Tahun 2022 menjadi tahun yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar Gran Turismo. Pasalnya di tahun tersebut, Sony merilis game barunya berjudul Gran Turismo 7, setelah game terakhirnya rilis tahun 2017 lalu. Seri Gran Turismo selalu ditunggu karena gamenya tidak hanya menjual sisi visual ataupun audio, tetapi juga memastikan bahwa sensasi balap yang ditawarkan terasa akurat, seperti halnya di dunia nyata. Apalagi didukung dengan kemampuan PS5 yang lebih memumpuni.

Sayangnya, setelah beberapa minggu perilisannya, Gran Turismo 7 mendapatkan skor review dari publik yang sangat buruk. Di Metacritic, website yang memperbolehkan jurnalis dan publik memberikan skor mereka untuk sebuah game, menunjukkan bahwa Gran Turismo 7 mendapatkan skor 1.7 (pada 23 Maret 2022). Itu berarti, skor yang didapatkan jauh lebih rendah dibandingkan NBA 10 The Inside yang mendapatkan skor 3.0 dan Cool Boarders 2001 yang mendapatkan skor 3.3.

Skor buruk tersebut bukan disebabkan oleh performa atau kualitas gamenya yang buruk, melainkan karena keputusan untuk menghadirkan fitur microtransaction di dalamnya, yang terasa sangat memberatkan pemain. Bayangkan saja, hadiah setelah pemain memenangkan balapan dikurangi, dan pemain akan kesulitan membeli mobil yang mereka idamkan. Untuk dapat membeli mobil idaman secara instant, pemain diberikan opsi untuk membeli Credits di gamenya, yang berarti harus menukarnya dengan uang asli.

Pemain mengeluhkan bahwa grinding di Gran Turismo 7 terasa sangat melelahkan. Bahkan ada yang menyebut bahwa untuk membeli sebuah mobil saja dibutuhkan waktu lebih dari 10 jam untuk terus melakukan balapan. Pemain juga merasa bahwa mereka seperti dipaksa membeli Credits, daripada melakukan grinding yang melelahkan. Selain karena faktor grinding yang tidak masuk akal, pemain juga mengeluhkan server Gran Turismo 7 yang sempat down selama hampir 24 jam.

Melihat banjir kritik dari para gamer, apakah Polyphony Digital akan segera menghapus fitur microtransaction tersebut? Kita tunggu aja ya Geeks. Walaupun review dari publik sangat buruk, tetapi skor Metascore yang diberikan oleh jurnalis dan media game tergolong sangat baik untuk game ini, yaitu di angka 87.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/