Batcave adalah salah satu markas superhero yang paling ikonik di DC Universe. Sebagai “sarang” dari Batman dan Bat-Family, di dalam Batcave sendiri terdapat banyak sekali perlengkapan dan peralatan canggih milik Batman yang biasanya digunakan untuk menumpas kejahatan. Walaupun fungsinya sebagai markas tidak diragukan lagi, karena ada banyak sekali barang yang sangat berguna bagi Batman dan kawan-kawan, tetapi di dalamnya juga terdapat banyak benda aneh yang menjadi misteri bagi banyak penggemar. Berikut lima benda aneh di markas Batcave milik Batman!

Robot T-Rex

Di komikĀ Batman #35 (1949), Batman dan Robin pernah diceritakan harus berhadapan dengan seorang villain bernama Murray Wilson yang telah menjebak mereka di sebuah taman hiburan ciptaannya yang disebut Dinosaur Island. Setelah berhasil mengalahkan villain tersebut, Batman memutuskan untuk membawa robot T-Rex raksasa ke Batcave sebagai cenderamata. Meskipun tahu robot T-Rex ini telah menjadi misteri di Batcave selama bertahun-tahun, ternyata Alfred pernah menggunakannya untuk meringkus penyusup yang mencoba menguasai Batcave saat Batman tidak di rumahnya.

Koin Raksasa

Setelah Batman mengalahkan geng Penny Plunderers di komik World’s Finest Comics #3 (1947), dia diperlihatkan membawa oleh-oleh koin raksasa ke Batcavenya. Koin tersebut mempunyai diameter yang lebih besar dari tinggi manusia, di mana letaknya di Batcave terlihat sangat mencolok bahkan dari kejauhan. Sampai saat ini tidak ada yang tahu alasan mengapa Batman membawa koin raksasa ini ke markasnya. Walaupun begitu, koin raksasa ini terbukti bermanfaat sebagai tempat berlindung Batman ketika sekelompok penjahat diceritakan menembakinya.

Kartu JokerĀ 

Meskipun semua penggemar setia DC pasti sepakat bahwa Joker adalah musuh bebuyutan Batman, tetapi mungkin tidak ada satu pun yang mengerti alasan mengapa Batman menyimpan kartu andalan musuhnya di Batcave. Apalagi kartu Joker ini mempunyai ukuran yang terlalu besar jika dibandingkan dengan peralatan canggih di sekitarnya. Dan yang lebih membingungkannya lagi, karena kartu Joker ini berasal dari sebuah kasino milik Joker, sebenarnya tidak alasan bagi Batman untuk repot-repot membawanya ke Batcave dan memajangnya.

Catatan Harian Dana

Dari nama pemiliknya saja, sangat sedikit sekali yang pernah mendengar nama Dana Dyre. Dan di DC Comics sendiri, sosok Dana pernah disinggung oleh Batman sebagai salah satu detektif terhebat di dunia, di mana kemampuan deduksinya dapat membuat Batman yang dijuluki “Detektif Terhebat di Dunia” menjadi tidak ada apa-apanya. Bahkan dalam salah satu kesempatan Batman pernah diceritakan bekerja sama dengan Dana untuk mememecahkan suatu misteri, di mana dia tiba-tiba tewas dan terungkap karena bunuh diri. Batman yang mencoba mengenangnya kemudian menyimpan buku catatan hariannya di sebuah lemari kaca yang tidak pernah lupa dibersihkan oleh Alfred.

Kostum Jason Todd

Sama seperti catatan harian Dana, Batman juga menyimpan kostum Robin Jason Todd di sebuah lemari kaca yang diletakan di tengah-tengah Batcave. Kostum ini adalah kostum terakhir Jason yang dia pakai sebelum akhirnya dibunuh dengan kejam oleh Joker. Alasan mengapa kostum Jason ini sangat disimpan dengan baik oleh Batman adalah agar dia terus mengingat kegagalannya karena telah gagal menyelamatkan hidup Jason. Meskipun pada akhirnya Jason kembali hidup sebagai sosok Red Hood berkat Lazarus Pit, Batman tetap menyimpan kostum lamanya sebagai pengingat bahwa dia telah mengubah anak polos menjadi sosok monster brutal seperti Red Hood.

Kelima benda ini seakan-akan menegaskan bahwa Batman adalah seorang kolektor, yang secara tidak langsung menyimpan hampir semua benda kenangan dari setiap petualangannya. Meskipun beberapa di antaranya tampak terlalu berlebihan, tetapi benda-benda tersebut sangat cocok dengan atmosfer ruangan Batcave yang gelap dan penuh misteri. Mungkin di balik sosoknya yang sangat serius, Batman adalah seorang kolektor yang cukup fanatik juga terhadap hobinya, di mana dia tidak akan ragu membawa banyak benda aneh untuk membuat Batcave makin misterius. Itulah lima misteri yang ada di Batcave dan sepertinya tetap dipertahankan oleh Batman sampai sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.