Star Wars merupakan waralaba multi media dengan jagat sinematik yang terbentang sangat luas sampai ke ujung galaksi. Dan di dalam semesta yang sangat besar tersebut terdapat banyak sekali karakter yang umumnya terbagi menjadi dua pihak yang saling bertempur, yaitu Dark Side dan Light Side. Dalam pertempuran yang seakan-akan tidak pernah ada habisnya ini, beberapa karakter telah terbukti menorehkan namanya sebagai orang yang paling banyak membunuh di galaksi Star Wars. Siapa saja mereka? Berikut lima karakter Star Wars yang tercatat paling banyak membunuh!

Arvel Crynyd

Dijuluki sebagai Green Leader, Arvel Crynyd adalah pemimpin pasukan pilot A-Wing yang disebut The Green Squadron. Dalam pertempuran Endor, setelah Han Solo meledakan generator pelindung Death Star kedua, Arvel dan Green Squadron-nya langsung menyerang planet penghancur tersebut. Dalam prosesnya, ternyata A-Wing milik Arvel ditembak jatuh. Dan di detik-detik terakhir agar dirinya tidak mati sia-sia, Arvel membelokan A-Wingnya ke salah satu Star Destroyer, sehingga pesawat raksasa tersebut jatuh menghantam Death Star dan membunuh ratusan ribu pasukan Galactic Empire.

Amilyn Holdo (673.855 jiwa)

Sebagai sahabat Leia Organa, Amilyn Holdo adalah seorang politikus wanita sekaligus komandan pejuang kemerdekaan yang bertugas di Galactic Alliance untuk memulihkan Republic dan juga Resistance. Dengan latar belakangnya tersebut, sebelum dirinya tewas Amilyn sempat melakukan pengorbanan heroik dengan menabrakan pesawat Resistance yang dipimpinnya ke pesawat milik Snoke dengan kecepatan cahaya, tepatnya di film Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi (2017). Akibatnya dia berhasil membunuh anak buah Snoke dan pasukannya sendiri yang konon jumlahnya dua kali lipat dari korban Arvel.

Orson Callan Krennic (11.300.019 jiwa)

Orson Callan Krennic adalah salah satu direktur Imperial Military Department of Advanced Weapons Research, yang bertanggung jawab atas terciptanya senjata super mematikan yang disebut Death Star. Sebagai villain di film Rogue One: A Star Wars Story (2016), Orson digambarkan sebagai sosok yang ambisius dan juga kejam, dia tidak akan segan-segan membunuh anak buahnya sendiri jika mereka tidak menuruti perintahnya. Dengan latar belakangnya tersebut, termasuk sebagai pencipta Death Star, Orson tercatat telah membunuh lebih dari sepuluh juta jiwa di galaksi.

Darth Nihilus (6.556.396.720 jiwa)

Dalam sejarah panjang pengguna Force di galaksi, Darth Nihilus adalah salah satu Dark Lord of the Sith yang hidup pada era di mana pertempuran antar Jedi terjadi. Dikenal sebagai salah satu pengguna Dark Sider of the Force yang berbahaya, Nihilus diceritakan sangat haus akan kekuatan. Dalam proses pencarian kekuatannya tersebut, dia sering diceritakan terbang di atas sebuah planet, termasuk planet Miraluka, untuk menyerap semua energi kehidupan di dalamnya. Sampai dirinya tewas dibunuh oleh Meetra Surik, Nihilus dianggap sebagai dewa kematian dengan korban yang mencapai enam miliar jiwa.

Armitage Hux (155.572.361.721 jiwa)

Meskipun terlihat kekanak-kanakan dan emosional, Armitage Hux adalah Jenderal First Order yang menjadi salah satu kepercayaan Supreme Leader Snoke pada era New Republic. Dan atas perintah Snoke juga, Hux menjadi orang yang bertanggung jawab mengoperasikan Starkiller Base alias Death Star ketiga yang jauh lebih besar dan lebih mematikan. Untuk membuktikan kehebatannya, Hux sempat menggunakan Starkiller Base untuk menghancurkan sebuah planet padat dari New Rebublic dan membuatnya menjadi satu-satunya karakter Star Wars yang pernah membunuh 150 miliar jiwa di galaksi.

Melihat daftar dari lima karakter teratas yang paling banyak membunuh ini, ternyata hasilnya cukup mengejutkan karena tidak ada satu pun karakter utama yang masuk di dalamnya, termasuk Darth Vader dan Luke Skywalker yang diceritakan sebagai sosok terpenting di waralabanya. Karakter seperti Vader dan Palpatine mungkin digambarkan sebagai karakter yang sangat jahat di semestanya, tetapi dari segi korban, tangan mereka relatif lebih bersih jika dibandingkan Hux dan Orson yang secara langsung membunuh jutaan bahkan miliaran jiwa di galaksi. Itulah lima karakter dengan jumlah korban tertinggi sepanjang sejarah Star Wars.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.