Marvel Universe adalah rumah bagi para superhero paling heroik di media komik, hal tersebut diwakili oleh superhero paling Amerika yang menamai dirinya Captain America. Superhero yang mempunyai nama asli Steve Rogers ini telah melakukan debutnya bahkan pada era di mana Nazi masih berkuasa, yaitu tahun 1940, sekitar delapan puluh tahun yang lalu. Selama itu juga Captain America telah berkembang, dari yang awalnya hanya seorang remaja penerima serum super soldier, sampai akhirnya menjadi superhero paling berpengaruh di Avengers.

Dan menariknya, untuk membuat superhero populer ini tidak terlalu unggul dari superhero lain, ternyata Marvel pernah menghilangkan beberapa kekuatan baru yang pernah didapatkannya. Apa saja kekuatan besar yang dihilangkan dari Captain America? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Manusia Serigala 

Captain America adalah superhero yang dikenal sebagai penerima serum super soldier, yang telah mengubahnya menjadi manusia berkekuatan fisik super. Ditambah dengan perisai andalannya, dia telah menjadi tentara terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki oleh Amerika. Namun, selain kekuatan fisik super dan perisainya tersebut, ternyata Captain America pernah mendapatkan kekuatan baru sebagai manusia serigala pada tahun 90-an. Peristiwa tersebut terjadi setelah seorang villain bernama Nightsade mengubahnya menjadi monster bernama Cap-Wolf di komik Captain America #405-407.

Pada dasarnya Cap-Wolf mempunyai kekuatan fisik yang hampir sama seperti Captain America, di mana dia mempunyai kekuatan, kecepatan, daya tahan, refleks, dan stamina super. Bedanya, kali ini dia mempunyai kuku dan taring tajam yang bisa digunakan untuk menyerang, serta penciuman super tajam yang membuatnya mempunyai insting binatang. Setelah Nightsade berhasil dikalahkan, Cap pada akhirnya berhasil kembali menjadi wujud manusia dan kehilangan semua kekuatannya yang berhubungan dengan manusia serigala.

Spider-King

Seakan-akan porsinya di Marvel Universe sebagai Captain America masih kurang, Marvel pernah mengubah Cap menjadi seorang manusia laba-laba seperti Spider-Man. Kejadian tersebut terjadi di komik Amazing Spider-Man #666 pada tahun 2011, di mana Cap tiba-tiba berubah menjadi Spider-King setelah dicium oleh seorang supervillain wanita bernama Adriana Soria alias Spider-Queen.

Spider-Virus yang mengalir di tubuh Cap pada akhirnya membuat dia menadapatkan beberapa kekuatan baru yang biasanya hanya dimiliki oleh Spider-Man, seperti menembakan jaring organik dari pergelangan tangannya dan juga merayap secara vertikal di dinding gedung. Bahkan saat infeksi virusnya mencapai tahap akhir, Cap diperlihatkan bisa berubah menjadi monster laba-laba raksasa yang mengerikan. Sama seperti kejadian Cap-Wolf, pada akhirnya Cap kembali menjadi normal setelah Spidey dan dirinya berhasil mengalahkan Spider-Queen.

Phoenix Force

Di Marvel Universe, Phoenix Force adalah kekuatan yang sangat dahsyat, di mana penggunanya sering berakhir tewas karena tidak mampu menahan kekautan entitas kosmik tersebut. Sementara Jean Grey adalah pengguna Phoenix Force yang paling terkenal, ternyata Captain America juga pernah diceritakan mendapatkan kekuatannya di komik Avengers Vol. 8 #41-44 pada tahun 2021 lalu. Ketika Phoenix Force mengadakan sebuah turnamen untuk menemukan sosok yang mampu mewarisi kekuatannya, Cap adalah salah satu kontestan yang mendapatkan sebagian kekuatan Phoenix.

Sama seperti semua konstestan lainnya, Cap menjadi sosok yang diberkahi kekuatan Phoenix di mana dia mampu mengeluarkan api dari tubuhnya dan mempunyai daya tahan tubuh yang sangat luar biasa. Sayangnya, kekuatan tersebut tidak bertahan lama di tubuh Cap, karena porsi kekuatan dari Phoenix tersebut pada akhirnya diambil alias oleh Maya Lopez alias Echo, yang menjadi pewaris Phoenix Force baru.

Itulah tiga kekuatan besar yang dihilangkan oleh Marvel dari Captain America. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika tiga kekuatan besar ini tetap dipertahankan di tubuh Captain America, selain sebagai super soldier, dia juga nantinya bisa berubah menjadi manusia serigala dan monster laba-laba, serta menggunakan kekuatan Phoenix Force sekaligus, di mana hal tersebut tidak diragukan lagi akan membuatnya menjadi salah satu superherio terbaik di Marvel Universe. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.