Ketika berbicara tentang Power Rangers, pikiran penggemar otomatis akan langsung mengingat para Ranger dengan warna-warna ikoniknya, termasuk merah, biru, hijau, hitam, putih, kuning, dan merah muda. Serta cukup jelas juga bahwa dari sekian banyak kisah Power Rangers, Ranger “merah” selalu menjadi pilihan ketika kita berandai-andai bahkan berdebat dengan teman kecil tentang posisi Ranger yang diinginkan.

Hal tersebut bisa terjadi karena Ranger merah selalu tampil lebih mencolok daripada yang lain. Bukan hanya sekadar berdiri di tengah, tetapi dia juga sering diceritakan sebagai pemimpin dari para Ranger lainnya, bahkan dalam beberapa kesempatan tidak jarang juga Ranger merah diperlihatkan mempunyai senjata, jurus, dan Zord yang lebih menarik. Di mana setelah dewasa, skenario tersebut menjadi sesuatu yang sering membuat kita penasaran dan bertanya-tanya, mengapa selalu Ranger merah yang memimpin?

Lebih Hebat dari Ranger Lain

Pertanyaan tentang mengapa selalu Ranger merah yang memimpin adalah persoalan yang sudah sejak lama dibahas oleh para penggemar setia Power Rangers. Dan untuk menjawab hal tersebut sebenarnya tidak ada penjelasan resmi dari penerbit dan juga studio yang mengembangkan tayangannya. Namun, satu-satunya alasan tersirat yang pernah diceritakan di hampir setiap kisah Power Rangers adalah fakta Ranger Merah biasanya digambarkan paling kuat dengan Zord paling banyak, bahkan mempunyai Megazord utamanya sendiri.

Sebagai contoh, di serial Power Rangers Samurai (2011), Ranger merah dari Jayden Shiba (Alex Heartman) mempunyai total empat Zord (Lion, Tiger, Bull, dan Shark). Sedangkan Ranger emas dari Antonio (Steven Skyler) mempunyai total tiga Zord (Claw, Octo, dan Light), Ranger biru dari Kevin (Najee De-Tiege) mempunyai total dua Zord (Dragon dan Swordfish), Ranger hijau dari Mike (Hector David, Jr.) mempunyai total dua Zord juga (Bear dan Beetle), Ranger merah muda dari Mia (Erika Fong) hanya mempunyai Zord Turtle, dan terakhir Ranger kuning dari Emily (Brittany Anne Pirtle) hanya mempunyai Zord Ape.

Selain itu, Ranger merah di Power Rangers Samurai juga tercatat sebagai satu-satunya Ranger yang mengendalikan dua Megazord, yang pertama adalah Samurai Megazord bersama para Ranger lain dan yang kedua adalah Bull Megazord yang dia kendalikan sendiri. Belum lagi ketika para Meza bergabung menjadi Gigazord, dan para Giga bergabung menjadi Ultrazord, Ranger Merah masih menjadi bagian di dalamnya. Pada titik ini cukup jelas bahwa Ranger merah adalah yang paling hebat di antara Ranger lain.

Makna Warna Ranger Merah

Jika kehebatan Ranger merah sudah bisa menjawab mengapa dia selalu memimpin, sekarang yang jadi pertanyaan adalah mengapa “merah” selalu menjadi warna dari pemimpin Power Rangers? Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya cukup sederhana, karena Power Rangers adalah serial adaptasi Amerika yang berasal dari kisah asli Super Sentai Jepang. Itulah mengapa warna Ranger merah selalu mencolok dari warna Ranger lain, karena di Jepang sendiri warna merah adalah warna heroik.

Secara filosofi, warna merah di Jepang sering dihubungkan dengan api, kekuatan, gairah, kehormatan, dan sebagainya. Jadi bisa dibilang Ranger merah adalah Ranger yang paling kuat dan paling terhormat di Power Rangers. Ditambah lagi dalam budaya umum di seluruh dunia, tanpa terkecuali di Indonesia, merah adalah warna dominan yang melambangkan keberanian. Berdasarkan arti dari warna tersebut, cukup masuk akal jika pada akhirnya Ranger merah menjadi Ranger yang mengisi kursi kepemimpinan di tim super tersebut.

Meskipun ada beberapa kisah Power Rangers di mana Ranger lain yang memimpin, seperti Ranger putih Tommy di Mighty Morphin (1993) atau Ranger merah muda di Time Force (2001), tetapi secara keseluruhan Ranger merah adalah pemimpinnya yang tidak bisa diganggu gugat. Dan kemungkinan besar yang kita bahas kali ini adalah alasannya. Itulah pembahasan jawaban mengenai mengapa Power Rangers Merah selalu menjadi pemimpin Power Rangers.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.