Salah satu keunikan dari kekuatan yang dimiliki oleh Saitama dalam seri One-Punch Man adalah bagaimana dia bisa menarik perhatian orang-orang yang ada di sekitarnya. Meskipun begitu, dia tidak melakukan hal tersebut dengan sengaja. Saitama bisa dibilang sangat jarang melakukan tugasnya sebagai seorang pahlawan dan bahkan dia membunuh atau mengalahkan monster dengan satu pukulan saja.

Diantara sedikit orang yang tahu bagaimana kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Saitama adalah sosok King. Seperti halnya Saitama, dia merupakan seorang pahlawan yang tergabung dalam asosiasi pahlawan. Kedahsyatan yang sangat populer dari sosok King adalah kemampuan yang disebut sebagai King Engine. Lalu, apa sebenarnya King Engine?

Siapa King?

Menurut data yang dimiliki oleh asosiasi pahlawan, King merupakan pahlawan dari kelas S yang berada di peringkat 7. King merupakan sosok yang pendiam, namun dia memiliki wajah yang sangat mengintimidasi. King sendiri memiliki julukan “Manusia Paling Kuat di Bumi.” Julukan tersebut dia dapatkan dari orang-orang, para monster yang “melawannya,” dan juga bentuk hormat dari sesama pahlawan.

Beberapa pahlawan kelas S lainnya bahkan sempat memuji sangat tinggi sosok King. Misalnya, sosok Tatsumaki, pahlawan kelas S yang berada di peringkat 2, mengatakan dalam arc Monster Association bahwa hanya King yang bisa diandalkan dalam tugasnya karena dia mampu menjalankan semuanya dengan baik. Dia berhasil membawa para tawanan dengan selamat.

Dalam arc tersebut juga, pahlawan kelas S lainnya, Superalloy Darkshine, mengatakan bahwa ada tiga orang yang tidak bisa dianggap remeh. Pertama adalah dirinya, kemudian Tatsumaki, dan yang ketiga adalah King. Meskipun begitu, faktanya, King sama sekali tidak memiliki kekuatan super seperti yang lain.

Bahkan, dalam hal kemampuan fisik, King sama sekali tidak ada bedanya dengan orang biasa. Bahkan, bisa dibilang King justru jauh lebih lemah dibandingkan orang biasa. Lagipula, King sendiri mengaku bahwa dia hanyalah seorang pria berusia 29 tahun yang tidak memiliki pekerjaan, dan sebagian besar waktunya dia habiskan hanya untuk bermain video games. Untungnya, tidak banyak yang mengetahui mengenai hal ini.

Apa Itu King Engine?

King Engine merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sosok King. King Engine bahkan menjadi salah satu hal yang membuat dia mampu “mengalahkan” berbagai macam musuh atau ancaman yang muncul. King Engine yang dikombinasikan dengan tatapan menyeramkan dari King, serta aura yang mengintimidasi, menjadi alasan mengapa King begitu ditakuti.

Sebagian besar orang beranggapan bahwa King Engine adalah semacam kekuatan super atau senjata rahasia yang dimiliki oleh King, yang siap dilancarkan kapan pun ada musuh yang berusaha menghalanginya. Tetapi, fakta sebenarnya adalah King Engine merupakan suara kencang yang muncul dari detak jantung King.

Tidak ada hal menarik atau istimewa dari hal tersebut. Tidak ada kekuatan super dari King Engine. King sendiri sebenarnya adalah sosok yang pengecut, di mana dia bahkan tidak berani untuk menghadapi sebuah robot pembunuh yang menantangnya untuk berduel. Dengan ketakutan yang dia alami, rasa cemas, dan stress membuat degup jantungnya sangat kencang. Dan suara dari degup jantung itulah yang kemudian disebut sebagai King Engine dan menjadi “senjata” andalan dari King.

Mengapa King Ditakuti?

Terlepas dari semua kelemahan yang dimiliki oleh King, yang tidak diketahui oleh banyak orang, King sepertinya banyak ditakuti oleh sebagian pihak. Mereka yang merupakan monster atau pahlawan level rendah menjadi pihak yang menganggap tinggi atau hebat sosok King. Mengapa kemudian King begitu ditakuti?

Memang ada alasan jelas dari hal tersebut. Pertama, dan yang paling jelas, tidak banyak orang yang tahu siapa sebenarnya sosok King. King selalu bersembunyi dibalik bayang-bayang dan nama besar serta reputasinya. Meskipun King berada dalam situasi yang sulit dan terpojok, sikap tenang dan aura mengerikan yang dia keluarkan sering kali berbalik unggul untuk King.

Hanya Saitama yang mengetahui semua fakta mengenai King, karena King sendiri yang mengaku kepada Saitama tentang semuanya. Selain dari pada itu, ada juga fakta bahwa banyak orang-orang yang terlalu melebih-lebihkan informasi yang berkaitan dengan King. Misalnya, faktanya King sedang ketakutan dan berusaha untuk menyerah.

Namun, orang-orang justru melihat hal tersebut sebagai momen bagi King untuk mempersiapkan sebuah serangan dahsyat. Orang-orang juga lebih sering menganggap semua pencapaian yang dilakukan oleh Saitama, sebenarnya dilakukan oleh King. Misalnya, saat Saitama menghabisi Elder Centipede. Bang dan Bomb masih masih beranggapan bahwa hal itu dilakukan oleh King.

Terlepas dari semua hal yang ada, King Engine tetap menjadi sesuatu yang diandalkan oleh King dalam menghadapi berbagai situasi. King pun tetap menjadi salah satu karakter yang menarik dan banyak diingat oleh para fans di serinya. Di sebuah dunia yang penuh dengan orang-orang berkekuatan dahsyat, menjadi sosok “unik” seperti King tentunya menjadi warna tersendiri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.