Dari sekian banyak mutan yang telah diperkenalkan oleh Marvel, Magneto adalah salah satunya yang sangat populer di kalangan penggemar. Dari mulai debutnya pada tahun 1964, bahkan sampai sekarang, bisa dibilang masih belum ada karakter lain yang bisa menyaingi keunikan sekaligus kehebatan magneto sebagai pengendali logam. Di mana kekuatan tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi kehebatannya, karena hampir semua karakter Marvel dengan logam pasti dapat dengan mudah Magneto kendalikan.

Sekilas hal tersebut sepertinya berlaku juga kepada Tony Stark alias Iron Man yang sering terlihat mengenakan armor berbahan dasar logam. Namun, ternyata ambisi dan kecerdasan Stark berada pada tingkat di mana dia tidak bisa dikalahkan dengan mudah oleh Magneto. Dalam salah satu kisah di Marvel Comics, ketika mereka berdua berhadapan di komik What If…? #64 “Iron Man Sold Out” (1994) karya Simon Furman, Geoff Senior, Sarra Mossoff, dan Richard Starkings, Stark menciptakan sebuah armor khusus untuk menghadapi Magneto sekaligus menyelamatkan Bumi.

Lawan Magneto, Iron Man Ciptakan Armor Khusus!, Greenscene

Di komiknya diceritakan bahwa senjata dan armor canggih yang diciptakan oleh Stark telah memicu banyak peperangan di seluruh penjuru Bumi. Para Fantastic Four diceritakan tewas oleh Doctor Doom, kemudian superhero juga telah digantikan oleh pasukan Iron Guards, dan tidak sedikit mutan yang dibasmi oleh para Sentinel. Merasa sedih dan malu dengan ciptaannya, Stark memilih untuk bersembunyi dan menciptakan sebuah armor Overload untuk menghentikan perang sekaligus mengalahkan Magneto.

Misi utama Stark memang mengalahkan Magneto yang pada saat itu merupakan tokoh penting dalam peperangan di muka Bumi. Magneto yang mencoba untuk mengalahkannya ternyata tidak terlalu berkutik ketika berhadapan dengan armor baru Stark yang terbuat dari bahan polimer non logam. Pada akhirnya Stark dengan mudah mengalahkan Magneto dan kembali membuat Bumi berdamai dengan mematikan program Sentinel serta Iron Guards.

Magneto memang terbukti tidak pernah terkalahkan ketika dia berhasil mengekploitasi logam di tubuh musuhnya. Namun, ketika berhadapan dengan musuh yang tidak mengandung logam sama sekali, seperti Iron Man dengan armor Overload-nya, dia justru malah terlihat lemah. Ditambah lagi, Iron Man memang selalu mempunyai cara untuk lebih unggul dari sebagian besar karakter di Marvel Universe. Jadi kekalahan Magneto ini sebenarnya mungkin sudah bisa diprediksi sejak awal.