Selain dikenal karena kemampuan Haki, seri One Piece juga dikenal karena keunikan dalam ceritanya seperti adanya berbagai macam buah iblis yang memberikan penggunanya berbagai kekuatan. Meskipun ada banyak sekali varian buah iblis yang diperkenalkan dalam ceritanya, namun semuanya masuk ke tiga kategori buah iblis yaitu Paramecia, Zoan, dan Logia.

Banyaknya varian buah iblis yang muncul dalam cerita One Piece tidak semuanya menjadi bagian dari cerita utama atau canon serinya. Ada juga sebagian buah iblis lainnya yang tidak termasuk dalam cerita utama serinya alias non-canon. Biasanya buah iblis ini muncul dalam film layar lebar atau cerita filler di seri animenya. Lalu, apa saja buah iblis yang termasuk dalam buah iblis non-canon?

Gol Gol No Mi

Gild Tesoro merupakan villain yang muncul dalam film One Piece Film: Gold. Dia merupakan seorang raja kasino, dan juga pemilik dari Grand Tesoro, kapal hiburan terbesar di dunia sebelum kemudian dia kalah dan berhasil ditangkap. Gild Tesoro memiliki kemampuan buah iblis Gol Gol no Mi yang mana buah iblisnya membuatnya bisa mengubah benda apa pun menjadi emas dengan cara menyentuhnya.

Selain itu, Gild Tesoro juga mampu memanipulasi apa pun menjadi emas. Misalnya dia bisa menggunakan kekuatannya untuk membuat sebuah air mancur yang terbuat dari cairan emas. Atau yang paling mengerikan adalah dia bisa memasukan serbuk emas ke tubuh lawannya, sehingga mereka perlahan berubah menjadi emas. Yang unik adalah meskipun buah iblisnya memiliki kemampuan seperti halnya Logia, namun buah iblis ini merupakan buah iblis Paramecia.

Gasha Gasha No Mi

Douglas Bullet merupakan musuh utama dalam film One Piece: Stampede. Masa lalu dari Bullet yang sempat menjadi tentara anak-anak, membuat kemampuan Bullet meningkat dan menjadikannya salah satu karakter terkuat. Bullet pun diketahui sempat bergabung dengan kelompok bajak laut Roger, sebelum kemudian dan dipenjara selama 20 tahun.

Namun, dia kemudian berhasil lolos dari Impel Down dan menjadi seorang villain. Bullet memiliki kemampuan buah iblis Gasha Gasha no Mi, yang mana dia mampu menggunakan benda-benda di sekitarnya untuk menjadi sesuatu yang ada dalam pikirannya. Kekuatannya ini mirip dengan Jiki Jiki Jiki no Mi milik Eustass Kid, hanya saja Gasha Gasha no Mi mampu merubah apa yang berhasil ditarik untuk menjadi sesuatu, misalnya menjadi robot atau kendaraan tempur.

Goe Goe No Mi

Goe Goe no Mi merupakan buah iblis berjenis Paramecia yang memberikan kemampuan penggunanya untuk menciptakan laser dari suara dengan cara berteriak. Energi yang dihasilkan dari serangan epik tersebut menghasilkan ledakan yang yang cukup besar. Cara kerjanya mirip seperti meriam Gaon yang ada di kapal Thousand Sunny.

Namun, meskipun begitu, kekuatan dari Goe Goe no Mi ini tidak cukup kuat ketika harus menghadapi permukaan yang lunak. Luffy berhasil membalikan serangan tersebut berkat kemampuan karetnya. Kemampuan ini dimiliki oleh El Drago, antagonis utama dari One Piece Movie yang pertama.

Moa Moa No Mi

Brynndi World merupakan kapten dari kelompok World Pirates yang juga sekaligus merupakan antagonis utama dalam film 3D2Y anime special. World diketahui sangat kuat, karena dia pernah dikurung di penjara Impel Down di level 6 dan dia berhasil kabur dari sana. Satu hal yang mustahil dilakukan oleh seorang penjahat biasa.

Nilai buruannya sendiri diketahui mencapai 500 juta Belly. World sendiri memiliki kekuatan buah iblis Moa Moa no Mi, di mana dia mampu meningkatkan ukuran, kekuatan, dan kecepatan berbagai objek yang dia sentuh. Dia biasanya menggunakan kekuatan ini untuk meningkatkan kecepatan dan juga daya hancur dari proyektil peluru.

Peto Peto No Mi

Buah iblis Peto Peto no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa mengendalikan atau mengatur makhluk hidup apa pun, dengan cara memberikan mereka sebuah kalung berwarna hijau yang nampak seperti gel. Buah iblis ini sendiri dikonsumsi oleh seorang villain bernama Breed.

Breed sendiri merupakan seorang bajak laut yang sempat dihadapi oleh Luffy dan kru Topi Jerami lainnya saat mereka menuju Dressrosa. Luffy sendiri sempat berhasil ditangkap oleh Breed. Meskipun begitu, dia bukanlah sosok bajak laut yang cukup kuat karena Law pada akhirnya berhasil mengalahkannya dengan mudah dan menyalamatkan Luffy.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.