryptonite dari matanya dan tinju kryptonite yang bisa meledak. Sayangnya kekuatan tambahan tersebut lama-lama menghilang, seiring dengan tubuh Superman yang kembali normal.

Super-Parallax

Di DC Universe, Parallax adalah entitas kosmik yang merupakan personifikasi dari rasa takut. Sebagai sumber kekuatan Yellow Lantern dari Sinestro Corps, Parallax juga sering merasuki tubuh orang lain, di mana hal tersebut paling sering dia lakukan kepada Hal Jordan alias Green lantern. Hampir semua yang berhadapan dengan Parallax pasti akan merasa ketakutan, tanpa terkecuali Superman. Mirisnya, ternyata Superman pernah diceritakan mendapatkan kekuatan Parallax dan membuatnya menjadi jauh lebih hebat dari sebelumnya.

Setelah bergabung dengan Parallax di komik Superman Vol. 4 #29 yang dirilis pada tahun 2017, Superman mendapatkan kekuatan baru untuk memanipulasi rasa takut, mirip sepeti Yellow Lantern. Berbagai kekuatan fisiknya juga bertambah sampai berkali-kali lipat. Kekuatan Parallax benar-benar hilang dari tubuh Superman, setelah Sinestro mencoba mengekstrak Parallax dari tubuh Superman. Sejak saat itu Superman menyadari bahwa kekuatan Parallax terlalu berbahaya, karena bisa mengubah seseorang menjadi sosok jahat yang haus akan rasa takut orang lain.

Itulah berbagai kekuatan super yang dihilangkan dari Superman. Terlepas dari tujuannya baik atau tidak, dengan DC menghilangkan berbagai kekuatannya ini, Superman menjadi sosok yang lebih masuk akal untuk diterima. Karena selain kuat seperti semula, dia juga tetap mempunyai kelemahan terhadap rasa takut, kryptonite, dan sihir. Bisa dibayangkan jika dia tidak mempunyai tiga kelemahan tersebut, mungkin dia sudah menjadi entitas kosmik yang sulit untuk dikalahkan oleh siapa pun. Bagaimana menurut kalian, Geeks, apakah kalian setuju beberapa kekuatan ini dihilangkan dari Superman?