Mengingat betapa luasnya Marvel Universe yang terbentang dari Bumi sampai Multiverse, cukup masuk akal jika pada akhirnya jumlah karakter Marvel tidak terhitung jumlahnya. Dan dengan banyak karakter tersebut tentu saja sebagian besar dari mereka membentuk kelompok dan juga tinggal di suatu tempat yang mereka sebut “markas”.

Dan di Marvel Universe sendiri terdapat banyak markas ikonik yang super canggih, seperti Baxter Building milik Fantastic Four atau Avengers Tower. Namun, di antara markas yang tampak “ramah” tersebut, ada juga markas yang terkenal mengerikan. Dari mulai istana sampai satu kota yang dipenuhi monster, berikut lima markas paling seram di Marvel Universe!

Castle Dracula

Dari namanya saja sudah jelas bahwa Castle Dracula adalah markas berbentuk istana yang dimiliki oleh Dracula versi Marvel. Dracula sendiri adalah salah satu villain di Marvel Universe yang terkenal sangat mengerikan ketika beraksi, dengan kekuatan hipnotis, pengendali pikiran, dan berubah bentuknya Dracula akan menghisap darah bahkan memakan korbannya ketika lapar. Dan beberapa korbannya yang berubah menjadi vampir, akan selama tinggal di Castle Dracula sebagai budak. Istana yang menjulang di sebuah tebing ini sudah berdiri selama lebih dari lima ratus tahun, termasuk selama era Perang Dunia II saat Nazi mencoba untuk menguasainya tetapi gagal.

Hotel Inferno

Ketika Mephisto berhasil mencapai tujuannya untuk menyatukan nerakanya dengan Bumi, para pahlawan dan manusia Bumi diceritakan harus tersiksa dengan keberadaan monster serta nuansa neraka yang kelam dan panas. Belum lagi keberadaan markas Mephisto yang bernama Hotel Inferno membuat siapa pun yang mendekat menjadi budaknya, tanpa terkecuali para anggota Avengers. Ketika salah satu kaki tangannya, Ghost Rider, berhasil mengalahkannya dengan bantuan Doctor Strange, Hotel Inferno tetap dibiarkan ada sebagai penjara bagi Mephisto agar tidak bisa mengulangi rencana gilanya lagi.

Marcosa House

Sama seperti Castle Dracula, sesuai namanya, Marcosa House adalah rumah salah satu villain horor Marvel bernama Belaric Marcosa. Ketika dirinya tewas, arwah penasaran Belaric diceritakan terjebak di rumahnya. Sejak saat itu Marcosa House menjadi rumah berhantu, di mana Belaric sendiri menjadi penguasanya yang dikenal mempunyai kemampuan telekinesis dan memanggil zombie. Meskipun superhero di kisahnya sendiri cukup mengerikan, yaitu Warewolf by Night, tetapi keberadaan Belaric dan markasnya ini membuat komiknya lebih mengerikan lagi.

Monster Metropolis

Jika di belahan Bumi Marvel banyak manusia yang diceritakan bersatu untuk melawan para monster, di belahan Bumi lainnya ada juga para monster yang bersatu untuk membuat sebuah kota yang aman dari para manusia, kota tersebut dikenal sebagai Monster Metropolis. Di dalam markas para monster ini ada banyak sekali karakter populer Marvel, termasuk Morbius, Man-Thing, Werewolf by Night, bahkan Frank Castle alias Punisher yang dibunuh oleh Daken dan dihidupkan kembali sebagai mosnter Franken-Castle. Yang membuat markas ini mengerikan adalah bentuk dari setiap bangunannya yang mencerminkan kengerian para monster.

Ravencroft Institute

Pada dasarnya Ravencroft Institute adalah sebuah tempat bagi para supervillain “gila” di Marvel Universe. Namun, tidak jarang juga tempat yang bernuansa horor ini dijadikan markas oleh para supervillain, seperti Dracula dan Mister Sinister. Mempunyai sejarah yang terbentang selama lebih dari tujuh ratus tahun, Ravencroft Institute diklaim sebagai bagian dari sekte kanibal Knull, itulah mengapa tempat ini sangat mengerikan sampai ke akar-akarnya. Di tempat inilah pembunuh berantai Cletus Kasady, yang bergabung dengan symbiote Carnage, membunuh banyak staf Ravencroft Institute.

Itulah lima markas paling mengerikan di Marvel Universe. Sejak pertama kali didirikan, bahkan sampai sekarang, ketujuh markas ini tetap dikenal sebagai markas mengerikan yang membuktikan bahwa tidak semua yang ada di Marvel Universe penuh warna dan membahagiakan. Pada kenyataannya di balik kisahnya yang menghibur, ternyata ada juga beberapa hal mengerikan yang pernah berusaha Marvel sampaikan melalui ketujuh markas hantu dan juga monster ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.