Dengan kekuatan supernya, superhero sering kali dibanding-bandingkan dengan dewa di kehidupan nyata, tanpa terkecuali di DC Universe yang berisi para karakter tangguh dengan kekuatan dahsyat. Menariknya, sebagian besar karakter tangguh tersebut ternyata adalah bagian dari tim terbaik DC yang disebut Justice League. Di mana sebagai tim yang terdiri dari para superhero berkekuatan dewa, ternyata ada beberapa di antara mereka yang benar-benar mendapatkan “julukan dewa”. Siapa saja mereka? Berikut lima anggota Justice League yang secara resmi tercatat sebagai dewa di DC Universe!

Batman: Dewa Pengetahuan

Bruce Wayne alias Batman mungkin tidak mempunyai kekuatan fisik yang hebat seperti superhero lain, bisa dibilang hal tersebut cukup adil, karena yang sering digambarkan sebagai kekuatan utama Batman adalah pikirannya. Dengan pikirannya yang sangat tajam, dalam salah satu kesempatan dia pernah diceritakan merebut gelar Dewa Pengetahuan dari entitas kosmik bernama Metron. Batman mendapatkan julukan atau gelar tersebut setelah dirinya menduduki alat kosmik yang terhubung dengan database DC Universe, yaitu Mobius Chair, di mana dia diceritakan menjadi sosok yang maha tahu.

Flash: Dewa Kematian

Selain Batman, anggota Justice League lain yang pernah diceritakan benar-benar menjadi dewa adalah Barry Allen alias Flash. Setelah Darkseid berhasil dikalahkan, Flash diceritakan mendapatkan julukan dari Black Racer sebagai “Dewa Kematian” yang menggantikannya. Julukan tersebut didapatkan oleh Flash bukan tanpa sebab, karena dalam salah satu kesempatan, Flash pernah terbukti bisa berlari “mendahului” kematian. Dengan kekuatan barunya ini, selain bisa melakukan perjalanan waktu, sekarang bahkan Flash tercatat sebagai dewa yang lebih cepat dari kematian.

Wonder Woman: Dewi Perang

Sejak awal Diana Prince alias Wonder Woman memang sering diceritakan sebagai wanita Amazon keturunan dewa Olympus yang terkenal karena kekuatan fisiknya. Dalam beberapa tahun terakhir, Wonder Woman diceritakan telah menjadi sekutu Dewa Perang Ares dan bahkan menjadi salah satu muridnya. Namun karena sebuah kejadian, pada akhirnya Wonder Woman terpaksa harus membunuh Ares yang berubah menjadi jahat, di mana gelarnya sebagai “Dewa Perang” langsung turun kepada Wonder Woman sebagai orang yang telah mengalahkannya.

Superman: Dewa Kekuatan

Di DC Universe sendiri sudah menjadi rahasia umum bahwa Superman adalah sosok yang dianggap sebagai dewa oleh sebagian besar manusia Bumi. Bahkan di antara para anggota Justice League, Superman juga sering dianggap sebagai sosok “harapan” ketika mereka harus berhadapan dengan sosok supervillain tangguh. Dan menariknya, ketika menghadapi Lex Luthor yang mengenakan armor canggih, Superman pernah diperlihatkan berubah menjadi warna chrome dan benar-benar mendapatkan julukan sebagai “Dewa Kekuatan”, di mana Superman langsung membuktikannya dengan merobek armor Lex dan mengancam akan membunuhnya jika dia kembali membuat kekacauan di Bumi.

Shazam: Dewa Para Dewa

Berbeda dari anggota Justice League yang lain, Billy Batson alias Shazam adalah superhero yang mendapatkan kekuatannya dari enam sumber sekaligus, termasuk dari Solomon yang memberinya kebijakan, Hercules yang memberinya kekuatan, Stamina yang memberinya daya tahan, Zeus yang memberinya kehebatan, Achilles yang memberinya keberanian, dan Mercury yang memberinya kecepatan. Dan dengan enam sumber kekuatan dahsyat tersebut, secara resmi DC sendiri memberinya julukan sebagai “Dewa dari Para Dewa”, di mana secara tidak langsung dia dinyatakan sebagai karakter “paling dewa” di Justice League.

Sejak awal kelima superhero ini memang telah menjadi simbol penting dalam perjuangan Justice League yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Dan sekarang Justice League sendiri bisa disebut sebagai panteon mitologi dewa baru di DC Universe, dengan Batman sebagai Dewa Pengetahuan, Flash sebagai dewa kematian, Wonder Woman sebagai Dewi Perang, Superman sebagai Dewa Kekuatan, dan Shazam sebagai Dewa Para Dewa. Itulah lima anggota Justice League yang secara resmi menjadi dewa di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.