Setelah penantian yang cukup panjang, Marvel Studios akhirnya merilis episode perdana serial Moon Knight pada hari ini di saluran Disney+. Meskipun episode perdana ini telah mengungkap beberapa hal dasar, seperti karakter Steven Grant dan juga penampilan sekilas dari villain bernama Arthur Harrow, tetapi sebagian besar justru malah menyisakan banyak pertanyaan. Dan salah satu yang paling membuat penasaran adalah sosok Dewa Ammit yang sering disebut oleh Arthur.

Di episode perdana ini, Arthur pertama kali terlihat setelah Steven tiba-tiba terbangun di sebuah desa kecil yang dijaga oleh orang-orang bersenjata. Dalam adegan pertamanya, Arthur yang tengah dikelilingi oleh para pengikutnya, bertanya apakah ada yang bersedia untuk dihakimi atas nama “Ammit”. Kemudian sisa adegan di episode 1 ini dilanjutkan dengan lebih banyak menjelaskan motivasi Arthur serta hubungannya dengan dewa Ammit. Siapa sebenarnya dewa yang disembah oleh Arthur ini, seberapa penting perannya di serial Moon Knight? Mari kita bahas lebih lanjut, Geeks.

Salah Satu Dewa Mesir Kuno

Pada dasarnya Ammit adalah salah satu dewi yang sering muncul di berbagai kisah mitologi Mesir kuno, di mana selain muncul sebagai seorang dewi, Ammit juga sering digambarkan sebagai monster buas yang mirip seperti gabungan antara buaya, kuda nil, dan singa. Di mitologi aslinya, Ammit sering diceritakan hadir untuk menghakimi seseorang, yang biasanya berhubungan dengan kematian. Dan di serial Moon Knight sendiri, para pengikut Ammit terlihat mempunyai tato bergambar timbangan berkepala buaya.

Sedangkan di Marvel Comics, Ammit lebih sering disebut Ammut atau Ammitu, di mana dia dijuluki sebagai Devourer of the Dead atau pemakan jiwa-jiwa yang telah mati. Sebagai salah satu dewa Mesir kuno di Marvel Comics, Ammit sering terlihat setiap kali Dewa Kematian dan Kelahiran, Anubis, menimbang jiwa-jiwa manusia. Dan ketika jiwa seseorang dinilai tidak murni, Ammit akan langsung melahapnya. Meskipun sosoknya sangat minor, tetapi pada suatu titik di Marvel Comics dia pernah diceritakan membantu Khonshu untuk membuat Marc Spector menjadi avatarnya.

Meskipun di komiknya tidak digambarkan seperti apa kekuatan sebenarnya dari Ammit, tetapi cukup jelas bahwa dia adalah dewa yang biasanya abadi dan maha tahu. Dalam beberapa kesempatan, selain terlihat memakan jiwa, Ammit juga pernah memakan pikiran seseorang demi mendapatkan semua pengetahuan yang dimiliki oleh korbannya. Sejauh ini yang terlihat di serial Moon Knight, sepertinya Ammit bisa membuat seseorang mati secara tiba-tiba melalui tangan dan tongkat Arthur Harrow.

Ammit di Marvel Cinematic Universe

Selain digambarkan sebagai dewa yang disembah oleh banyak pengikut dan juga mempunyai kekuatan untuk membuat seseorang mati, di serial Moon Knight ini dewa Ammit sepertinya akan mempunyai peran yang lebih penting jika dibandingkan dengan versinya di Marvel Comics. Lebih dari sekadar pemakan jiwa, Arthur sempat menggambarkan bahwa Ammit adalah dewa yang bisa menghakimi seseorang, apakah dia layak hidup di Bumi atau tidak. Dan jika Arthur benar, artinya Ammit di MCU ini telah mengambil alih peran Anubis di Marvel Comics.

Dalam adegan lain, sebagai pengikut Ammit, Arthur bahkan bisa memanggil sosok monster seperti anjing yang kemungkinan adalah Jackal. Alih-alih bekerja kepada dewa anjing seperti Anubis, dewa Ammit tampaknya mempunyai pasukan anjing yang bisa dipanggil kapan saja oleh pengikut setianya, misalnya oleh Arthur ketika dia menginginkan artefak kumbang emas yang diambil oleh Steven/Marc Spector. Untungnya, di adegan terakhir episode 1, Steven terlihat bisa berdamai dengan Marc dan akhirnya berubah menjadi Moon Knight untuk memukuli Jackal dengan brutal.

Serial Moon Knight sendiri mempunyai potensi untuk menghidupkan karakter dewa Ammit dengan arah yang berbeda dari komiknya. Sama seperti kebiasaan Marvel sebelumnya, di mana mereka akan menggabungkan beberapa karakter komik, kali ini tampaknya mereka telah menggabungkan Ammit dengan Anubis untuk menjadi dewa baru yang lebih kuat di serial Moon Knight. Itulah pembahasan mengenai karakter Ammit di serial Moon Knight. Kita lihat saja nanti akan seperti apa aksi dari dewa Ammit di episode-episode Moon Knight selanjutnya, yang dijadwalkan tayang setiap hari Rabu hanya di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.