James Bond adalah salah satu nama karakter paling ikonik yang pernah diperkenalkan suatu waralaba. Dimulai dengan kisah aslinya yang diceritakan di berbagai novel James Bond (1953–1966) karya Ian Fleming, selama bertahun-tahun waralaba James Bond kemudian berkembang dengan novel-novel karya penulis lain, dengan banyak film pada berbagai era, dan bahkan sampai diadaptasi ke dalam banyak judul video game. Selama itu juga tidak sedikit agen yang diperkenalkan selain agen “007” James Bond, tetapi tidak terlalu banyak diekplorasi di medianya. Siapa saja mereka? Sebelum membahas para agen “00” yang lain, mari kita bahsa terlebih dahulu agen seperti apa mereka sebenarnya.

Agen Rahasia Inggris

Dari mulai novel asli karya Fleming, sampai diadaptasi ke dalam bentuk film dan video games, para agen rahasia 00 merupakan bagian dari Secret Inteligence Service alias MI6, organisasi rahasia yang mengabdikan diri pada kerajaan Inggris. Secara spesifik, agen 00 atau yang sering disebut juga “Double O” (dalam abjad) adalah agen terlatih yang diberikan keleluasaan untuk membunuh dalam setiap aksinya demi menyelesaikan sebuah misi. Perlu dicatat juga, meskipun MI6 adalah sebuah organisasi yang nyata, tetapi sejauh ini belum bisa dikonfirmasi apakah agen Double O benar-benar ada atau tidak.

Di novel pertama berjudul Casino Royale (1953), yang juga diadaptasi dalam bentuk film pada tahun 2006, Bond pernah mengatakan bahwa dia harus rela membunuh seorang pria hanya demi menyelesaikan sebuah misi. Pada titik ini sudah cukup jelas bahwa Double O adalah jabatan atau kode yang diberikan kepada seorang agen rahasia karena dia memenuhi syarat untuk menyelesaikan sebuah misi yang tidak biasa. Di mana misi tersebut dilakukan bukan hanya di negaranya saja, tetapi juga di seluruh dunia. Sekarang yang jadi pertanyaan adalah ada berapa banyak agen Double O dan siapa saja mereka?

Agen Rahasia yang Sudah Terungkap

Dengan empat belas novel ciptaannya, Fleming telah memperkenalkan agen rahasia banyak lima orang, yaitu 006, 007, 008, 009, dan 0011. Kemudian jumlah itu terus bertambah setelah karya asli Fleming dilanjutkan oleh novelis lain, termasuk yang paling konsisten adalah novelis John Gardner dan Raymond Benson. Selain puluhan novel James Bond, para agen rahasia lain juga akhirnya diperkenalkan di berbagai filmnya yang terbentang dari tahun 1962 sampai tahun 2021 lalu, di mana sekarang totalnya mencapai tiga belas agen Double O. Simak daftarnya di bawah ini:

  • Agen 001: Mempunyai nama asli Edward Donne, agen dengan nomor paling pertama ini hanya pernah disinggung di novel karya Benson, di mana 001 diceritakan menjaga kelangsungan sebuah acara konferensi perdamaian di Gibraltar.
  • Agen 002: Pertama kali dipegang oleh Bill Fairbanks yang diperlihatkan tewas tertembak dalam sebuah misi di film Thunderball (1965). Kemudian di film The Living Daylights (1987), 002 diganti oleh seorang agen bernama John yang juga tewas saat sedang melakukan pelatihan di Gibraltar.

