Perkembangan pesat dari segi kekuatan dialami oleh para kru topi jerami sejak awal mereka diperkenalkan, sampai dengan saat ini. Luffy adalah sosok yang paling terasa perkembangan kekuatannya, di mana awalnya dia hanya mengandalkan Gomu Gomu secara serampangan kini Luffy bisa mengaturnya sesuai keinginannya. Selain itu, Luffy juga sekarang mampu menguasai teknik Haki tingkat tinggi.

Berbicara mengenai buah iblis Luffy, yang ternyata nama aslinya adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika, awalnya Luffy hanya mengandalkan Gear 1-3 untuk menghadapi musuh kuat. Bahkan, untuk melakukan Gear 3 pun Luffy harus mengorbankan banyak stamina di mana dia akan berubah menjadi sangat pendek untuk sementara waktu.

Namun, sekarang permasalahan itu sudah tidak lagi dialami oleh Luffy. Malah Luffy sempat mendapatkan form baru yaitu Gear 4 selama latihan dua tahun di Rusukaina, dengan berbagai transformasinya seperti Snakeman atau Boundman. Dengan pertarungan besar di Onigashima dalam arc Wanokuni, membuat banyak fans One Piece pun berspekulasi jika Luffy akan mengakses Gear 5.

Dan ternyata spekulasi tersebut pun terbukti di chapter 1044 kemarin. Luffy, secara tidak sengaja, berhasil membangkitkan kemampuan buah iblis Nika miliknya. Kekuatan awakening dari buah iblis ini bisa dibilang sangat luar biasa. Kita bisa melihat bagaimana Luffy dengan mudah bisa mencengkram tubuh naga Kaido dengan tangan kosong. Bahkan, Luffy pun dengan mudah membanting tubuh Kaido.

Artinya peningkatan fisik dari Luffy di Gear 5 ini benar-benar sangat dahsyat. Belum lagi, seperti yang diungkapkan oleh Gorosei, buah iblis tersebut mampu membuat Luffy bertarung dengan sangat dahsyat dan luar biasa sesuai dengan imajinasi dalam dirinya. Gorosei sendiri pun menyebut buah iblis Nika sebagai kekuatan paling mengerikan di dunia.

Tetapi, pertanyaanya kemudian apakah Gear 5 jadi form terakhir dari Luffy? Ada banyak fans yang berpekulasi bahwa kemungkinan Luffy masih akan memiliki kemampuan puncak dari form Gear miliknya. Hal ini diadaptasi dari Gear atau roda gigi kendaraan, khususnya mobil, di mana sebagian besar kendaraan memiliki Gear sampai 6.

Masih belum diketahui akan seperti apa kedahsyatan dari Gear 6 jika memang hal tersebut terjadi, mengingat Gear 5 sendiri sudah sangat luar biasa seperti diperlihatkan di chapter 1044. Dan kita sendiri masih belum melihat seluruh potensi dari Gear 5. Meskipun spekulasi tersebut cukup menarik, namun sebenarnya petunjuk mengenai hal ini pun sudah diperlihatkan di chapter kemarin.

Dalam salah satu panel, di mana Luffy memperkenalkan kekuatan barunya sebagai Gear Fifth, dia mengatakan dengan jelas itu sudah menjadi kekuatan puncaknya. Artinya, dengan Gear 5 menjadi kekuatan puncaknya, kecil kemungkinan bagi Luffy untuk kemudian mendapatkan kekuatan baru seperti Gear 6. Sehingga, bisa disimpulkan Gear 5 mungkin menjadi form terakhir dari Luffy.

Lagipula, ada alasan lainnya mengapa kemudian kecil kemungkinan Luffy tidak akan lagi mendapatkan peningkatan kekuatan. Pertama, seri One Piece akan selesai dalam beberapa tahun kedepan. Cerita di arc Wano Country disebut oleh Oda sudah mencapai 70-80% dari keseluruhan cerita One Piece. Eiichiro Oda juga sempat mengatakan bahwa seri One Piece akan selesai dalam lima tahun mendatang.

Berdasarkan hal tersebut, artinya seri One Piece hanya memiliki waktu kurang lebih beberapa tahun lagi atau mungkin sekitar tiga tahun meskipun bisa saja Oda tentu memperpanjang lagi ceritanya atau bahkan mungkin lebih cepat.  Bagaimana jarak antara Gear 4 dan Gear 5 ini cukup jauh, yaitu sekitar 2 tahun dalam timeline One Piece dan kurang lebih lebih 5 tahun di dunia nyata.

Jika Luffy kembali mendapatkan kekuatan dahsyat seperti Gear 6, rasanya hal tersebut akan dianggap terlalu cepat karena Luffy baru saja mendapatkan Gear 5. Meskipun memang bukan hal yang mustahil terjadi, tetapi sangat kecil kemungkinan hal tersebut terjadi. Alasan kedua, jika kemudian Oda menghadirkan kekuatan yang jauh lebih dahsyat dari ini, bukan tidak mungkin Oda akan “menghancurkan” Luffy.

Jika Gear 5 sendiri sudah membuat Luffy sangat hebat, Gear 6 nanti pastinya akan membuat banyak orang yang skeptis dan bertanya-tanya, “sekuat apa kekuatan Gear 6 tersebut? Apakah Luffy akan menghancurkan dunia?” Oda tentu akan dengan bijak dan cerdas mempertimbangkan hal tersebut, yang mana bukan tidak mungkin jika hal tersebut dilakukan maka akhir cerita One Piece akan menjadi anti-klimaks. Jadi, kesimpulannya, Gear 5 akan menjadi Gear terakhir yang dimiliki oleh Luffy. Lebih dari itu, Luffy mungkin akan “hancur” dengan sendirinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.