Muncul pertama kali pada tahun 80-an, Voltron adalah serial animasi bergaya anime yang berfokus pada lima pilot luar angkasa yang mengendarai robot singa berwarna hitam, merah, hijau, kuning, dan biru. Keunikan sekaligus kehebatan dari lima robot singa ini adalah mereka bisa bergaung menjadi robot raksasa tangguh yang disebut Voltron. Sukses dengan serial bergaya animenya, yang terinspirasi dari anime Beast King GoLion, waralabanya juga telah melakukan ekspansi ke dunia komik sejak tahun 1985.

Selain populer dengan tayangan animasinya, termasuk Voltron: Legendary Defender (2016-2018) yang tayang di Netflix, komik Voltron juga mempunyai segmen penggemarnya tersendiri di tengah gempuran komik-komik superhero seperti Marvel Comics. Dan menariknya, ternyata konsep dari Voltron sendiri pernah diadaptasi juga oleh komik Marvel dengan melibatkan salah satu superhero yang kini makin terkenal di kalangan penggemar, yaitu Black Panther.

Munculnya Robot-Robot Panther

Hampir semua penggemar Marvel pasti mengenal siapa Black Panther, superhero yang mempunyai nama asli T’Challa ini, sempat juga melakukan debut live-actionnya di film-film MCU dengan diperankan oleh mendiang Chadwick Boseman yang meninggal pada tahun 2020 lalu. Di Marvel Comics, Black Panther adalah superhero yang pertama kali diceritakan pada tahun 1966, dan digambarkan sebagai raja dari negara fiktif Wakanda yang berada di benua Afrika.

Selain raja, dia juga sering digambarkan sebagai seorang genius yang kaya raya, di mana sering menggunakan sumber dayanya untuk menciptakan teknologi canggih, beberapa di antaranya adalah lima robot panther yang tampaknya terinspirasi lima robot singa Voltron. Di komik Fantastic Four: Grand Design #2 karya Tom Scioli yang dirilis pada tahun 2019, dalam sebuah kisah flashback Fantasic Four, penggemar diperlihatkan bagaimana para superhero Marvel menghadapi Galactus pada masa lalu. Dan salah satu di antara kisahnya menceritakan bagaimana Black Panther menghadapi Galactus dengan robotnya.

Dikendarai oleh Lima Pilot Wakanda

Meskipun hanya tampil dalam satu halaman, tetapi banyak penggemar yang langsung teringat pada Voltron setelah melihat kisah Black Panther dan robotnya ini. Dalam salah satu halaman komik Fantastic Four: Grand Design tersebut, Black Pather diperlihatkan tiba bersama empat sepupunya dari Black Musketeers untuk menghadapi Galactus. Black Pather dan masing-masing Black Musketeers tersebut terlihat mengendarai lima robot Panther yang telah bergabung.

Sementara T’Challa alias Black Panther terlihat mengendarai robot panther berwarna hitam, adiknya yang bernama Shuri terlihat berada di kokpit panther merah muda yang menjadi tangan kanan robot, kemudian Khanata berada di kokpit panther hijau yang menjadi tangan kiri robot, Zuni berada di kokpit panther kuning yang menjadi kaki kanan robot, dan Joshua Itobo berada di kokpit panther biru yang menjadi kaki kiri robot.

Saat menghadapi sang World Eater tersebut, sambil melempar tinju, Black Panther berteriak “Rasakan tinju dari Panther God Panthrax Pantherion!” Cukup jelas bahwa nama dari robot Voltron milik Black Panther tersebut adalah Panther God Panthrax Pantherion, nama yang cukup keren untuk sebuah robot Panther gabungan yang tampak sangat keren juga. Semua hal dari robot Pantherion ini memiliki banyak kesamaan dengan robot Voltron, dari mulai dikendarai oleh lima pilot, sampai terbentuk dari lima robot kucing raksasa.

Sayangnya, kita tidak bisa melihat lebih jauh apa yang terjadi setelahnya, apakah Pantherion berhasil menang atau tidak saat melawan entitas kosmik Marvel tersebut, mungkin saja robot Black Panther tersebut sebenarnya mempunyai senjata rahasia seperti pedang dan blaster raksasa. Sejauh ini tidak ada kisah Marvel lain yang memperlihatkan aksi Black Panther dan robot Pantherion-nya tersebut, tetapi penggemar akan tidak akan pernah lupa bahwa ternyata Marvel juga mempunyai robot Voltronnya sendiri.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.