Sebagai waralaba film bergenre aksi petualangan dan sejarah, banyak penggemar yang menganggap bahwa National Treasure adalah inkarnasi dari waralaba Indiana Jones versi modern. Diciptakan oleh Jim Kouf, Oren Aviv, dan Charles Segars melalui film pertamanya yang dirilis pada tahun 2004, National Treasure bercerita tentang petualangan seorang ahli sejarah bernama Benjamin Franklin Gates (Nicholas Cage), yang berusaha mencari sebuah harta karun berisi artefak, logam mulia, patung, serta benda-benda seni bersejarah.

Tanpa perlu menunggu waktu lama, kesuksesan film pertamanya langsung membuat Disney memberikan lampu hijau kepada sutradara Jon Turteltaub untuk melanjutkan waralabanya dengan sekuel yang berjudul National Treasure: Book of Secrets. Dengan Cage yang kembali mengulang perannya, film sekuel National Treasure akhirnya dirilis pada tahun 2007 silam. Meskipun sama seperti film pertamanya, di mana banyak penggemar dan kritikus yang memberikan kritik, tetapi Book of Secrets tetap dianggap sukses di bioskop karena telah meraup pendapatan sekitar 6,6 triliun rupiah.

Setelah sempat diumumkan pada tahun 2008 silam bahwa film National Treasure 3 akan segera dikembangkan, baru-baru ini, Cage berbicara kepada GQ bahwa sepertinya film ketiga tersebut akan gagal dibuat. “Ketika telepon saya berhenti berdering. saya sempat berpikir meskipun 14 tahun telah berlalu, seharusnya National Treasure 3 masih mempunyai kemungkinan [untuk digarap],” ungkap Cage. “Tetapi pada kenyataannya [film] Sorcerer’s Apprentice tidak berhasil, Ghost Rider tidak terlalu laris, kemudian Drive Angry datang dan pergi begitu saja.”

Masih dalam sesi wawancara yang sama, Cage menambahkan bahwa akan sangat sulit untuk mewujudkan film National Treasure 3. “Saya menikmati proses pembuatan film Pig dan Leaving Las Vegas lebih daripada mengerjakan film seperti National Treasure,” tambah Cage. “Ketika menyangkut seorang teman di Hollywood, saya tidak berbicara tentang [produser] Jerry [Bruckheimer], tetapi saya berbicara tentang Disney. Mereka seperti kapal raksasa. Di mana ketika sudah mulai bergerak, membutuhkan satu juta kapal derek untuk membuatnya berputar balik.”

Secara tidak langsung, Cage ingin mengatakan kepada penggemar bahwa alasan mengapa National Treasure 3 sulit untuk terwujud adalah karena Disney tidak terlalu tertarik dengan proyek tersebut, dan akan membutuhkan upaya yang sangat besar untuk mengubah keputusan Disney. Jadi dengan kata lain, saat ini cukup aman untuk menyimpulkan bahwa film National Treasure 3 tidak jadi dibuat, kecuali Disney berniat mengubah keputusannya suatu hari nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.