Jumlah pemain Elden Ring di seluruh dunia terus bertambah. Menurut situs Steamspy, Elden Ring berhasil terjual lebih dari 5 juta copy dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu. Tetapi yang harus dicatat bahwa angka tersebut hanyalah perkiraan jumlah penjualan Elden Ring di Steam dan pengambilan data dari para pemain yang setting profilenya untuk umum. Itu berarti, angka penjualan Elden Ring sangat mungkin lebih tinggi dari perkiraan yang diumumkan Steamspy.

Ditengah masifnya jumlah pemain Elden Ring, ada kabar yang kurang mengenakan nih Geeks. Ada beberapa pemain Elden Ring yang mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa terhubung dengan para pemain lainnya di hari Kamis kemarin. Awalnya mereka mengira bahwa hal tersebut karena masalah server dan sementara, sehingga menyebabkan mereka tidak dapat terhubung dengan pemain lain. Tetapi kemudian mereka menyadari bahwa pemain Elden Ring lainnya tidak mengalami hal serupa.

Mereka yang tidak bisa mengakses gamenya mengatakan bahwa ada pesan yang berbunyi “Aktivitas tidak pantas terdeteksi. Kembali ke menu.” Pihak FromSoftware atau Bandai Namco sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait hal tersebut, tetapi banyak yang percaya bahwa para pemain yang mendapatkan pesan tersebut telah di banned. Tentunya para pemain tersebut merasa kebingungan karena mereka di banned tanpa alasan yang jelas.

Ada juga yang menyebut bahwa anti-cheat yang digunakan FromSoftware menjadi pemicu masalahnya. Anti-cheatnya dianggap terlalu sensitif atau tidak diatur dengan benar, sehingga menganggap para pemain tersebut adalah cheater. Karena pihak Bandai Namco dan FromSoftware masih belum angkat bicara, maka tentu saja semua itu masih sekedar spekulasi, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat mereka akan segera angkat bicara.

Walau laris manis, perilisan Elden Ring memang bukan tanpa masalah. Sebelumnya, para pemain PC mengeluhkan performa Elden Ring. Mereka menyebutkan bahwa sering ditemui masalah frame rate dan shuttering. Ada juga beberapa pemain Elden Ring versi konsol yang juga mengalami hal serupa, dan kemudian mereka menerima update patch untuk masalah tersebut. From Software dan Bandai Namco sendiri sudah meminta maaf dan memperbaiki masalah tersebut lewat patch terbaru.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.