Mission: Impossible adalah salah satu waralaba film mata-mata yang sangat populer di seluruh dunia. Dibintangi oleh Tom Cruise, filmnya sendiri dimulai dengan Mission: Impossible yang dirilis pada tahun 1996, kemudian telah dilanjutkan dengan lima sekuel, termasuk M:I 2, M:I III, Ghost Protocol, Rogue Nation, dan yang terbaru Fallout. Meskipun saat ini film ketujuh dan kedelapannya tengah diproduksi, tetapi yang jarang diketahui oleh penggemar ternyata filmnya ini diadaptasi dari sebuah serial populer pada tahun 80-an.

Diproduksi oleh Paramount Television, serial klasik Mission: Impossible pertama kali diciptakan pada tahun 1966 dan berakhir dengan Season 7 pada tahun 1973. Serialnya pernah dicoba untuk dibangkitkan lagi pada tahun 1988, tetapi hanya bertahan sampai dua season saja dan dibatalkan pada tahun 1990, untuk kemudian di-reboot dengan waralaba film yang melibatkan Cruise sebagai karakter bernama Ethan Hunt. Dan sebagai salah satu waralaba film milik Paramount yang sangat sukses di pasaran, studio tersebut sempat mengungkapkan rencananya untuk menghidupkan kembali serialnya dengan kisah spinoff.

Ide Paramount tersebut sebenarnya cukup masuk akal, mengingat akhir-akhir ini banyak waralaba film besar yang mencoba merambah tayangan serial. Namun baru-baru ini, menurut THR, meskipun Paramount ingin mengembangkan serial Mission: Impossible untuk saluran streaming Paramount+, tetapi Cruise menolak proposal serial spinoff tersebut. Sejauh ini masih belum ada detail informasi lainnya yang mengungkap apakah Paramount akan tetap melanjutkan rencananya atau tidak.

Dari pihak Cruise sendiri masih belum menyampaikan alasan resminya mengapa Cruise menolak ide serial Mission: Impossible tersebut. Yang jelas, aktor yang usianya hampir 60 tahun ini memang terkenal sangat protektif, baik terhadap waralabanya, maupun saat melakukan produksinya. Pada tahun lalu saja, Cruise sempat menghentikan produksi film Mission: Impossible 7 untuk sementara waktu, karena melihat beberapa kru yang tidak mematuhi protokol kesehatan di lokasi syuting saat kasus COVID sedang tinggi.

Terlepas dari nantinya serial spinoff Mission: Impossible akan jadi digarap atau tidak, Cruise sendiri dipastikan akan tetap memproduseri sekaligus membintangi film Mission: Impossible 7 dan 8. Apalagi karena produksi kedua filmnya telah dilaksanakan bersamaan, dan juga telah menghabiskan anggaran yang sangat besar. Untuk jadwal perilisannya, film Mission: Impossible 7 direncanakan untuk tayang pada 14 Juli 2023, dan Mission: Impossible 8 pada 28 Juni 2024.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.