Diperkenalkan pertama kali di komik berjudul Detective Comics #27 (1939), Bruce Wayne alias Batman adalah salah satu superhero tertua yang pernah diperkenalkan oleh DC. Memulai karier superheronya sebagai seorang detektif misterius, saat ini Batman lebih dikenal sebagai salah satu karakter DC yang paling kelam dengan kisah latar belakangnya yang tragis. Tidak berhenti sampai disitu saja, kisah-kisah Batman juga sering menghadirkan berbagai elemen kelam lainnya yang bahkan cenderung terlalu mengerikan. Berikut lima kisah Batman yang paling kelam di DC Universe!

A Death In The Family

Di mulai dengan kisah kematian seorang anggota Bat Family di komik A Death In The Family. Kisah ini menceritakan salah satu kejadian paling ikonik dalam sejarah Batman, karena untuk pertama kalinya DC memperlihatkan kematian seorang Robin. Dan Robin yang tidak beruntung tersebut adalah Jason Todd, di mana dia disiksa terlebih dahulu oleh Joker sampai akhirnya tewas. Akibat kejadian ini, Batman merasa bersalah seumur hidupnya, sampai akhirnya beberapa tahun kemudian terungkap bahwa Jason telah kembali dalam wujud anti hero Red Hood berkat Lazarus Pit.

Batman & Dracula

Meskipun Batman sudah tidak aneh dengan musuh supernatural, tetapi salah satu pengalaman terburuknya pernah diceritakan di komik trilogi Batman & Dracula. Demi mengalahkan Dracula dan pasukan vampirnya, di komik ini Batman diceritakan mengorbankan dirinya untuk menjadi vampir yang lebih kuat. Sayangnya, meskipun dia berhasil mencapai tujuannya, tetapi Batman berubah menjadi sosok haus darah yang sangat mengerikan. Untuk mengatasinya, Alfred dan Komisaris Jim Gordon diceritakan bekerja sama dengan para supervillain yang tersisa. Hasilnya, Kota Gotham berubah menjadi kolam darah yang dipenuhi mayat superhero dan supervillain.

Batman: Gothic

Selain kisah Batman dan Dracula, Batman: Gothic adalah komik lain yang menceritakan kisah Batman dengan gaya klasik. Dimulai dengan pembantaian para bos mafia di Kota Gotham oleh seorang pria misterius, Batman diceritakan terjun untuk memecahkan kasus tersebut. Namun, di luar dugaanya dia justru menghadapi seorang supervillain bernama Mr. Whisper yang menjual jiwanya kepada iblis. Dengan cerita horor yang menghadirkan beberapa elemen agama, di komik ini Batman harus bertarung dengan seorang pembunuh berdarah dingin, yang ternyata telah membunuh banyak anak kecil di Kota Gotham.

Batman: The Cult

Komik Batman: The Cult bercerita tentang sebuah kejadian mengerikan, yang dimulai dengan diculiknya Batman oleh Deacon Joseph Blackfire. Sebagai seorang pemimpin sekte agama sesat, Blackfire diperlihatkan telah menyiksa dan mencuci otak Batman dengan banyak propaganda agama, sampai akhirnya Batman sendiri menyadari kebohongan Blackfire sebagai kebenaran baru. Setelah Batman berhasil lolos dari cengkraman Blackfire dan mencoba mengakhiri hidup villain tersebut, terungkap bahwa itu semua adalah rencana Blackfire sejak awal. Yang tidak kalah mengerikannya lagi, di salah satu halaman komiknya, Blackfire terlihat mandi di kolam darah dengan dikelilingi tubuh tanpa kepala.

Arkham Asylum: A Serious House on Serious Earth

Dari sekian banyak kisah Batman di DC Comics, Arkham Asylum: A Serious House on Serious Earth adalah salah satunya yang cukup membingungkan, karena plot dan juga dialognya sangat minim. Walaupun begitu, satu hal yang disadari oleh para pembacanya adalah bahwa komik ini telah berhasil menggambarkan “kegilaan” Joker yang sebenarnya. Di mana kita seperti masuk ke dalam otak Joker yang seakan-akan membuat kita hilang akal juga. Selain itu, topik pembahasan di dalamnya juga terlalu menjijikan, karena menyangkut rudapaksa, kerasukan, dan penyakit jiwa.

Dari mulai kejadian di mana sahabat sekaligus muridnya mati, sampai momen di mana penggemar diberikan kesempatan untuk melihat isi kepala Joker, kelima kisah ini telah membuktikan bahwa kekelaman yang ada pada diri Batman bukan hanya karena disebabkan oleh masa lalunya saja. Karena sepanjang hidupnya, bisa dibilang Batman adalah salah satu karakter DC yang sering kali berhadapan dengan berbagai hal kelam nan mengerikan. Itulah lima kisah Batman paling kelam yang pernah diceritakan di DC Universe. Menurut kalian mana yang paling kelam, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.