Hampir semua penggemar setia Marvel Universe pasti mengetahui siapa sosok Logan alias Wolverine. Dan tidak diragukan lagi bahwa Wolverine sendiri adalah salah satu karakter Marvel yang paling populer di kalangan penggemar. Meskipun tidak digambarkan sebagai karakter yang paling kuat, tetapi kemampuan healing factor dan kuku tajam adamantiumnya telah membuat Wolverine menjadi mutan sekaligus superhero paling tahan banting di Marvel Universe.

Menariknya, dalam beberapa kisah Marvel Universe, sosok sekuat Wolverine juga ternyata pernah diceritakan mendapatkan kekuatan yang lebih luar biasa lagi, yaitu Phoenix Force. Dengan kekuatan Phoenix, bisa dibilang Wolverine telah menjadi sosok yang lebih mengerikan dari siapa pun bahkan dirinya sendiri, di mana secara tidak langsung dia juga telah menjadi sosok kosmik yang umumnya mempunyai tempat tertinggi di Marvel Universe. Sebelum membahas bentuk terkuat dari Wolverine ini, mari kita lebih dahulu mengenal apa itu Phoenix Force.

Entitas Kosmik Super Sakti

Pada dasarnya Phoenix Force adalah salah satu entitas kosmik tertua di Marvel Universe yang pertama kali diceritakan pada tahun 1976 melalui komik X-Men #101 karya Chris Claremont dan Dave Cockrum. Sebagai entitas kosmik yang merepresentasikan penciptaan dan kehancuran, Phoenix adalah makhluk abadi yang tidak bisa dihancurkan dan merupakan inti dari kekuatan alam semesta, di mana dia hanya mempunyai satu tujuan yaitu “membakar semua yang menurutnya tidak diperlukan”

Meskipun mempunyai wujud asli sebagai burung api, tetapi Phoenix Force juga sering terlihat merasuki makhluk fana untuk mencapai tujuannya. Dan orang yang paling mengerti konsekuensi dari hal tersebut adalah Wolverine. Di komik Avengers Vol. 8 #42 (2018), Wolverine pernah menggambarkan Phoenix sebagai “buah manis dari bintang, yang sarinya terlalu berlebihan ketika diperas.” Dari sekian banyak karakter Marvel, Wolverine adalah orang yang mempunyai sejarah unik dengan Phoenix, karena dia pernah melihat kekasihnya yang bernama Jean Grey dirasuki dan terbunuh oleh Phoenix Force.

Di kisah Dark Phoenix karya Chris Claremont dan John Byrne pada tahun 1980, penggemar diperlihatkan bagaimana kekuatan asli Phoenix Force mengubah Jean Grey dari yang awalnya seorang mutan dengan kekuatan telepati dan telekinesis, menjadi entitas kosmik yang bisa melahap sebuah bintang dengan mudah. Dan saat bergabung dengan kekuatan yang sangat besar ini, Jean seakan-akan seperti hilang kendali dan pada akhirnya dilahap juga oleh Phoenix. Setelah sempat bertahan cukup lama, akhirnya Jean melakukan bunuh diri untuk menghentikan ambisi Phoenix di dalam dirinya.

Wolverine Menerima Kekuatan Phoenix

Sebagai salah satu kekuatan penciptaan, Phoenix Force memang sering mengambil alih tubuh orang yang dirasukinya, setelah sebelumnya memberikan kekuatan yang sangat dahsyat. Jean Grey adalah salah satu karakter yang paling terkenal sebagai orang yang pernah dirasuki Phoenix, dan saat ini tampaknya entitas kosmik tersebut tengah tertarik kepada Wolverine. Setelah sebelumnya sempat diceritakan mempunyai hubungan dengan Phoenix, di komik Avengers Forever #4, seorang cucu Thor mengklaim bahwa dia pernah melihat varian Wolverine sebagai orang terlama yang pernah dirasuki oleh Phoenix.

Sementara kisah tersebut cukup luar biasa, di mana Wolverine terlihat mampu membuat alam semesta yang hancur bisa kembali utuh dengan kekuatannya, banyak penggemar yang penasaran bagaimana sosok Wolverine bisa menerima kekuatan dahsyat tersebut, padahal sebelumnya cukup jelas bahwa dia sangat membenci Phoenix Force. Untuk menjawab hal tersebut, sebuah tulisan dari komik baru X Lives of Wolverine #5 karya Benjamin Percy dan Joshua Cassara, menjelaskan bahwa alasan Wolverine menerima kekuatan Phoenix Force adalah karena dia ingin menjadi sosok yang ditakuti sebagai penjaga Bumi.

Karena hanya dengan kekuatan Phoenix Force saja, Wolverine bisa mencapai tujuannya untuk selalu ditakuti oleh orang-orang jahat. Phoenix Force sendiri sudah memberikan kekuatan yang sangat besar kepada orang yang dirasukinya, dan ketika dia bergabung dengan healing factor dan kuku adamantium milik Wolverine, maka mereka berdua akan menjadi bentuk paling kuat di Marvel Universe. Ada banyak sekali orang yang tewas terbakar oleh kekuatan Phoenix yang terkenal sangat sulit dikendalikan, tetapi Wolverine tampaknya mempu bertahan lebih lama dari orang lain.

Kekuatan Phoenix di Tangan Wolverine

Dengan kekuatan kosmik ini, Wolverine yang awalnya hanya mengandalkan kekuatan healing factor dan kuku tajamnya, kali ini mulai mengombinasikannya dengan Phoenix Force. Selain rambut dan kukunya yang bisa berubah menjadi api, Wolverine juga menjadi tidak bisa dibunuh karena kombinasi healing factor dan keabadian Phoenix, dalam beberapa kesempatan bahkan dia terlihat mampu mengalahkan sesosok celestial, kemudian bisa mengimbangi King Thor yang merupakan versi terkuat Thor, dan bisa hidup kembali meskipun tubuhnya telah dilelehkan dengan api neraka.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Wolverine juga sempat menciptakan kembali alam semesta, di mana Loki pernah diceritakan mencoba menghancurkannya dalam salah satu kisah Marvel. Untuk mencegah hal tersebut, Wolverine dengan kekuatan Phoenixnya terlihat mampu melakukan perjalanan waktu demi mengagalkan rencana Loki. Dalam kesempatan lain Wolverine bahkan bisa mentransfer kekuatannya ke benda atau orang lain yang diinginkannya, seperti yang dilakukannya ketika memasukan energi Phoenix Force ke Mjolnir King Thor untuk membantunya dalam mengalahkan Doctor Doom.

Itulah pembahasan tentang wujud Wolverine yang paling kuat di Marvel Universe. Ketika Wolverine dan Phoenix Force bergabung, bisa dibilang dia menjadi tidak mempunyai kelemahan sama sekali. Karena dengan kekuatan healing factor dan tulang-tulang adamantiumnya, Wolverine terbutki mampu menyelaraskan diri dengan kekuatan penghancur dari Phoenix, di mana pada akhirnya Wolverine sendiri menjadi entitas kosmik dengan kekuatan ofensif dan defensif yang nyaris sempurna.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.