Pemerintah Dunia dibentuk kurang lebih 800 tahun yang lalu oleh para penguasa dari 20 kerajaan yang berbeda. Aliansi dari para kerajaan tersebut terus tumbuh sampai saat ini. Berdasarkan informasi yang diketahui sejauh ini,kurang lebih ada 170 negara atau kerajaan yang berada di bawah pengawasan dari pihak Pemerintah Dunia. Sehingga, wajar jika kemudian mereka menjadi organisasi paling besar di One Piece.

Semua negara atau wilayah yang beraliansi dengan pihak Pemerintah Dunia memang memiliki beberapa keuntungan. Namun, faktanya, tidak semua wilayah berada di bawah pengawasan mereka. Ada beberapa negara atau wilayah yang tidak menjadi bagian dari kekuasaan Pemerintah Dunia karena beragam alasan. Negara mana saja?

Wano Country

Untuk yang satu ini, tentu Geeks semua sudah mengetahui faktanya. Sejak awal arc Wano dimulai para fans sudah diberikan informasi bahwa wilayah ini tidak terafiliasi dengan Pemerintah Dunia. Bahkan, mereka cenderung menjadi wilayah atau negara yang tertutup dan terisolasi. Wilayah ini dahulunya dikenal sebagai “negara emas.” Wano sendiri dikuasai oleh Kaido, kapten dari kelompok bajak laut Beast.

Kaido datang ke Wano sekitar 26 tahun yang lalu, di mana dia berhasil menaklukan Wano dan menghabisi nyawa Oden. Sebagai negara yang terisolasi, tidak banyak orang yang berhasil menuju Wano atau bahkan keluar dari Wano. Orang-orang juga tidak tahu bagaimana caranya ke sana. Menurut Oden, negara tersebut sebelumnya pernah terbuka untuk semua orang, namun untuk alasan yang masih belum diketahui, Wano kemudian menutup perbatasannya.

Totto Land

Totto Land merupakan teritori atau wilayah dari salah satu Yonko, yaitu Big Mom. Dia bertindak sebagai penguasa dari wilayah tersebut. Totto Land berlokasi di New World dan tidak ada lagi orang yang mampu menandingi kekuasaan Big Mom di sana. Bahkan, anak keduanya, Charlotte Katakuri, yang diketahui paling kuat, tidak mampu untuk membantah Big Mom.

Big Mom ingin membangun sebuah kerajaan yang mana isi atau penduduk di dalamnya terdapat berbagai macam ras. Dan hal ini memang benar-benar diwujudkan seperti yang diperlihatkan dalam arc Whole Cake Island, di mana ada banyak ras yang tinggal di sana. Dan ini juga yang menjadi alasan Caesar dipekerjakan oleh Big Mom. Yang menarik adalah seluruh bangunan di Totto Land terbuat dari makanan manis.

Zou

Zou merupakan rumah bagi suku Minks. Zou tidak berada di daratan, melainkan berada di atas punggung dari gajah raksasa yang bergerak, Zunesha. Karena kerajaan Zou ada di atas makhluk hidup lainnya, mustahil bagi seseorang untuk bisa mencari posisi pulau tersebut tanpa adanya bantuan dari Log Pose. Zou memiliki dua penguasa yaitu Inuarashi dan Nekomamushi. Mereka berdua bergantian menjadi penguasa. Suku Minks juga diketahui merupakan sekutu dari klan Kozuki di negara Wano.

Kerajaan Germa

Kerajaan Germa sebenarnya sempat menjalin kerja sama dengan pihak Pemerintah Dunia. Namun, pasca apa yang terjadi di arc Whole Cake Island, mereka memutuskan untuk tidak lagi berurusan dengan kerajaan germa. Kerajaan ini dikenal karena ilmu pengetahuan dan teknologi canggih dan modern yang mereka miliki. Karena itulah kerajaan ini memiliki julukan “Kerajaan Ilmu Pengetahuan.”

Kerajaan Germa dipimpin oleh keluarga Vinsmoke, yang juga merupakan keluarga dari Sanji. Sanji sempat tinggal di sini, sebelum kemudian dia berhasil kabur. Seperti halnya Zou, kerajaan ini tidak tinggal di satu tempat. Berkat teknologi canggih mereka, kerajaan Germa mampu dipecah menjadi beberapa bagian dan kemudian berlayar di lautan.

Skypiea

Skypiea merupakan latar tempat utama dari arc Skypiea. Ini menjadi rumah bagi tiga ras yang ada – Skypiea, Shandia, dan Birkan. Awalnya, Skypiea hanya menjadi rumah bagi para Skypieans. Namun, setelah Jaya ditembakan ke langit bersama para penduduk Shandia, perlahan akhirnya Skypiea menjadi rumah bagi mereka juga.

Skypiea juga kemudian kedatangan Enel dan ras Birkans. Skypieans memiliki habitat yang unik, di mana flora dan fauna mereka beragam meskipun berada di atas langit. Dan ada banyak juga pulau-pulau langit lainnya di Skypiea. Tidak banyak orang yang tahu dan percaya bahwa Skypiea benar-benar ada.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.