Ada banyak hal unik yang muncul dalam cerita karangan Eiichiro Oda, One Piece. Contohnya adalah buah iblis dan Haki. Buah iblis sendiri adalah buah yang bisa memberikan seseorang kekuatan yang dahsyat setelah dikonsumsi. Sedangkan Haki adalah kekuatan semangat atau tekad yang ada dalam diri manusia, di mana kemampuan Haki bisa digunakan untuk menandingi kemampuan buah iblis dan menjadi salah satu sumber kekuatan.

Namun, tentunya selain dua hal di atas ada hal lainnya yang tidak kalah unik yang dihadirkan di serinya seperti asal-usul para Supernova. Supernova sendiri adalah kelompok bajak laut muda atau baru yang berkumpul di pulau Sabaody, sebelum perang besar Marineford pecah. Mereka juga adalah kelompok bajak laut yang memiliki nilai buruan 100 juta Belly atau di atasnya. Mereka terinspirasi dari para karakter nyata. Lalu, siapa saja karakter nyata tersebut?

Eutass Kid

Karakter Eustass Kidd sebenarnya terinspirasi dari dua nama bajak laut yang berbeda, yaitu seorang bajak laut di era abad 13 yaitu “Eustace,” dan seorang bajak laut dari abad 17 yang berasal dari Skotlandia, “William Kidd.” Tetapi, dalam cerita One Piece sendiri Kidd berasal dari wilayah South Blue. Dia berlayar bersama teman masa kecilnya, Killer, dan nilai buruan Kidd pasca time-skip adalah 470 juta Belly. Kidd memiliki kekuatan buah iblis Jiki Jiki nomi, di mana tubuhnya memiliki kemampuan magnet dan bisa menarik benda-benda dengan material besi.

X Drake

Hal menarik dari X Drake adalah adanya kesamaan antara inspirasi karakternya dan karakter itu sendiri. Karakter ini terinspirasi dari seorang tentara Inggris di abad ke 16 bernama “Sir Francis Drake.” Dan dalam cerita One Piece pun, dia adalah seorang tentara angkatan laut. Drake adalah anak dari Diez Barrel, dan baik ayah maupun anaknya sama-sama pernah menjadi angkatan laut sebelum kemudian dia berubah menjadi seorang bajak laut. Uniknya, ternyata Drake masih bekerja untuk angkatan laut, tepatnya untuk organisasi SWORD.

Basil Hawkins

Ada keunikan dari karakter Hawkins dengan versi aslinya. Karakter ini sendiri terinspirasi dari seorang tenaga medis di kapal bajak laut “Basil Ringrose” bernama “John Hawkins.” Dalam cerita One Piece, Hawkins sendiri berasal dari wilayah North Blue dan memiliki kru sendiri. Dia dikenal karena kepiawaiannya untuk memainkan kartu tarot, dan membaca peluang tentang semua hal. Selain itu, dia juga memiliki kekuatan buah iblis Wara Wara, di mana dia bisa mengendalikan berbagai kekuatan jerami.

Trafalgar Law

Untuk Law, karakter ini terinspirasi dari seorang bajak laut di era abad ke 16 dengan nama “Edward Law.” Namun, dalam cerita One Piece, Law merupakan seorang kapten dari kelompok bajak laut hati. Dia berasal dari wilayah North Blue, dan memiliki nilai buruan pasca time-skip sebesar 440 juta Belly. Law sendiri memiliki buah iblis Ope Ope no Mi di mana dia bisa melakukan “operasi” terhadap apa pun dalam jarak tertentu. Saat ini Law berada di Wano bersama Luffy dan Kidd untuk bertarung melawan Kaido dan Big Mom. Dan setelah pertarungan yang panjang akhirnya Law dan Kid berhasil mengalahkan Big Mom.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.