Tony Stark adalah salah satu dari sekian banyak superhero yang dikenal sangat cerdas. Namun, jika menyangkut kekayaan, tidak banyak yang bisa menyainginya. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai inovasi dan penemuan canggih yang membantu peradaban Bumi dan bahkan para superhero di Marvel Universe. Saking kayanya, superhero yang menamai dirinya Iron Man ini pernah membuang-buang uangnya untuk menciptakan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu, bahkan lebih cenderung “konyol”. Apa saja penemuan konyol yang pernah diciptakan oleh Iron Man? Simak di bawah ini, Geeks!

Sepatu Roda Jet

Tidak diragukan lagi bahwa armor Iron Man adalah salah satu ciptaan terbaik dari Tony Stark. Namun, dari sekian banyak armor dan fitur di dalamnya, ada satu alat yang sebenernya tidak begitu dibutuhkan oleh armornya, yaitu sepatu roda bertenaga jet. Penggemar setia komik Avengers dan Iron Man, pasti pernah melihat dia menggunakan fitur yang satu ini. Meskipun tampak menyenangkan untuk menggunakannya, tetapi sepatu roda jet ini tidak lebih canggih dari booster di kakinya yang mampu membuat Iron Man terbang dan bergerak lebih cepat, baik di darat maupun di udara.

Soccer Robot

Benda berikutnya yang pernah menghabiskan uang Tony untuk tujuan konyol adalah Soccer Robot atau Dancing Robot. Saat dirinya diceritakan masih muda, Tony pernah mengikuti turnamen robotika. Untuk membuktikan kecerdasan dan kekayaannya, serta ambisinya terhadap segala sesuatu yang bersifat hiburan, dia menciptakan puluhan robot yang bisa bermain bola. Dan karena Soccer Robot ini terinspirasi dari bintang sepak bola Pelé, ketika musik diputar robot-robot ini langsung melakukan gerakan akrobatik dan menari, seakan-akan bangga dengan dirinya sendiri.

Stark Special

Jika Soccer Robot masih belum cukup konyol, Stark Special adalah benda yang lebih konyol lagi dari itu. Karena bukan hanya sekadar diciptakan berdasarkan ambisi Tony saja, tetapi Stark Special yang berbentuk mobil balap ini diciptakan khusus untuk membuatnya tampak lebih baik dari orang lain. Merasa hobinya pada balapan perlu disalurkan, dia kemudian menciptakan sebuah mobil balap “Stark Special” yang akan selalu membuatnya berada di urutan terdepan. Namun, saking senangnya melakukan balapan, Tony jadi lupa untuk mengisi ulang daya Arc Reactor yang memompa jantungnya, sehingga dia terkena serangan jantung dan hampir tewas karena terlibat kecelakaan. Konyol sekali bukan.

Bir Stark

Dalam salah satu kisah di Marvel Comics, para anggota Fantastic Four pernah diceritakan menemukan alat super canggih yang disebut Multisect, di mana alat ini bisa membawa penggunanya untuk melintasi Multiverse Marvel. Dan pada saat yang bersamaan, Tony juga mengumumkan kepada dunia tentang penemuannya yang digadang-gadang akan membuat manusia lebih maju, penemuan tersebut adalah Stark Ale atau Bir Stark. Alih-alih menciptakan benda canggih, Stark malah menghabiskan uangnya untuk menciptakan sebuah produk bir yang tidak mengandung alkohol. Mungkin dia terinspirasi bir pletok.

Pispot Canggih

Dari Marvel Universe, sekarang kita beralih ke MCU, di mana Iron Man versi Robert Downey Jr. ini menciptakan sebuah fitur konyol di armornya. Ketika dirinya diperlihatkan menghadiri sebuah sesi wawancara, seorang wartawan bertanya bagaimana dia melakukan buang air besar dan buang air kecil ketika tengah mengenakan armornya? Tony berdiam sesaat sambil memjamkan matanya, lalu mengatakan “seperti itu.” Ternyata di dalam armor ada fitur pispot yang membuat Tony bisa buang air kecil dan besar tanpa perlu menanggalkan armornya. Praktis sih, tetapi terlalu jorok untuk dipraktekan.

Terlepas dari versi Marvel Universe atau MCU, karakter Tony Stark alias Iron Man relatif sama saja, di mana dia tidak akan segan-segan menghabiskan uangnya hanya sekadar untuk menjawab rasa penasarannya. Dan mungkin karena dia mempunyai banyak waktu luang juga, sehingga Iron Man sering kali menciptakan benda-benda konyol yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Itulah lima benda konyol kreasi Iron Man yang pernah tercatat dalam sejarah Marvel.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.