Harry Potter adalah sebuah waralaba film populer yang mengadaptasi cerita dari novel berjudul sama karya J.K. Rowling. Dimulai dengan film pertamanya yang berjudul Philosopher’s Stone (2001), waralabanya makin berkembang dengan tujuh film sekuel yang ditutup dengan film terakhir berjudul The Deathly Hallows – Part 2 (2011). Saat ini bahkan Warner Bros. masih terus memperluas semesta Wizarding World-nya dengan waralaba film prekuel, yaitu Fantastic Beast yang naskahnya ditulis langsung oleh Rowling.

Berkat kesuksesan waralaba Harry Potter, para aktor muda seperti Daniel Radcliffe yang berperan sebagai Harry, Emma Watson sebagai Hermione Granger, dan Rupert Grint sebagai Ron Weasley, pada akhirnya menjadi makin dikenal di seluruh dunia. Meskipun kisah utama filmnya telah berakhir, tetapi karena Rowling kembali melanjutkan novelnya dengan kisah Harry Potter and the Cursed Child yang dirilis pada tahun 2016, banyak penggemar yang berharap trio penyihir tersebut kembali ke layar lebar.

Sayangnya, dalam sesi wawancara terbarunya dengan The New York Times, Radcliffe mengungkapkan bahwa untuk saat ini dirinya masih enggan untuk kembali ke Hogwarts. Ketika ditanya bagaimana pendapatnya terhadap ide proyek film The Cursed Child, aktor berkebangsaan Inggris ini merasa bahwa dia masih belum tertarik untuk melakukannya. Walaupun begitu di akhir pernyataanya Radcliffe mengatakan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di industri perfilman Hollywood seperti sekarang ini.

“Mungkin ini bukan jawaban yang diinginkan oleh semua orang. Tetapi [saat ini] saya merasa telah kembali dan bisa meninkmati hidup saya, karena itu [Harry Potter] sudah bukan lagi menjadi kegiatan saya sehari-hari,” ungkap Radcliffe. “Saya telah mencapai titik di mana saya meninggal [karakter] Potter dengan baik dan saya senang dengan keadaan saya sekarang. Sehingga untuk kembali lagi hal tersebut akan mengubah hidup saya. Tetapi tidak ada yang tidak mungkin, yang jelas untuk saat ini saya masih belum tertarik.”

Pernyataan Radcliffe ini mungkin akan membuat para penggemar setia Harry Potter bersedih. Namun, apa yang dikatakannya cukup bisa dimaklumi, mengingat ketika masih menjadi bagian dari waralabanya, Radcliffe telah menghabiskan sepuluh tahun masa mudanya untuk menjadi Harry Potter. Meskipun untuk saat ini dia enggan untuk membintangi The Cursed Child, mungkin saja dalam beberapa tahun ke depan Radcliffe akan berubah pikiran dan kembali lagi beraksi sebagai Harry Potter yang telah dewasa.