Ketika sosok Yuta Okkotsu diperkenalkan di seri Jujutsu Kaisen, para fans pun langsung penasaran dengan kekuatan yang dia miliki. Yuta Okkotsu disebut-sebut sebagai penyihir dengan tingkat spesial, yang mana levelnya sama dengan sosok Gojo Satoru. Selain itu, Yuta juga diketahui memiliki jumlah energi kutukan yang hampir tidak terbatas.

Sosok Yuta Okkotsu pun menjadi protagonis utama dalam prekuelnya, Jujutsu Kaisen Volume 0. Dengan semua hal yang sangat luar biasa mengenai sosok Yuta, membuat para fans pun akhirnya penasaran apakah Yuta Okkotsu jauh lebih hebat dari sang protagonis utama di serinya, Yuji Itadori. Lalu, diantara kedua karakter hebat ini mana yang lebih unggul?

Seberapa Kuat Yuta Okkotsu

Berbicara mengenai level kekuatan dari Yuta Okkotsu, meskipun sudah diperkenalkan sejak prekuelnya, namun baru beberapa chapter terakhir ini Gege Akutami menghadirkan kemampuannya. Salah satu hal yang paling menonjol dan paling banyak diketahui oleh para fans adalah energi kekuatan kutukan yang hampir tidak terbatas, seperti yang disebutkan di atas.

Seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya, dengan energi kutukan yang tidak terbatas artinya Yuta bisa melakukan peningkatan kekuatan, peningkatan kecepatan, dan semua hal tanpa perlu khawatir kehabisan energi kutukan. Selain itu, Yuta juga mampu melakukan Reversed Cursed Technique sebuah teknik tingkat tinggi yang hanya bisa dilakukan oleh penyihir Jujutsu hebat.

Yang paling baru, kita melihat bagaimana Yuta memiliki kemampuan unik dari Yuta yang mampu menirukan kemampuan milik orang lain, seperti menirukan teknik milik Toge Inumaki. Kemudian, di chapter sebelumnya kita juga melihat bagaimana Yuta memiliki kemampuan Domain Expansion yang semakin membuktikan bahwa dia bukanlah penyihir Jujutsu biasa.

Terakhir, yang paling menonjol dari sosok Yuta Okkotsu adalah sosok Rika, ratu dari segala kutukan. Rika adalah monster kutukan yang kemudian menjadi partner atau rekan Yuta. Monster tersebut justru menjadi tempat menyimpan energi kutukan dari Yuta ketika dalam keadaan darurat atau dalam keadaan tertentu. Meskipun Rika adalah monster kutukan yang berbahaya, namun di bawah kendali Yuta, Rika bisa berubah menjadi sebuah “senjata” yang mengerikan.

Seberapa Kuat Yuji Itadori

Sosok protagonis utama dalam seri Jujutsu Kaisen, Yuji Itadori, mungkin tidak memiliki kekuatan super yang dahsyat seperti yang dimiliki oleh para penyihir Jujutsu yang lain. Yuji memang sedari awal tidak ditakdirkan atau tidak mengarahkan dirinya untuk menjadi seorang penyihir Jujutsu, karena itulah wajar jika dia tidak memiliki energi kutukan atau teknik kutukan lain.

Sejauh ini, Itadori hanya memanfaatkan teknik Divergent Fist dan juga Black Flash miliknya. Kedua teknik tersebut bukanlah teknik kutukan, melainkan hanya aplikasi dasar dari manipulasi energi kutukan, yang mana setiap penyihir Jujutsu mana pun bisa melakukannya. Meskipun begitu, Gojo Satoru mengatakan bahwa seiring berjalannya waktu Itadori akan mengembangkan tekniknya sendiri.

Sebenarnya, meskipun Yuji Itadori tidak memiliki teknik atau energi kutukan, Yuji memiliki keunggulannya sendiri terutama dalam kekuatan fisik. Yuji bukanlan seorang anak SMA biasa. Dalam chapter awal serinya, Yuji pernah membuktikan bahwa dia mampu melempar sebuah tolak peluru sepanjang 30 meter. Kemampuan epik tersebut bahkan membuat sosok Megumi Fushiguro terkagum-kagum.

Kekuatan fisik Yuji semakin berkembang semenjak dia menjadi wadah bagi Sukuna. Yang luar biasa adalah dia pun mampu mengendalikan Sukuna, yang mana hal ini pun membuat Sukuna dan Fushiguro terkejut. Gojo Satoru sempat berkomentar bahwa dalam seribu tahun, hanya ada satu orang yang lahir dan mampu mengendalikan Sukuna seperti halnya sosok Yuji.

Siapa yang Terkuat?

Untuk menjawab siapa yang terkuat diantara keduanya bukanlah sesuatu yang mudah. Belum tentu juga Yuta jauh lebih kuat dari Yuji mengingat mereka benar-benar berbeda. Dalam chapter 140, keduanya sempat saling bertemu dan bertarung satu lawan satu karena Yuta ditugaskan untuk menghabisi Yuji.

Keduanya saling bertarung untuk yang pertama kalinya dan keduanya pun terkejut karena mereka mampu untuk menandingi kekuatan masing-masing. Bahkan, keduanya saling berusaha untuk meningkatkan kekuatannya. Berdasarkan analisis dari Yuji, sebenarnya Yuta tidak terlalu banyak mengeluarkan kekuatan untuk bisa menandingi Yuji. Yang menjadi kelebihan Yuta adalah energi kutukan yang sangat luar biasa.

Yuta berhasil memenangkan pertarungan karena hal tersebut dan bukan karena kekuatan fisiknya, yang mana kekuatan fisik adalah kelebihan dari sosok Yuji. Meskipun begitu, memang harus diakui Yuta memiliki kekuatan yang jauh lebih kuat dari Yuji. Apalagi, dalam pertarungan melawan Yuji, Yuta berhasil menghabisi sosok Yuji setelah mendapatkan bantuan dari Rika.

Jadi, kesimpulannya, Yuta Okkotsu jauh lebih kuat dari Yuji Itadori. Yuji Itadori masih memiliki jalan cerita yang cukup jauh dan masih berkembang untuk menjadi lebih baik, serta Yuji masih memiliki tugas yang banyak untuk bisa berada dalam level kekuatan yang sama dengan Yuta. Meskipun begitu, Yuji sendiri sudah mengalami banyak perubahan besar di sepanjang serinya, terutama pasca Shibuya Accident dan yang paling baru adalah Curling Game yang masih berjalan saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.