Sebagai salah satu elemen penting di The Lord of the Rings, bisa dibilang cara kerja penyihir sama sekali berbeda dari apa yang ada di kisah-kisah lain. Di kisah ciptaan J.R.R. Tolkien sendiri, para penyihir sebenarnya adalah roh Maiar yang diutus ke Middle-Earth dalam wujud pria tua renta untuk membantu orang-orang melawan ancaman Dark Lord Sauron. Meskipun mempunyai tubuh fana yang rapuh, tetapi sebenarnya para penyihir ini jauh lebih kuat daripada siapa pun. Di Middle-Earth sendiri diceritakan hanya ada lima penyihir sakti, siapa saja mereka? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Saruman the White

Saruman adalah salah satu penyihir terkuat di antara lima penyihir Middle-Earth. Bahkan sebelum dirinya bekerja sama dengan Sauron untuk memimpin pasukan Uruk-Hai, Saruman adalah sosok pemimpin dari para penyihir Maiar tersebut. Ketika Gandalf menjelakan sosok Saruman kepada Frodo, dia mengatakan bahwa Saruman the White adalah yang paling bijak di antara mereka dan pengetahuannya dikenal sangat dalam.

Mirisnya, dia jatuh ke tangan Sauron dan mengganti namanya menjadi “Saruman the Many-Colored”, di mana pada akhirnya dia dikeluarkan dari kelompok penyihir Maiar dan gelarnya sebagai the White diambil alih oleh Gandalf. Pada akhirnya hidupnya, Saruman tewas secara mengenaskan setelah ditusuk dari belakang oleh Gríma Wormtongue pada Pertempuran Bywater.

Gandalf the Grey

Selain Saruman, sebenarnya Gandalf the Grey juga mempunyai kesaktian sihir yang sangat hebat, di mana hal tersebut dia buktikan ketika dirinya diceritakan mampu mengalahkan penyihir Maiar lain selain Sauron. Sebagai orang pertama yang menyuruh Frodo untuk menghancurkan One Ring di Mount Doom, Gandalf adalah penyihir yang paling berpengaruh di Middle-Earth.

Setelah dirinya melakukan pengorbanan heroik untuk membunuh Balrog di jembatan Khazad-dûm, Gandalf terlahir kembali sebagai sosok the White yang sering terlihat menggunakan pedang Glamdring dan cincin sakti Narya. Setelah berhasil mengalahkan Dark Lord Sauron, Gandalf the White pada akhirnya kembali ke tempat asal Maiar, yaitu Valinor.

Radagast the Brown

Dari lima penyihir Maiar yang diceritakan, Radagast adalah sosok aneh yang misterius. Jika dibandingkan dengan penyihir lain, Radagast adalah penyihir yang pasif, dia hanya menghabiskan waktunya untuk berkomunikasi serta merawat binatang di Middle-earth. Meskipun dia terlihat tidak terlalu membantu dalam mengalahkan Sauron, tetapi Radagast adalah orang yang mengirim elang raksasa untuk menangkap Gandalf saat dia terjatuh dari menara Saruman. Sebagai orang yang terlihat tidak ingin terlibat dalam War of the Ring, sebenarnya diam-diam Radagast the Brown memantau apa yang tengah terjadi di Middle-Earth.

Alatar dan Pallando the Blue

Berbeda dari tiga penyihir sebelumnya, Alatar dan Pallando merupakan dua penyihir yang mempunyai julukan sama, yaitu the Blue. Tidak banyak kisah yang menceritakan dua penyihir ini, tetapi Alatar dan Pallando sempat diceritakan bekerja sama dengan Saruman untuk membantu orang-orang Haradrim dan Easterlings di timur Middle-Earth. Dan ketika Saruman pergi ke barat, Alatar dan Pallando the Blue memilih untuk tetap tinggal di timur. Sejak saat itu mereka berdua tidak pernah terdengar lagi kabarnya, selain mendapatkan julukan baru sebagai Rómestámo yang artinya penolong wilayah timur.

Itulah lima penyihir sakti yang ada di kisah The Lord of the Rings. Secara harfiah sebenarnya lima penyihir sakti ini adalah malaikat yang diutus untuk mengalahkan iblis Sauron, di mana mereka hanya diperbolehkan untuk membimbing dan mendampingi orang-orang Middle-Earth tanpa berhadapan langsung dengan Dark Lord Sauron. Dan ketika misi mereka selesai, pada akhirnya para penyihir yang sosok aslinya adalah roh suci Maiar ini bisa kembali ke dunianya di Valinor, kecuali Saruman.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.