Siapa yang tidak mengenal Superman? Sebagai superhero paling ikonik, Superman adalah salah satu superhero paling kuat dan juga hebat di DC Universe. Sejak debutnya pada tahun 1938 sampai dengan sekarang, sudah tidak terhitung lagi jumlah supervillain tangguh yang telah berhasil dia kalahkan, dari supervillain genius seperti Lex Luthor, sampai Doomsday yang terbukti tidak ada yang bisa mengalahkannya selain Superman.

Menariknya, sebagai superhero yang semestanya dipenuhi dengan berbagai makhluk berkekuatan dewa, ternyata Superman pernah dikalahkan oleh seorang supervillain klasik dari Marvel Comics. Dalam salah satu kisah crossover DC/Marvel yang sangat langka, supervillain tangguh dari Marvel sekaligus musuh bebuyutan dari Fantastic Four, yaitu Doctor Doom, pernah diceritakan berhasil mengalahkan sang Man of Steel setelah melakukan beberapa kali percobaan. Seperti apa kisahnya? Simak di bawah ini, Geeks!

Doom Berhasil Eksploitasi Kelemahan Superman

Dari segi popularitas, bisa dibilang Victor Von Doom alias Doctor Doom juga tidak kalah dari para musuh bebuyutan Superman di DC Universe, seperti Lex Luthor, Doomsday, Brainiac, bahkan Darkseid. Di Marvel Universe sendiri, Doom adalah salah satu supervillain tangguh yang memulai debutnya pada tahun 1962 di komik The Fantastic Four #5 karya Stan Lee dan Jack Kirby. Selain terkenal sebagai supervillain genius, Doom juga merupakan seorang ilmuwan sekaligus penyihir yang tidak bisa dianggap remeh.

Dan dengan berbagai kekuatannya tersebut, Doom pernah terbukti berhasil memamerkan kehebatannya dengan menjadi ancaman yang serius bagi Superman, tepatnya di komik crossover Superman and Spider-Man karya Jim Shooter dan Marv Wolfman, yang dirilis pada tahun 1981 silam. Di komik singkat ini, sebenarnya ada juga karakter seperti Wonder Woman dan Hulk, tetapi kisah utamanya berfokus pada pertarungan antara Superman bersawa Spider-Man melawan Doctor Doom yang bekerja sama dengan supervillain DC bernama Parasite.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk Doom sampai akhirnya dia menyadari bahwa kelemahan Superman adalah batu hijau kryptonite. Saat pertama kali berhadapan dengan Superman, sang penguasa Latveria tersebut langsung mengarahkan kryptonite kepada superhero tangguh dari DC Universe tersebut. Namun, Superman dengan sigap langsung melindungi dirinya dengan lapiran baja, sehingga dia berhasil merebut kryptonite dari tangan Doom dan langsung melemparkannya ke matahari.

Merasa dirinya di atas angin, Superman tidak menyangka bahwa di pertarungan keduanya, Doom hadir dengan lebih licik. Dengan menggunakan kryptonite selanjutnya, Doom menghancurkan batu hijau tersebut menjadi bentuk serpihan yang sangat kecil, dan melemparkannya kepada Superman. Dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk menghindar apalagi kabur, Superman langsung tumbang karena serpihan krypronite yang menempel di setiap pori-porinya. Sedangkan di sisi lain, Parasite juga berhasil mengalahkan Spider-Man.

Kemenangannya Digagalkan Spider-Man

Di kisah Superman and Spider-Man ini cukup jelas bahwa Superman tidak bisa berkutik di hadapan Doctor Doom. Dengan kegeniusan yang dimilikinya, Doom berhasil membuktikan bahwa dia lebih superior dari Superman, salah satu superhero terkuat di DC Universe. Namun, tidak lama setelah kekalahan Superman tersebut, ternyata Spider-Man berhasil bangkit dan membantu Superman dengan menembakan jaringnya ke tubuh sang Man of Steel, sehingga serpihan kryptonite menempel ke jaringnya dan berhasil mengelupas dari tubuh Superman.

Setelah lepas dari kelemahannya tersebut, Superman bersama Spider-Man langsung mengalahkan Parasite dan menggagalkan rencana Doom. Doom yang mengetahui bahwa dirinya dalam keadaan yang tidak menguntungkan, langsung memilih untuk kabur ke kantor kedutaan Latveria, di mana Superman dan Spider-Man tidak bisa melakukan apa-apa di wilayah penguasa Lateveria tersebut, karena mereka khawatir bisa melanggar hukum jika memaksa untuk masuk ke kantor kedutaan tersebut.

Meskipun komiknya dirilis pada era 80-an, tetapi sepenggal kisah Spider-Man dan Superman ini masih cukup menarik untuk dibahas. Karena selain aksi heroik dari kedua superhero Marvel dan DC ini, penggemar juga bisa melihat bagaimana Superman dikalahkan oleh Doctor Doom. Dan jika saja Spider-Man tidak menggagalkan rencana licik Doom, mungkin nasib Superman akan berakhir lebih buruk. Itulah kisah di mana supervillain Marvel, Doctor Doom, berhasil mengalahkan Superman dari DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.