Middle-earth adalah sebuah lokasi yang menjadi latar dari sebagian besar kisah yang diciptakan oleh J.R.R. Tolkien, termasuk The lord of the Rings. Pada dasarnya Middle-earth sendiri adalah sebutan untuk dunia yang dihuni oleh manusia, sama seperti Midgard dari mitologi Nordik yang mengacu pada planet Bumi. Mengingat betapa luasnya Middle-earth, di mana di dalamnya hidup berbagai macam ras dan juga makhluk-makhluk sihir, banyak sekali misteri yang sulit untuk dijelaskan bahkan sampai sekarang.

Dan salah satunya yang paling sering ditanyakan oleh para penggemar setia karya-karya Tolkien, baik yang sudah diadaptasi dalam bentuk film maupun yang masih asli dari novelnya, adalah siapa makhluk yang paling pertama menginjakan kaki di Middle-earth? Ada yang mengatakan Treebeard, dan sebagian lagi ada juga yang menganggap bahwa Tom Bombadil adalah yang paling tua. Tanpa basa-basi lagi, berikut penjelasan dari materi aslinya untuk menjawab pertanyaan sulit tersebut!

Treebeard, Ent Tertua Di Middle-Earth

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pertanyaan tentang “siapa yang paling tua di Middle-earth?” adalah salah satu pertanyaan yang sering memicu perdebatan di kalangan penggemar. Dan salah satu kandidat yang paling sering disebutkan oleh penggemar adalah Treebeard, pohon hidup tertua dari ras Ent yang telah hidup sejak lama di Middle-earth. Dikenal juga dengan sebutan Fangorn, Treebeard adalah pohon kuno yang dianggap sebagai “juru selamat” dari pohon-pohon yang hidup di Middle-earth.

Tidak ada yang mengetahui kapan Treebeard lahir, tetapi dilihat dari ukurannya yang sangat besar dan penampilannya yang tua renta serta kaku, cukup jelas bahwa dia telah hidup berabad-abad. Ditambah lagi, kulit kayunya terlihat sangat kering, kemudian banyak daun dan lumut di tubuhnya yang membentuk berewok panjang, serta tidak jarang juga tubuhnya ditumbuhi jamur-jamur langka yang usianya mencapai puluhan tahun.

Alasan mengapa banyak yang menganggap Treebeard paling tua sebenarnya cukup sederhana. Di novel The Two Towers (1954), Gandalf menyebut Treebeard sebagai “Yang tertua dari Ent, makhluk hidup tertua yang masih berjalan di bawah matahari Middle-earth.” Kemudian di novel The Return of the King (1955), Raja elf Celeborn memanggil Treebeard sebagai “Eldest” atau tertua. Itulah mengapa di Middle-earth sendiri banyak yang menanggilnya Eldest atau Oldest.

Bombadil, Hidup Sepanjang Sejarah

Namun, selain Treebeard ada kandidat lain yang tidak kalah populer, yaitu Tom Bombadil. Sebagai makhluk yang misterius, tidak ada yang tahun siapa sebenarnya Bombadil. Karena walaupun penampilannya mirip seperti manusia, tetapi dia tidak berasal dari ras mana pun. Bombadil hidup di kedalaman Old Forest dan sering terlihat juga sedang menari-nari di dekat sungai Withywindle. Banyak sekali yang terkecoh dengan penampilan ramahnya, padahal ketika di wilayahnya, Bombadil adalah makhluk yang sangat sakti.

Alasan mengapa banyak yang bertaruh bahwa Bombadil adalah makhluk tertua di Middle-Earth, adalah karena sebuah potongan dialog dalam novel The Fellowship of the Ring (1954). Ketika empat Hobbit, yaitu Frodo Baggins, Sam Gamgee, Pippin Took, dan Merry Brandybuck, bertemu dengan sosok penuh teka-teki ini, Bombadil mengatakan kepada mereka, “Eldest, itulah aku. Tom sudah berada di sini bahkan sebelum sungai dan pohon-pohon.”

Meskipun perkataannya terdengar seperti klaim yang sulit untuk dibuktikan, tetapi berdasarkan pengetahuannya, cukup jelas bahwa Bombadil telah hidup di sepanjang sejarah Middle-earth. Untuk meyakinkan para Hobbit, Bombadil bahkan menambahkan, “Tom mengingat semuanya termasuk rintik hujan pertama dan biji pohon ek pertama. Tom masih ingat rasanya hidup di bawah gelapnya bintang-bintang ketika tidak ada rasa takut, jauh sebelum Dark Lord datang dari luar [Middle-earth].” Dan pada titik ini tidak ada alasan untuk meragukan perkataan dari Bombadil yang misterius.

Tertua Di Antara Treebeard dan Bombadil?

Berdasarkan sejarah dari kedua makhluk ini, cukup jelas bahwa keduanya memang dijuluki sebagai “tertua”. Namun, ketika pertanyaan mengerucut pada “siapa yang lebih tua di antara Treebeard dan Bombadil?” sepertinya Bombadil lebih tua untuk beberapa alasan. Pertama, dalam pertemuan rahasia Council of Elrond, Bombadil sempat disebut sebagai “yang terakhir dan yang pertama”, “lebih tua dari yang paling tua”, dan “tertua serta tidak diperanakan (tidak punya orang tua)”.

Kedua, Tolkien sendiri pernah mengirim surat kepada penggemar pada tahun 50-an dan menyebutkan Tom Bombadil sebagai “Eldest in Time” atau yang tertua dari waktu itu sendiri. Berdsarkan semua petunjuk tersebut, cukup aman untuk mengatakan bahwa Bombadil dan semua sejarahnya adalah yang paling tua di Middle-Earth. Itulah pembahasan mengenai siapa sebenarnya makhluk paling pertama dan paling tua yang hidup di Middle-earth. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.