Justice League adalah salah satu tim terbaik yang pernah diceritakan dalam sejarah DC Universe. Didirikan oleh superhero populer pada tahun 1960 di komik DC The Brave and the Bold, Justice League tumbuh menjadi tim yang paling terkenal dan bisa juga dibilang sebagi tim paling besar jika mengacu pada jumlah superhero yang pernah tergabung di dalamnya. Namun sepanjang sejarahnya, ternyata tim super ini juga pernah “menolak” beberapa superhero tangguh untuk bergabung dengan mereka. Siapa saja yang pernah ditolak oleh Justice League? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Hitman

Hitman adalah salah satu superhero nyeleneh yang ada di DC Universe. Mempunyai nama asli Thomas Monaghan, superhero yang sangat setia pada kebaikan ini terkenal karena mempunyai kemampuan telepati. Namun, hal tersebut tidak pernah menjadi pertimbangan Justice League ketika Hitman datang ke markas JL dan meminta untuk bergabung dengan mereka. Karena sikapnya yang nyeleneh, seperti menggoda Wonder Woman dan juga berkata kasar di markas JL, pada saat itu para superhero sepakat untuk menolaknya, dan yang paling vokal di antara semuanya adalah Batman.

Hawkgirl

Mempunyai nama asli Shayera Hol, Hawkgirl adalah superhero wanita yang berasal dari planet Thanagar bersama suaminya yang bernama Katar Hol alias Hawkman. Meskipun saat ini Hawkgirl terkenal sebagai salah satu anggota Justice League di animasi Justice League Unlimited, tetapi versi komiknya pernah ditolak oleh JL pada tahun 60-an. Pada saat itu JL menerapkan aturan yang sangat ketat, yaitu hanya boleh ada dua belas anggota dan tidak boleh ada yang kekuatannya sama. Karena JL lebih dahulu menerima Hawkman, pada saat itu Atom meminta maaf kepada Hawkgirl karena JL tidak bisa menolaknya untuk bergabung.

Green Arrow

Selain Hawkgirl, superhero populer lain yang pernah diceritakan ditolak oleh Justice League adalah Green Arrow. Meskipun selama bertahun-tahun sejak debutnya dia digambarkan sebagai anggota resmi Justice League, Oliver Queen alias Green Arrow mendapatkan kisah baru di era New 52, di mana dia mencoba bergabung dengan Justice League dengan mengikuti audisi sampai beberapa kali. Namun, alih-alih dia diterima karena potensinya sebagai pemanah hebat, Green Lantern terus-menerus menolaknya tanpa alasan yang jelas. Pada saat itu banyak penggemar yang merasa kisah penolakan tersebut sangat aneh, karena di kisah lainnya Green Arrow dan Green Lantern adalah sahabat yang sangat dekat.

Raven

Raven adalah salah satu penyihir paling sakti di DC Universe yang dikenal sebagai anak dari raja iblis Trigon. Dengan kekuatan iblis yang diwariskan dari ayahnya tersebut dia telah terbukti sangat berguna bagi tim super seperti Teen Titans. Namun, hal tersebut tidak berlaku dengan Justice League, karena dalam salah satu kisah DC pada tahun 80-an Raven pernah ditolak oleh tim super terbaik dari DC tersebut. Sebelum bergabung dengan Teen Titans, Raven pernah mencoba untuk bergabung dengan JL terlebih dahulu, sayangnya, dia langsung ditolak mentah-mentah oleh Zatanna yang merasakan kekuatan iblisnya.

Crusader

Dalam salah satu kisah Aquaman pada tahun 70-an, ada seorang superhero baru pengguna pedang bernama Crusader yang terkenal sangat brutal ketika beraksi. Dalam salah satu halaman, Crusader mengklaim bahwa dirinya pernah ditolak oleh Justice League karena terlalu sadis untuk berada di tim super tersebut. Sampai akhirnya karakter Crusader diceritakan tewas karena terjatuh, di mana wajahnya terungkap dan tidak ada seorang pun yang mengenalnya, dia tidak pernah lagi diceritakan bertemu dengan Justice League apalagi sampai bergabung dengan para superhero di dalamnya.

Itulah lima superhero yang terbukti pernah ditolak oleh Justice League untuk bergabung dengan mereka. Secara kekuatan dan popularitas, sebenarnya kelima superhero ini cukup layak untuk bergabung dengan Justice League. Namun, sayangnya ada banyak faktor yang menentukan proses rekrutmen dari Justice League, dan pada saat itu kelima karakter ini berada pada saat yang kurang beruntung sehingga mereka ditolak. Bagaimana, Geeks, apakah kalian setuju dengan keputusan Justice League untuk menolak kelima superhero ini?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.