Fantastic Beasts adalah waralaba spinoff Harry Potter yang menjadi bagian dari semesta Wizarding World, di mana ceritanya sendiri berfokus pada karakter Newt Scamander yang merupakan bagian dari Divisi Hewan Buas, Kementrian Sihir Inggris. Setelah sukses dengan film pertamanya yang dirilis pada tahun 2016, waralabanya kemudian berkembang dengan sekuel yang berjudul Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018) dan film ketiganya, Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore, yang akan dirilis sebentar lagi.

Terlepas dari film ketiganya yang tengah diantisipasi oleh banyak penggemar di seluruh dunia, ternyata ada fakta menarik dari karakter Nagini yang sempat melakukan debutnya di film kedua, Fantastic Beast: The Crimes of Grindelwald. Sementara karakter wanita ular tersebut pada akhirnya diperankan oleh aktris Korea Selatan bernama Claudia Kim, ternyata Acha Septriasa sempat hampir memerankan karakter Nagini di film The Crimes of Grindelwald. Sayangnya, karena pada saat itu Acha tengah hamil anak pertamanya, kesempatan emas tersebut akhirnya terpaksa dia lepaskan.

Dilansir dari Liputan 6, pada tahun 2018 silam agensi Acha pernah membeberkan kronologis ketika dia ditawari peran Nagini. Pada saat itu, aktris pemeran Heart ini bahkan sempat mendapatkan dua email berturut-turut untuk mengonfirmasi ketersediaan jadwalnya dari mulai bulan Juli sampai Desember 2017. Pada saat membalas email kedua, Acha yang tengah hamil 4 bulan akhirnya mengabarkan bahwa pada bulan-bulan tersebut dia tidak bisa ikut terlibat dalam produksi filmnya, dan akhirnya peran Nagini diberikan kepada Claudia Kim.

Sebelum film The Crimes of Grindelwald dirilis di bioskop, novelis Harry Potter sekaligus penulis naskah Fantastic Beast, J.K. Rowling, sempat menjelaskan bahwa karakter Nagini berasal dari mitologi Indonesia. “Naga dikenal sebagai sesosok makhluk mirip ular yang berasal dari mitologi Indonesia, yang kemudian menjadi asal-muasal nama Nagini. Naga sendiri sering kali digambarkan sebagai makhluk bersayap, memiliki tubuh setengah manusia setengah ular,” tulis Rowling.

Meskipun karakter Nagini telah memainkan peran penting di film keduanya, kabarnya di film Fantastic Beast ketiga nanti justru dia dan Tina Goldstein tidak akan muncul. Sejauh ini masih belum diketahui alasan Nagini dan Tina absen di film The Secrets of Dumbledore. Hanya waktu yang akan bisa menjawabnya, tepatnya saat film Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore tayang pada 15 April 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.