Eiichiro Oda sepertinya benar-benar memberikan sebuah kejutan besar yang tidak pernah terduga sebelumnya oleh para fans dari seri One Piece. Selama lebih dari dua dekade berjalan, Oda Sensei selalu memberikan informasi kepada para fans bahwa buah iblis yang dikonsumsi oleh Luffy, Gomu Gomu no Mi, merupakan buah iblis yang berjenis Paramecia.

Namun, dalam chapter 1044 ini, berbagai fakta mengejutkan kemudian muncul. Oda Sensei menjelaskan mengenai nama asli dari buah iblis yang dikonsumsi oleh Luffy dan jenis sebenarnya dari buah iblis tersebut. Dalam chapternya, terungkap bahwa nama buah iblis Luffy adalah Hito Hito no Mi, Mythological Model: Nika.

Nama ‘Nika’ sendiri kemungkinan besar merujuk kepada sosok Nika yang dianggap sebagai sosok Dewa Matahari, sosok legendaris yang sempat diceritakan oleh Who’s Who sebelumnya. Berdasarkan penjelasan Who’s Who, Nika merupakan sosok legendaris yang sering membantu para budak atau tahanan untuk bebas. Dan sosok Nika juga yang diharapkan Who’s Who bisa menolongnya saat dia dikurung di penjara.

Selain nama asli dari buah iblis Luffy, jenis dari buah iblis tersebut juga menjadi sorotan. Seperti disebutkan di atas, selama ini kita tahu bahwa buah iblis tersebut berjenis Paramecia. Tetapi, ternyata buah iblis tersebut berjenis Zoan. Hal ini sebenarnya sudah pernah dispekulasikan oleh para fans sejak lama.

Mengapa kemudian para fans menduga bahwa buah iblis yang dikonsumsi Luffy adalah berjenis Zoan, karena Luffy memiliki kemampuan untuk berubah-ubah dalam berbagai form, seperti teknik Gears. Hal tersebut sangat mirip dengan kemampuan dari pemilik kekuatan Zoan, di mana terdapat berbagai form yang dimiliki oleh pemilik kekuatan Zoan; seperti mode hybrid atau mode perubahan penuh.

Meskipun begitu, informasi bocoran dari chapter 1044 juga memperlihatkan Luffy menggunakan kekuatan awakening yang mirip dengan kemampuan awakening dari Paramecia. Kemampuan awakening dari buah iblis Luffy tersebut menirukan kemampuan awakening dari buah iblis Ito Ito no Mi milik Doflamingo, yang mana buah iblis tersebut berjenis Paramecia.

Bahkan, dalam informasi bocorannya juga memperlihatkan bagaimana awakening Luffy bukan hanya mirip dengan buah iblis berjenis Paramecia, melainkan juga Logia. Dalam informasi bocorannya diketahui bahwa awakening buah iblis Luffy tersebut mampu membuatnya berubah menjadi karet, dan bukan hanya membuat Luffy merubah dirinya menjadi elastis.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika, bisa diklasifikasikan sebagai buah iblis yang masuk ke semua jenis baik itu Logia, Zoan, atau pun Paramecia. Berbagai transformasi yang terjadi kepada Luffy dalam bentuk Gears menunjukan bahwa buah iblis tersebut adalah berjenis Zoan. Sementara, kemampuan awakening yang diperlihatkan di akhir chapter 1044 dianggap sebagai kemampuan awakening Paramecia.

Untuk Logia, dengan tubuh Luffy yang berubah menjadi 100% karet di segala sisi memperlihatkan bagaimana buah iblis tersebut menirukan atau bahkan memiliki kemampuan Logia, bahkan bisa dibilang lebih dari sekedar spesial Paramecia. Pertanyaannya kemudian bagaimana mungkin satu buah iblis bisa masuk dalam tiga jenis sekaligus?

Jawaban yang paling masuk akal adalah ada kemungkinan jika Hito Hito no Mi, Model: Nika tersebut merupakan buah iblis pertama yang ada di dunia. Dengan kata lain, simpelnya, buah iblis yang dikonsumsi Luffy tersebut adalah “nenek moyang” dari buah iblis yang selama ini ada dalam cerita One Piece. Sehingga wajar jika kemudian buah iblis tersebut masuk dalam tiga kategori sekaligus.

Yang menjadi kelemahan dari teori ini adalah penjelasan mengenai bagaimana kemudian satu buah iblis yang masuk dalam tiga kategori, kemudian bisa “berpisah” menjadi tiga kategori. Apakah pemilik pertama buah iblisnya memang sengaja “membagi” klasifikasi tersebut menjadi tiga sebelum dia tewas?

Jika kemudian teorinya terbukti, maka artinya Hito Hito no Mi bisa dibilang adalah buah iblis pertama yang kemudian menciptakan jenis Paramecia, Logia, dan Zoan. Seiring berjalannya waktu, perbedaan tiga jenis buah iblis tersebut semakin terasa dan terlihat dengan banyaknya buah iblis yang masuk ke masing-masing jenis tersebut.

Kesimpulannya, meskipun semuanya masih bersifat spekulasi, chapter 1044 memberikan konfirmasi bahwa kemungkinan besar buah iblis Luffy masuk dalam tiga kategori buah iblis sekaligus. Meskipun untuk bukti bahwa buah iblis Luffy tersebut adalah “nenek moyang” dari semua buah iblis sangat tipis, asumsi tersebut dirasa cukup masuk akal dengan spekulasi bahwa Hito Hito no Mi, Model: Nika masuk dalam tiga klasifikasi buah iblis sekaligus. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.