Sebelum jagat sinematik waralaba superhero setenar sekarang, menemukan aktor yang tepat untuk memerankan karakter superhero favorit penggemar tidaklah mudah. Hal yang sama berlaku juga kepada Warner Bros. dan juga DC Films yang mencoba membangun jagat sinematik yang disebut DC Extended Universe. Dari mulai karena jadwal yang berbenturan, sampai yang filmnya sendiri dibatalkan, ada beberapa nama aktor yang pernah menolak tampil di DCEU. Beberapa di antaranya mungkin menyesal karena melakukan hal tersebut, dan sebagiannya lagi justru malah terkenal sebagai karakter dari film superhero lain. Berikut para aktor yang menolak bergabung dengan DCEU!

Jaimie Alexander

Jaimie Alexander adalah aktris yang terkenal dalam perannya sebagai Lady Sif di MCU, tepatnya di waralaba film Thor dan juga sempat muncul di serial Loki. Namun, pada saat DCEU tengah mengembangkan karakter Diana Prince alias Wonder Woman beberapa tahun lalu, Alexander adalah salah satu aktris yang namanya berada di urutan paling atas untuk memerankan superhero wanita tersebut, sebelum akhirnya dia menolak peran tersebut. Dalam sebuah wawancara, Alexander pernah mengungkapkan bahwa alasannya menolak peran tersebut adalah karena dia sudah mempunyai kontrak dengan Marvel Studios.

Leonardo DiCaprio

Sebelum terkenal melalui film Titanic (1997), Leonardo DiCaprio pernah dihampiri oleh Warner Bros. yang menawarinya untuk berperan sebagai Dick Grayson alias Robin di film Batman Forever. Pada saat itu, DiCaprio menolaknya karena dia merasa belum cukup siap untuk memeran karakter ikonik tersebut. Bertahun-tahun kemudian, setelah dirinya sangat terkenal, DiCaprio kembali dirumorkan akan berperan sebagai Joker versi DCEU di film The Batman yang pada saat itu masih dikembangkan oleh Ben Affleck. Namun, karena Ben Affleck mundur dari filmnya, seiring waktu rumor keterlibatan DiCaprio mulai menghilang.

Charlize Theron

Selain Alexander, aktris lainnya yang sempat menolak berperan sebagai Wonder Woman versi DCEU adalah Charlize Theron. Dalam wawancara pada tahun 2017, Theron menjelaskan bahwa sutradara Wonder Woman (2017), Patty Jenkins, pernah menawarinya untuk berperan sebagai superhero tangguh tersebut, tetapi dia terpaksa menolaknya karena pada saat itu jadwal syutingnya sangat padat sehingga tidak bisa menyesuaikannya dengan jadwal produksi Wonder Woman. Meskipun banyak penggemar yang kecewa, tetapi pada akhirnya mereka menghargai keputusan Theron.

Jake Gyllenhaal

Suicide Squad (2016) adalah salah satu film DCEU yang menampilkan banyak karakter sekaligus dalam satu film. Dan sebelum karakter Rick Flag diperankan oleh Joel Kinnaman, Warner Bros. ternyata sempat menawari peran terlebih dahulu kepada Jake Gyllenhaal. Tidak diketahui mengapa aktor pemeran Mysterio MCU ini menolak peran yang cukup menarik tersebut, beberapa spekulasi mengatakan bahwa naskah filmnya tidak terlalu menarik sehingga Gyllenhaal melepas kesempatannya untuk terlibat dalam film DCEU.

Itulah para aktor yang menolak terlibat dalam film-film DCEU. Terlepas dari alasan jadwal para aktor yang memang padat, cukup masuk akal juga jika beberapa di antara mereka ada yang menolaknya karena tidak terlalu tertarik dengan filmnya, mengingat pada saat itu WB dan DC masih mencoba menemukan formula yang tepat untuk jagat sinematik mereka. Dan walaupun para karakter di filmnya tidak jadi diperankan oleh kelima aktor ini, tetapi pada akhirnya DCEU telah menemukan aktor yang tepat seperti yang saat ini bisa kita lihat di film-film DCEU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.