Halo adalah salah satu serial andalan terbaru dari saluran streaming Paramount+, yang mengadaptasi materi asli dari video game populer berjudul sama. Meskipun telah dikatakan bahwa cerita di serialnya berlangsung di Silver Timeline dan tidak mempunyai hubungan dengan gamenya, tetapi berdasarkan episode pertamanya yang tayang pada hari Kamis kemarin cukup jelas bahwa materi dan mitologinya diambil langsung dari video game aslinya.

Dan sekarang, setelah serialnya menayangkan episode 2, ternyata mulai terasa perbedaan dengan video game, di mana ada banyak hal yang disesuaikan dalam tayangan serial Halo. Dan salah satu perbedaan yang cukup mencolok sekaligus membuat penggemar penasaran adalah kehadiran “Blessed One” di kubu alien Covenant. Digambarkan sebagai seorang wanita yang mempunyai fisik seperti manusia pada umumnya, siapa sebenarnya Blessed One yang mempunyai nama asli Makee ini?

Aset Penting Covenant

Di serial yang bercerita tentang peperangan besar antara koloni manusia dan alien Covenant ini, Makee sepertinya akan mempunyai posisi yang sangat penting terhadap jalannya cerita. Menariknya, meskipun cukup jelas bahwa serial Halo telah mengambil materi langsung dari video gamenya, tetapi sosok Makee sama sekali tidak pernah diceritakan atau disinggung di video game aslinya, begitu juga dengan gelar Blessed One yang sangat dihormati dan dibutuhkan oleh Covenant.

Diperankan oleh Charlie Murphy, karakter Makee tampaknya telah didoktrin untuk ikut percaya dengan apa yang selama ini dijalani oleh Covenant. Hal tersebut terlihat dari caranya berbicara yang sudah sangat fasih ketika berhadapan dengan para dewan penting di perserikatan bangsa alien Covenant. Walaupun latar belakang dari karakternya masih belum terungkap, tetapi cukup jelas bahwa dia adalah aset penting Covenant yang dijuluki Blessed One, di mana dia mempunyai kemampuan untuk mengetahui teknologi kuno Forerunner dan mungkin bisa menggunakannya juga.

Sama seperti di gamenya, Covenant di serial Halo adalah bangsa alien yang sangat menginginkan artefak kuno Forerunner karena mereka menganggap ras kuno tersebut sebagai dewa. Sebagai bangsa yang menyembah Forerunner, setiap individu di perserikatan bangsa Covenant percaya bahwa absennya Forerunner di galaksi adalah karena mereka telah mencapai tempat tertinggi alias surga dengan menggunakan artefak terbesar yang disebut Halo Rings.

Itulah mengapa, dengan bantuan Blessed One Makee, mereka percaya bahwa suatu hari nanti para Covenant bisa menemukan Halo Rings dan akhirnya bisa mencapai tempat tertinggi untuk menemui para Forerunner. Yang tidak mereka ketahui, sebenarnya Halo Rings adalah artefak ciptaan Forerunner yang dimaksudkan untuk membasmi parasit alien Flood. Sayangnya, sebelum Halo Rings sempat digunakan, para Forerunner lebih dahulu punah akibat serangan Flood. Dan sekarang, kunci untuk mengungkap fakta besar tersebut telah berada di tanggap Master Chief, yang kemungkinan adalah Blessed One juga.

Master Chief adalah Blessed One?

Di video gamenya diceritakan bahwa Forerunners telah merekayasa ulang gen beberapa manusia terpilih dengan gen artificial yang disebut genesong atau geas, di mana pembaruan tersebut menjadikan mereka sebagai orang yang bisa menggunakan teknologi Forerunner. Kemungkinan besar hal yang sama juga terjadi juga di serial Halo, di mana para manusia terpilih tersebut dianggap sebagai Blessed One oleh para Covenant. Dan sejauh yang sudah terlihat di dua episode perdananya, Master Chief adalah salah satu orang yang bisa menggunakan teknologi Forerunner.

Dengan petunjuk tersebut, kemungkinan besar Master Chief adalah salah satu Blessed One seperti Makee. Menariknya, hal yang sama juga pernah diisyaratkan oleh showrunner serial Halo, Steven Kane. Dalam sesi wawancara terbarunya dengan Decider, Kane mengatakan bahwa Makee mempunyai hubungan dengan artefak kecil yang ditemukan dan dibawa oleh Master Chief di episode 1, di mana Master Chief sendiri mempunyai banyak kemiripan dengan Makee. Pernyataan tersebut secara tidak langsung menyatakan bahwa Master Chief sama seperti Makee, yaitu Blessed One.

Namun, alih-alih menyebut Master Chief sebagai Blessed One, para Covenant justru menyebutnya sebagai Demon atau iblis, seperti yang bisa dilihat di episode 1 Halo saat Covenant dan Spartan bertempur di planet Madrigal. Jika teori ini benar, berarti konflik yang terjadi di serial Halo lebih dari sekadar peperangan antara manusia dan Covenant, tetapi juga pertarungan batin antara Blessed One dari Makee dan Demon dari Master Chief. Itulah pembahasan tentang Blessed One, yang kelanjutannya akan segera terungkap di episode-episode serial Halo berikutnya yang akan tayang setiap hari Kamis di Paramount+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.