Doctor Strange in the Multiverse of Madness adalah film Marvel Cinematic Universe ke-28 yang akan kembali mengekplorasi Multiverse Marvel dengan petualangan baru Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) dan kawan-kawan. Film yang disutradarai oleh Sam Raimi ini akan menghadirkan lebih banyak lagi penyihir selain Strange, beberapa di antaranya yang sudah dikonfirmasi adalah Wong (Benedict Wong), Karl Mordo (Chiwetel Ejiofor), Rintrah, dan beberapa penyihir Kamar Taj yang terlihat di trailernya.

Dari sekian banyak penyihir yang sudah dikonfirmasi melalui trailer Doctor Strange 2, ada satu penyihir baru yang keterlibatannya terungkap melalui sebuah Funko Pop, dia adalah Sara Wolfe. Terlepas dari namanya yang mungkin terdengar asing, Sara adalah karakter yang cukup penting dalam kisah Doctor Strange di Marvel Comics. Itulah mengapa jika karakternya benar-benar muncul di film Doctor Strange 2 nanti, dia akan menjadi karakter tambahan yang sangat menarik. Siapa sebenarnya Sara, dan mengapa dia begitu penting bagi Strange dan juga Wong? Mari kita bahas saat ini juga, Geeks.

Hidup di antara Para Penyihir Sakti

Sara Wolfe adalah keturunan suku asli Amerika, Cheyenne, yang memulai debutnya di komik Doctor Strange Vol. 2 #38 pada tahun 1979. Diciptakan oleh Chris Claremont dan Gene Colan, Sara digambarkan sebagai seorang wanita yang baik hati dan selalu menurut pada perintah klannya. Sampai akhirnya, ketika kakek buyut Sara menyuruhnya untuk menjadi seorang dukun, dia pertama kali menolak perintah klannya dan lebih memilih menjadi sekretaris Doctor Strange di Sanctum Sanctorum.

Kisah awal Sara bermula ketika sang Sorcerer Supreme bersama kekasihnya yang bernama Clea mencoba untuk menginvestigasi kematian misterius dari pacar Sara yang bernama Larry Royce. Hal tersebut dilakukan oleh Strange karena dia menghargai perasaan dari sekretarisnya tersebut. Namun, ketika Strange mencoba melacak aura sihir di lokasi pembunuhan Larry, dia menyadari bahwa kasusnya lebih dari sekadar pembunuhan biasa. Dan pada saat yang sama, ternyata Wong juga tiba-tiba menghilang dari Sanctum Sanctorum. Berdasarkan semua petunjuk yang telah dikumpulkan olehnya, Strange akhirnya mengetahui bahwa dalang dari semua ini adalah Baron Mordo.

Untuk membantu Strange dalam mencari Wong, Clea memutuskan untuk menyihir dirinya sendiri dan juga Sara sehingga mereka berdua bertukar posisi. Alih-alih penyamarannya berhasil, ternyata para minion iblis dari Mordo mengetahui rencana Clea dan menyerangnya. Di saat yang bersamaan Strange juga terlihat bertarung secara sengit melawan Mordo. Ketika pertarungan tersebut dimenangkan oleh Strange dan Clea yang berhasil mengalahkan Mordo, pada akhirnya Wong ditemukan dan mereka semua kembali ke Sanctum Sanctorum, termasuk Sara yang sudah kembali ke tubuhnya sendiri.

Meskipun kisah Sara di Marvel Comics sempat berlanjut sebagai sekretaris, tetapi dia tidak pernah diceritakan mempunyai kekuatan sihir seperti kebanyakan orang di Sanctum Sanctorum. Karakternya yang paling diingat oleh penggemar adalah fakta bahwa dirinya dan Wong berpacaran setelah kejadian sebelumnya. Meskipun versi komiknya hanya “manusia biasa”, tetapi berdasarkan versi yang diperlihatkan di Funko Pop, Sara terlihat mengenakan pakaian sihir seperti para penyihir Kamar Taj. Ada kemungkinan Sara akan diperkenalkan ulang sebagai seorang penyihir di film Doctor Strange 2.

Sara Wolfe di Doctor Strange 2

Dalam versi Funko Pop-nya, karakter yang dimaksud mempunyai nama yang hanya dituliskan “Sara”. Walaupun begitu, banyak penggemar yang cukup yakin bahwa Sara yang akan muncul di Doctor Strange 2 adalah Sara Wolfe dari Marvel Comics. Selain kostumnya yang tampak seperti penyihir Kamar Taj, sejauh ini masih belum diketahui secara detail akan seperti apa perannya di Doctor Strange 2. Yang jelas dengan adanya multiverse, dia bisa hadir sebagai siapa saja, dari mulai salah satu murid Strange di Kamar Taj, atau varian jahat yang nantinya bekerja sama dengan Mordo.

Terlepas dari berbagai teori kemunculannya tersebut, sejauh ini masih belum diketahui juga siapa aktor yang akan berperan sebagai Sara di filmnya nanti. Jika melihat apa yang sudah terungkap melalui Funko Pop, dia sepertinya akan diperankan oleh aktris keturunan Afrika Amerika untuk menambah keberagaman di film Doctor Strange 2 dan juga MCU secara keseluruhan. Hal tersebut cukup masuk akal, karena meskipun karakternya minor, tetapi posisinya sebagai kekasih Wong akan membuat kehadirannya cukup diperhatikan oleh para penggemar.

Itulah pembahasan tentang karakter Sara yang kemungkinan akan muncul sebagai seorang penyihir baru di film Doctor Strange 2. Sejarahnya di Marvel Comics sebagai sekretaris Strange dan juga kekasih Wong, telah membuat karakternya menjadi cukup menarik untuk di eksplorasi di MCU. Dan dengan adanya Funko Pop bernama Sara ini, cukup jelas bahwa karakternya akan cukup berpengaruh, setidaknya sama seperti karakter Rintrah yang sama-sama muncul di Funko Pop. Kita nantikan saja kemunculannya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang dijadwalkan rilis pada 6 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.