Doctor Strange 2, atau Doctor Strange in the Multiverse of Madness, adalah sekuel dari film Doctor Strange pertama yang dirilis pada tahun 2016 silam. Dan di Fase 4 Marvel Cinematic Universe kali ini, dengan tema multiverse yang “menggila”, sepertinya film Doctor Strange 2 akan membawa banyak pembaruan, baik terhadap MCU secara keseluruhan, maupun kepada kisah Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) sendiri.

Di film pertamanya, Strange diceritakan mendapatkan gelar sebagai Sorcerer Supreme setelah Ancient One diceritakan tewas saat Dormammu dan pasukannya dari Dark Dimension menginvasi Bumi. Tidak lama setelah kejadian tersebut, Thanos diceritakan menjentikan jarinya di film Avengers: Infinity Wars, dan melenyapkan setengah kehidupan di alam semesta termasuk Strange. Wong yang tidak mempunyai pilihan kemudian mengambil alih gelar Sorcerer Supreme saat Strange diasumsikan tewas, seperti yang dijelaskan di film Spider-Man: No Way Home.

Namun, berdasarkan apa yang diceritakan di materi aslinya, yaitu Marvel Comics, sebenarnya pemilihan Sorcerer Supreme tidak sesederhana itu. Banyak penggemar setia Marvel yang berasumsi bahwa ketika gelar tersebut dipegang oleh Strange dan kemudian oleh Wong, sebenarnya itu hanya bersifat sementara dan “tidak resmi”, hanya sekadar untuk menutupi keabsenan Sorcerer Supreme setelah Ancient One tewas. Itulah mengapa, kali ini mari kita bahas teori bahwa di film Doctor Strange 2 nanti, sosok yang “bertanggung jawab” akan muncul dan pemilihan Sorcerer Supreme yang sebenarnya.

Pemilihan Sorcerer Supreme di Marvel Comics

Di Marvel Comics sendiri ada banyak sekali orang yang terpilih menjadi Sorcerer Supreme, termasuk Agamotto, Ancient One, dan Doctor Strange. Namun, mereka semua tidak memegang gelar tersebut secara bersamaan dan tidak memilih penerusnya berdasarkan kehendak dari Sorcerer Supreme sebelumnya. Di novel grafik Doctor Doom: Triumph & Torment, diceritakan bahwa ada tiga entitas baik hati yang mendedikasikan dirinya untuk melindungi Bumi dan dimensinya, mereka adalah Oshtur, Hoggoth, dan Agamotto, yang menyebut diri mereka sebagai bagian dari Vishanti.

Sebagai Vishanti pertama, Osthur yang merasa bahwa para Elder God, seperti Chthon dan Shuma-Gorath, dapat membawa kehancuran di muka Bumi, kemudian mencoba untuk “mencampuri” urusan dunia dengan memilih Sorcerer Supreme untuk melindunginya, bersama anaknya, yaitu Agamotto, dan juga Hoggoth. Sementara Hoggoth menciptakan sebuah buku sakti yang disebut Book of the Vishanti, Agamotto bertugas untuk memilih seorang Sorcerer Supreme, yang biasa dilakukan melalui sebuah turnamen sihir.

Dan setelah seorang Sorcerer Supreme terpilih, Oshtur akan memberkahi sosok tersebut dengan kebijaksanaan, kemudian Agamotto akan memberikan pengetahuan, dan Hoggoth akan memberikan kekuatan. Di komiknya, Strange terpilih menjadi Sorcerer Supreme setelah dirinya berhasil membuktikan diri dengan mengalahkan Elder God Shuma-Gorath, lalu kemudian gelarnya direvisi dengan sebuah pertarungan turnamen antara dirinya melawan Doctor Doom. Pada titik ini akhirnya Strange yang berhasil keluar sebagai pemenang, dengan “sah” telah menjadi Sorcerer Supreme.

Sorcerer Supreme Baru di Doctor Strange 2

Tanpa disadari oleh banyak orang, sebenarnya Marvel telah mengisyaratkan keterlibatan Elder God di MCU. Di serial WandaVision, penggemar bisa melihat bahwa ada sebuah buku sakti sekaligus kutukan yang disebut “Darkhold”, di mana di Marvel Comics sendiri buku tersebut berhubungan dengan Elder God Chthon yang merupakan sumber dari semua Chaos Magic, termasuk yang dimiliki oleh Scarlet Witch. Selain itu, Shuma-Gorath juga tampaknya telah menampakan diri di trailer Doctor Strange 2, yang kabarnya nama monster gurita kosmik tersebut akan diganti menjadi Gargantos.

Dan teori tentang pemilihan Sorcerer Supreme baru di Doctor Strange 2 nanti, muncul setelah salah satu poster filmnya memperlihatkan sebuah buku misterius. Situs The Cosmic Circus bahkan mengklaim bahwa mereka yakin buku di latar poster Doctor Strange 2 tersebut adalah Book of Vishanti. Dengan fakta yang ada di Marvel Comics, dan juga beberapa petunjuk ini, sangat mungkin bahwa para Vishanti akan muncul, termasuk Osthor, Hoggoth, dan Agamotto yang dikomiknya adalah Sorcerer Supreme pertama. Di mana nantinya mereka akan memilih Sorcerer Supreme dengan cara yang sah.

Baik Strange dan juga Wong, nantinya mungkin akan terlibat dalam sebuah turnamen sihir yang diungkap langsung oleh para Vishanti, atau juga mungkin secara sembunyi-sembunyi dengan membuat masalah multiverse sebagai arenanya. Ditambah lagi, di trailernya Strange juga terlihat melawan Shuma-Gorath / Gargantos seperti di komiknya. Jika teori ini benar, Sorcerer Supreme baru yang dimaksud adalah Doctor Strange sendiri, tetapi setelah melalui cara yang sah menurut para Vishanti.

Kita lihat saja nanti kebenarannya, karena sepertinya akan sangat menarik sekaligus mind blowing, jika film Doctor Strange in the Multiverse of Madness sebenarnya dimaksudkan untuk mengukuhkan posisi Doctor Strange sebagai Sorcerer Supreme yang benar-benar layak. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness sendiri akan segera bisa kita saksikan di bioskop Indonesia pada 4 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.