Klan Uchiha merupakan salah satu klan terkuat dalam cerita Naruto. Klan Uchiha juga termasuk klan yang terpandang di Konoha. Mereka memiliki sejarah yang panjang dan juga banyak shinobi-shinobi kuat Konoha berasal dari klan ini. Namun, klan Uchiha sendiri memiliki masa lalu yang kelam. Klan mereka dihabisi semua oleh Itachi Uchiha.

Hal tersebut membuat Itachi dan adiknya, Sasuke, menjadi satu-satunya yang tersisa dari klan tersebut. Meskipun begitu, ada beberapa klan Uchiha yang hanya muncul dalam satu medium saja yaitu anime. Mereka tidak akan dikenali oleh para fans yang membaca manganya. Lalu, siapa saja anggota klan Uchiha yang hanya muncul di seri animenya?

Uchiha Baru

Baru adalah salah satu shinobi dari klan Uchiha yang muncul dalam seri anime Naruto Shippuden. Dia diketahui menjadi salah satu anggota klan Uchiha yang mampu membangkitkan Doujutsu Sharingan saat usianya masih muda. Bahkan, Baru Uchiha pun diketahui berhasil membangkitkan Mangekyo Sharingan.

Dalam perang saudara antar klan Uchiha, Baru dan kubu Uchiha yang berpihak kepadanya harus merasakan ancaman dari rekan Uchiha yang lain, yaitu Rai Uchiha. Baru sebenarnya berhasil menaklukan pasukan Rai Uchiha, namun Rai menggunakan Izanagi untuk menetralkan hal tersebut. Rai sempat ditantang oleh Baru untuk memperebutkan posisi pemimpin klan, yang kemudian dimenangkan oleh Baru. Sayangnya, Baru harus tewas oleh rekan Uchihanya yang lain.

Uchiha Naka

Uchiha Naka juga merupakan salah satu anggota klan Uchiha yang muncul di seri anime Naruto Shippuden. Uchiha Naka merupakan Shinobi yang terobsesi dengan kemampuan Izanagi, yang mana hal tersebut membuat dirinya ingin menjadi Shinobi terkuat dengan menggunakan teknik terlarang tersebut. Uchiha Naka sendiri hampir mewujudkan Obsesinya.

Hal itu terjadi setelah dia menjadi satu-satunya orang yang tersisa di medan perang saudara klan Uchiha. Namun, ternyata pasca peperangan tersebut masih ada satu orang yang hidup. Dia adalah seorang wanita muda pemilik Mangekyou Sharingan dan ahli Genjutsu yang hebat bernama Uchiha Naori. Setelah bertarung satu lawan satu dengan Naori, Naka Tewas terkena Teknik Izanami.

Uchiha Naori

Uchiha Naori, seperti yang disebutkan di atas, merupakan seorang ahli Genjutsu dan juga pemilik Doujutsu Mangekyou Sharingan dengan motif yang sangat indah yaitu kelopak bunga. Berbeda dengan rekan satu klannya yang lain, Naori justru tidak terobsesi dengan Izanagi. Naori justru adalah orang yang menentang dan berkeinginan menghentikan kegilaan pengguna Izanagi pada masa itu.

Yang menarik adalah karena niat baiknya ini, Uchiha Naori berhasil menggunakan sebuah Genjutsu hebat bernama Izanami yang bertujuan untuk menandingi kemampuan dari Izanagi. Menurut Itachi, Naori adalah pengguna pertama dari Izanami. Namun, banyak juga yang mengatakan bahwa Naori adalah sosok yang menciptakan Jutsu tersebut.

Rai Uchiha

Uchiha Rai merupakan salah satu pengguna teknik terlarang Izanagi yang ikut bertarung dalam perebutan mata Sharingan dalam perang saudara yang dilakukan oleh Klan Uchiha. Rai memiliki sepasang Mangekyou Sharingan dengan Motif yang cukup menarik meskipun harus kehilangan salah satu matanya karena menggunakan teknik terlarang Izanagi.

Rai kalah dan kemudian tewas dalam pertempuran saudara ini. Rai berhasil dikalahkan oleh rekannya sesama klan Uchiha, yaitu Uchiha Naka. Perlu Geeks ketahui bahwa alasan mengapa pupil mata Rai berwarna Putih adalah efek dari penggunaan Izanagi yang menyebabkan salah satu matanya akan kehilangan kemampuan menangkap cahaya. Hal ini pun terjadi pada Itachi, seperti saat dia menghadapi Kabuto.

Taiko Uchiha

Taiko Uchiha adalah karakter yang muncul di seri anime Naruto Shippuden, dan juga merupakan karakter yang muncul dalam novel milik Jiraiya dalam mimpi Tsunade saat dia terjebak dalam Infinite Tsukuyomi. Taiko adalah sosok Uchiha yang mengkritik Fugaku Uchiha karena menganggap terlalu lembut. Dia justru sangat mengagumi metode sosok Sasuke Uchiha yang selalu menghukum kriminal dan penduduk desa.

Dengan melakukan kekejaman dan kekerasan tersebut, Taiko meyakini bahwa para penduduk dan para kriminal tidak akan berani melakukan tindak kejahatan. Karena hal inilah Taiko pun berusaha untuk mengambil alih kekuasaan desa Konoha dengan meyakini bahwa itu semua dilakukan demi klan Uchiha.

Klan Uchiha merupakan klan yang menarik dengan sejarah panjang mereka di dunia shinobi. Dengan sejarah yang panjang, tentu ada beberapa anggota dari klan mereka yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang-orang karena mereka hanya muncul di medium tertentu saja, seperti anime.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.