  • Agen 003: Pertama kali terlihat dipegang oleh seorang wanita yang tidak disebutkan namanya di film Thunderball, kemudian diganti oleh seorang pria yang juga tidak disebutkan namanya di film A View to a Kill (1985) yang tewas dalam sebuah misi di Siberia. Di game Everything or Nothing (2004), 003 dipegang oleh Jack Mason yang pada akhirnya tewas dibunuh oleh villain Nikolai Diavolo.
  • Agen 004: Muncul pertama kali di novel karya Benson dan juga film Thunderball, 004 dipegang oleh seorang pria bernama Frederick Wardner. Setelah Wardner tewas dalam sebuah misi di Berlin, dia digantikan oleh wanita bernama Scarlett Papava di novel Devil May Care (2008). Di game GoldenEye 007 (1997), 004 juga pernah dipegang oleh Aidan Flemmings yang tewas karena ledakan gadgetnya sendiri di Beirut.
  • Agen 005: Di novel Colonel Sun (1968), 005 dipegang oleh seorang agen bernama Stuart Thomas yang pengelihatannya terganggu karena sebuah misi, sehingga dia dipindahtugaskan menjadi seorang kepala markas G milik MI6 di Yunani.

  • Agen 006: Di novel karya Fleming, agen 006 yang awalnya tidak disebutkan namanya digambarkan sebagai seorang mantan komandan dari angkatan laut Inggris. Kemudian di novel The Moneypenny Diaries: Guardian Angel (2005) karya Samantha Weinberg terungkap bahwa nama aslinya adalah Jack Giddings. Sedangkan di film Thunderball dan GoldenEye (1995), agen yang memegang kode 006 adalah Alec Trevelyan yang akhirnya terungkap sebagai villain utama di filmnya yang kedua.
  • Agen 007: Meskipun selama bertahun-tahun agen yang memegang kode 007 adalah James Bond, tetapi di film terbaru No Time to Die (2021) 007 dipegang oleh wanita kulit hitam bernama Nomi saat Bond diceritakan pensiun.
  • Agen 008: Di novel-novel karya Fleming, 008 dipegang oleh seorang agen bernama Bill yang digambarkan sebagai sahabat Bond sekaligus agen yang sangat berhati-hati dalam melakukan setiap misinya. Di versi filmnya, M beberapa kali mengancam Bond jika dia tidak melakukan misi dengan benar, maka posisinya akan digantikan oleh Bill.

  • Agen 009: Baik di novel maupun filmnya, tidak disebutkan siapa yang memegang kode agen 009. Dan di film Spectre (2015), ketika Q memberikan mobil Aston Martin kepada Bond yang diperankan Daniel Craig, dia mengatakan bahwa mobil canggih tersebut tadinya akan digunakan oleh 009.
  • Agen 0010: Di novel The Man with the Red Tattoo (2002) karya Benson, agen 0010 hanya disebutkan sekali serta tidak dijelaskan lebih lanjut siapa nama dan seperti apa gambaran karakternya.
  • Agen 0011: Disinggung pertama kali di novel karya Fleming, agen 0011 diceritakan menghilang ketika menjalankan misi di Singapura. Sama seperti agen 0010, nama dan seperti apa gambaran karakternya sama sekali tidak pernah diceritakan lagi

  • Agen 0012: Digambarkan sebagai seorang agen yang kasus kematiannya sedang diinvestigasi oleh Bond di novel The World Is Not Enough (1999), kode 0012 dipegang oleh agen pria berambut hitam bernama Sam Johnston.
  • Agen 0013: Meskipun tidak pernah diceritakan di novel dan film, agen 0013 pernah sempat muncul sekilas di komik Fear Face (1971), di mana kode agen tersebut dipegang oleh seorang wanita bernama Briony Thorne yang ternyata adalah seorang agen ganda dari pemerintahan Tiongkok.

Pada titik ini bisa disimpulkan bahwa kode agen tersebut tidak hanya dipegang oleh satu orang saja, karena jika orang tersebut tewas dalam sebuah misi atau pensiun dari MI6, maka dia akan digantikan oleh orang lain. Dan dalam kasus agen 007, James Bond, terakhir kali dia sudah terlihat digantikan oleh Nomi bahkan sebelum dirinya diceritakan tewas di film No Time to Die. Itulah para agen rahasia yang memegang kode “00” atau Double O di waralaba multimedia James Bond, dari mulai novel, film, sampai ke komiknya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.