Moon Knight adalah serial Marvel Cinematic Universe yang telah diantisipasi sejak lama kehadirannya oleh para penggemar, hal itu dikarenakan serial yang baru saja menayangkan episode perdananya ini mengadaptasi superhero populer dari Marvel Comics. Namun, alih-alih memulai petualangannya dengan karakter Marc Spector, serial Moon Knight justru memperkenalkan terlebih dahulu karakter Steven Grant, salah satu alter ego Marc di Marvel Comics.

Berdasarkan apa yang sudah dihadirkan di serial Moon Knight episode 1, di mana Steven sering tiba-tiba hilang kesadaran dan bangun di suatu tempat yang asing, ternyata tidak sedikit juga penggemar baru yang belum mengetahui apa yang tengah terjadi kepada Steven. Untuk itu, mari kita bahas apa yang sebenarnya terjadi kepada Steven Grant, di mulai dengan pembahasan singkat tentang karakternya yang pertama kali diceritakan di Marvel Comics.

Salah Satu Alter Ego Moon Knight

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Steven Grant adalah salah satu alter ego dari Marc Spector. Di Marvel Comics sendiri, Marc adalah adalah seorang mantan tentara bayaran yang nyaris mati setelah melakukan sebuah misi. Namun sebelum ajalnya menjemput, dia ternyata dibangkitkan kembali oleh dewa Bulan dari mitologi Mesir kuno yang bernama Khonshu. Sejak kejadian itu, Marc mulai merelakan jiwa dan raganya untuk menjadi Moon Knight, avatar atau kaki tangan dari sang dewa Bulan.

Seiring berjalannya waktu, dari mulai debutnya pada tahun 1975 sampai sekarang, Marc mulai digambarkan sebagai penderita gangguan kepribadian ganda atau dissociative identity disorder. Meskipun kisah dikomiknya menyiratkan bahwa Marc telah menderita kepribadian ganda sebelum bertemu Khonshu, tetapi tidak sedikit juga penggemar yang merasa bahwa Khonshu telah membuatnya menjadi lebih parah. Sampai saat ini, Marc tercatat mempunyai empat kepribadian lain, termasuk sosok superhero Moon Knight.

Selain Moon Knight, kepribadian lain Marc yang sering tiba-tiba muncul dan digambarkan mempunyai keunikan masing-masing, di antaranya adalah seorang sopir taksi bernama Jake Lockley, sosok misterius Mr. Knight yang sering terlihat mengenakan pakaian serba putih, dan terakhir Steven Grant. Khusus untuk Steven, dia adalah seorang jutawan yang biasanya mengakomodir setiap aksi Moon Knight, termasuk mendanai persenjataan dan perlengkapan dari alter ego yang lain. Meskipun kelima alter ego ini sering berbeda pendapat, tetapi mereka saling mengisi satu sama lain dan bergantian mengambil alih tubuh Marc ketika dibutuhkan.

Baru Menyadari Kekuatan Terpendamnya

Sejauh ini masih belum diketahui siapa yang akan menjadi alter ego utama di serial MCU Moon Knight, yang jelas Marc Spector dan Moon Knight telah menampakan dirinya juga di akhir episode 1 kemarin. Dan untuk kasus Steven Grant, alih-alih diperkenalkan sebagai jutawan seperti di komiknya, kali ini dia hanya seorang karyawan biasa di sebuah museum seni Mesir kuno. Seperti yang terlihat di awal episode 1, sebenarnya Steven sudah menyadari bahwa ada yang aneh dengan dirinya, di mana dia sering terbangun dalam keadaan “seperti habis tertabrak truk”.

Menganggap dirinya hanya mengalami gangguan tidur berjalan, Steven kemudian memutuskan untuk mengisolasi dirinya ketika akan tidur, bahkan dengan mengikat kakinya sendiri ke ranjang. Namun, hal tersebut tidak menghentikan alter ego lain untuk mengambil alih tubuhnya. Ketika bangun tidur, Steven selalu bertemu dengan orang-orang yang tampak mengenalnya, padahal tidak ada tanda-tanda bahwa dia tidur berjalan sebelumnya.

Sampai pada akhirnya dia terbangun di sebuah lokasi misterius, di mana dia bertemu dengan villain Arthur harrow dan para anak buahnya. Dalam adegan tersebut, gangguan kepribadian gandanya bahkan tampak lebih parah lagi dari sebelumnya. Steven bisa tiba-tiba hilang kesadaran, dan kembali dengan tangan berdarah dan mayat yang bergelimpangan di sekitarnya. Hal tersebut kemungkinan mengindikasikan bahwa Marc telah mengambil alih tubuhnya.

Menjelang akhir episode 1, Steven pada akhirnya tahu bahwa yang dialaminya bukanlah mimpi, dimana dia mendengar suara Khonshu dan bahkan berbicara dengan Marc melalui cermin. Pada titik ini, Steven sadar bahwa di dalam tubuhnya ada banyak kepribadian, termasuk Marc dan Moon Knight yang akhirnya muncul ketika dia dikejar oleh Jackal, monster anjing yang dipanggil oleh Arthur. Dengan kepribadian ganda yang dimilikinya, secara tidak langsung dia menyadari bahwa gangguan tersebut adalah kelemahan sekaligus kekuatan terpendamnya.

“Kepribadian ganda” inilah yang diperkenalkan di serial Moon Knight episode 1, di mana Steven bisa sewaktu-waktu berubah menjadi Marc, dan begitu juga sebaliknya. Gangguan tersebut kemungkinan menjadi lebih parah setelah Khonshu menjadikan Marc sebagai avatar dewa Bulan. Selain Marc dan Steven, promosi sebelumnya juga mengungkap bahwa alter ego Mr. Knight juga dipastikan akan muncul. Itulah pembahasan mengenai apa yang sebenarnya terjadi kepada Steven. Jangan lewatkan kelanjutan kisah Steven dan alter ego lainnya di serial Moon Knight, yang akan tayang setiap hari Rabu hanya di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.