Pasca pertempuran epik yang terjadi di momen perang besar shinobi keempat, dunia berubah drastis 180 derajat. Dunia shinobi yang dahulu dipenuhi oleh kebencian dan peperangan, mulai berubah menjadi sebuah dunia yang penuh damai dan rasa aman. Persaingan yang terjadi bukan lagi berkaitan dengan adu kekuatan, melainkan teknologi. Dan hal ini juga yang mulai umum menghiasi seluruh penduduk desa ninja.

Selain dipakai dalam kehidupan sehari-hari, teknologi sudah menjadi hal yang lazim dalam dunia shinobi. Gabungan antara kecerdasan buatan dan talenta menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa. Ada beberapa contoh nyata dari berbagai teknologi epik yang muncul di seri Boruto. Apa saja?

Shinobi Kote

Shinobi Kote adalah teknologi canggih pertama yang diperkenalkan kepada para fans di seri Boruto. Alat ini pertama kali muncul di film Boruto: Naruto the Movie, di mana alat ini diperlihatkan mampu menyimpan berbagai gulungan Jutsu. Gulungan tersebut akan disimpan dalam bentuk kecil dan ketika seorang shinobi membutuhkannya, maka gulungan tersebut bisa digunakan kapan pun.

Misalnya, sebuah gulungan Jutsu Rasengan bisa digunakan dengan mudah oleh siapa pun tanpa perlu sosok tersebut berlatih untuk mengendalikan chakra seperti yang dilakukan Naruto. Boruto sempat menggunakan alat ini dalam ujian Chunin saat melawan Shikadai. Meskipun dia menang, namun Naruto menganggap hal tersebut sebagai kecurangan.

Pedang Chakra

Franchise Boruto memiliki lightsaber versinya sendiri? Inilah bukti teknologi canggih lainnya di seri Boruto. Pedang chakra adalah teknologi canggih yang dibuat dan dikembangkan oleh Katasuke. Seusai namanya, Pedang Chakra (Chakra Blade) adalah pedang yang terbuat dari chakra penggunanya. Tidak ada besi atau bagian tajam dari pedang ini seperti pedang umumnya.

Karena itulah, level kekuatan dari pedang ini tergantung dari level chakra dari penggunanya, dan seberapa hebat penggunanya. Jika penggunanya memiliki level chakra yang dahsyat dan luar biasa, maka pedang ini pun bisa menjadi sesuatu yang mematikan. Teknologi ini masih dalam tahap purwarupa, dan Katasuke sendiri menyatakan bahwa pedang chakra sangat menguras chakra penggunanya yang mana berbahaya bagi tubuh.

Lengan Buatan Naruto

Tidak semua teknologi yang muncul dibuat untuk senjata atau pertarungan. Lengan buatan Naruto adalah contoh nyata dari hal tersebut. Setelah menghadapi Sasuke di lembah akhir, Naruto pun harus kehilangan sebagian lengannya. Hal tersebut terus bertahan sampai kemudian Katasuke membuat dan mengembangkan sebuah lengan buatan.

Lengan buatan tersebut memiliki kemampuan epik di mana Naruto bisa menyerap ninjutsu apa pun, seperti halnya sosok Momoshiki dengan kemampuan Rinnegan miliknya. Semuanya berjalan dengan baik, seperti diperlihatkan saat Naruto berlatih dengan sang anak, Boruto. Meskipun begitu, Naruto sendiri masih belum menggunakannya karena masih terus dikembangkan. Dan seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya, Kawaki yang kemudian menggunakan lengan tersebut.

Teknologi Mikroskopik

Semua anggota dari Kara diketahui memiliki teknologi mikroskopik canggih di dalam tubuh mereka. Teknologi tersebut dikembangkan dan dibuat oleh Amado. Teknologi mikroskopik tersebut pada intinya membuat tubuh si pengguna mampu melakukan hal yang luar biasa, seperti mengeraskan dan memperkuat salah satu bagian tubuh.

Hal ini bisa dilihat saat pertarungan Delta melawan Naruto, di mana berkat teknologi ini Delta mampu melukai Naruto dengan cara menusuknya. Kawaki juga diketahui memiliki kekuatan tersebut, seperti halnya Code. Bisa dipastikan teknologi mikroskopik ini menjadi salah satu teknologi paling canggih yang pernah ada, di mana tidak sembarangan orang mampu membuatnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.