Pasca perilisan chapter 1037 kemarin, para fans One Piece tidak berhenti membahas mengenai apa yang terjadi di chapter tersebut. Hal tersebut sepertinya memang wajar karena ada banyak hal menarik dan penting yang dihadirkan di chapternya. Salah satu yang menarik yang muncul dalam chapter tersebut adalah munculnya tentang buah iblis legendaris.

Dalam chapternya, diperlihatkan bagaimana para Gorosei membahas tentang buah iblis legendaris yang sudah sejak ribuan tahun belum dibangkitkan kekuatannya. Bahkan, menurut Gorosei sendiri pun buah iblis legendaris tersebut selama ini menggunakan nama palsu alias bukan nama yang sebenarnya. Para fans pun mencoba untuk menerka-nerka apa buah iblis legendaris yang dimaksud oleh Gorosei tersebut.

Sebagian fans menduga bahwa buah iblis yang dimaksud Gorosei adalah Gomu Gomu no Mi milik Luffy. Ada juga yang menduga bahwa buah iblis tersebut merupakan buah iblis milik Toki yaitu Toki Toki no Mi. Ada juga yang memprediksi bahwa buah iblis tersebut adalah Hana Hana no Mi atau Kibi Kibi no Mi.

Namun, ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa buah iblis yang dimaksud oleh Gorosei adalah Yami Yami no Mi milik Blackbeard. Seperti yang sudah kita ketahui, Yami Yami no Mi adalah buah iblis berjenis Logia yang dimakan oleh Blackbeard setelah dia tega membunuh rekannya sendiri, Thatch, dan akhirnya menjadi pengkhianat di kru bajak laut Whitebeard.

Lalu, apa yang membuat buah iblis Yami Yami begitu spesial sehingga dianggap sebagai buah iblis legendaris yang dibicarakan oleh Gorosei? Ada beberapa kemampuan dari buah iblis ini yang sudah diketahui sejauh ini. Pertama, buah iblis Yami Yami mampu menciptakan sebuah pusaran kegelapan yang mampu menghisap apa pun, mulai dari benda hidup sampai benda mati.

Kedua, kegelapan yang diciptakan oleh buah iblis ini pun mampu berbentuk atau berwujud, seperti mampu dibentuk sebagai sebuah proyektil atau pun digunakan untuk mencengkram musuhnya. Ketiga, kemampuan yang paling mengerikan dari Yami Yami no Mi adalah bagaimana buah iblis ini mampu menetralkan kemampuan buah iblis lain.

Buah iblis ini juga diketahui tidak memiliki kelemahan, terutama dalam hal cahaya. Berbeda dengan Kage Kage no Mi milik Moria, yang justru lemah terhadap cahaya atau matahari. Dengan semua kedahsyatan buah iblis Yami Yami, rasanya memang wajar jika kemudian pihak Gorosei ketakutan dengan kekuatan buah iblisnya.

Dan menurut teorinya sendiri ada kemungkinan bahwa nama asli buah iblis tersebut bukan Yami Yami no Mi, melainkan Void Void Fruit. Jika kemudian hal ini benar, maka ucapan Blackbeard yang menybutkan bahwa “kegelapan adalah gravitasi” terbukti. Hal ini dikarenakan buah iblisnya akan menciptakan “kekosongan/void” yang menyerap dan menghancurkan gravitasi di sekitarnya.

Dan ini pun akan menjelaskan mengapa kemudian buah iblisnya mampu menetralkan kemampuan buah iblis lain, karena Yami Yami no Mi mampu membuat mereka “kosong.” Dengan daya hancur yang luar biasa, asumsiĀ  bahwa buah iblis Yami Yami adalah buah iblis legendaris yang dibicarakan Gorosei rasanya memang cukup masuk akal.

Jika kekuatan biasa dari Blackbeard saat ini pun sudah sangat berbahay dan mengerikan, tentunya bisa dibayangkan seperti apa kedahsyatan dari Blackbeard ketika Yami Yami no Mi tersebut berhasil dibangkitkan kekuatannya. Masih belum ada konfirmasi resmi bagaimana buah iblis Logia ketika berhasil dibangkitkan kekuatannya. Namun, mungkin kita bisa berkaca dari Hie Hie no Mi dan Magu Magu no Mi.

Kebangkitan buah iblis Logia mungkin akan memengaruhi sekitarnya, dan peningkatan jarak serang juga kemungkinan akan meningkat. Mungkin, ketika buah iblis Yami Yami berhasil dibangkitkan, Blackbeard akan mampu menghisap seluruh kota atau bahkan pulau dalam kegelapan. Maka, logikanya buah iblis ini buah hanya menjadi ancaman bagi Pemerintah Dunia, melainkan bagi seluruh dunia.

Namun, yang menarik adalah mengapa kemudian Blackbeard harus mengincar buah iblis Gura Gura? Apakah dia tidak tahu potensi besar dari buah iblis Yami Yami? Jika melihat fakta tersebut, ada kemungkinan jika Blackbeard tidak tahu potensi besar dari buah iblisnya. Tetapi, kemungkinan Blackbeard tetaplah Blackbeard.

Dia tidak akan puas dengan kekuatan yang sudah dia miliki, meskipun kekuatan tersebut sudah sangat dahsyat sehingga dia memutuskan untuk mencuri Gura Gura no Mi dari Whitebeard. Jika kemudian teorinya terbukti, maka rasanya Blackbeard bisa menjadi musuh yang paling kuat yang akan dihadapi oleh Luffy pada masa yang akan datang, bahkan mengalahkan Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.