Baik di DC Universe maupun di semesta komik yang lain, kebanyakan superhero di dalamnya adalah manusia atau alien. Dari mulai anak kecil yang melihat tragedi dan kemudian menjadi vigilante, sampai alien dari planet lain yang menjadikan Bumi sebagai rumah keduanya. Dan dari sekian banyak superhero di DC Universe, ada beberapa superhero yang cukup unik, di mana mereka ternyata mendapatkan kekuatannya setelah bersekutu dengan iblis yang pada umumnya jahat.

Iblis atau monster sendiri adalah makhluk yang ditakuti di DC Universe dan sering diperlihatkan sebagai villain. Namun, dengan kekuatan yang hampir menyamai dewa tersebut, pada akhirnya para superhero ini menggunakan kemampuan iblisnya justru untuk kebaikan dunia. Siapa saja superhero yang dimaksud? Berikut lima superhero DC yang pernah diceritakan bersekutu dengan iblis. Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Raven

Raven adalah superhero wanita yang terkenal sebagai salah satu anggota terkuat di Teen Titans. Walaupun peran superheronya tidak perlu diragukan lagi, tetapi pada kenyataannya dia adalah anak dari raja iblis raksasa sekaligus musuh Justice League bernama Trigon. Berdasarkan fakta tersebut, Raven tidak bisa memungkiri bahwa ayahnya sangat menginginkan dirinya menjadi penguasa di Bumi suatu hari nanti, karena dengan begitu kekuasaan Trigon akan jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Dan dengan darah iblis yang mengalir di tubuhnya, Raven juga terbukti bisa berubah menjadi iblis yang ganas.

Jason Blood

Mempunyai nama asli Jason Blood, dia awalnya adalah seorang kesatria Camelot pada abad ke-6 yang menjadi makhluk abadi setelah saudaranya, penyihir Merlin, memasukan iblis Etrigan ke dalam tubuhnya. Selama berabad-abad kemudian, Jason yang sudah mempelajari berbagai ilmu sihir dan juga pengetahuan tentang dunia kegelapan, pada akhirnya mampu mengendalikan iblis yang ada di dalam tubuhnya. Sejak saat itu bisa dibilang dia bersekutu dengan iblis Etrigan, di mana hal tersebut memungkinkan Jason untuk berubah menjadi iblis dan bahkan memanggil iblis lain dari neraka.

Blue Devil

Dari bentuknya mungkin tidak ada yang percaya bahwa Blue Devil adalah superhero, hal tersebut karena dia mempunyai fisiologi iblis yang menyeramkan dengan tanduk dan juga mata merah. Pada kenyataan, Blue Devil awalnya adalah seorang manusia biasa bernama Daniel Cassidy yang secara tidak sengaja memakai baju iblis dan kemudian bertemu dengan iblis sungguhan. Iblis asli yang menyangkanya sebagai teman, kemudian memberikan kekuatan sihir iblis kepadanya. Alih-alih masuk ke dalam tubuh Daniel, kekuatan iblis tersebut terperangkap di kostum iblisnya, di mana dia terbukti mempunyai kekuatan fisik super ketika menggunakan kostum tersebut sebagai superhero.

Kid Devil

Bukan hanya Daniel Cassidy saja yang bersekutu dengan iblis untuk mendapatkan kekuatan super, tetapi ada juga karakter lainnya yang diceritakan mengikuti jejak Daniel, dia adalah sidekick-nya yang bernama Edward Bloomberg. Sebagai penggemar Daniel, Edward pada akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menciptakan kostumnya sendiri agar seperti idolanya. Alih-alih mengisi kostumnya dengan kekuatan sihir iblis, Edward malah bertemu dengan iblis bernama Neron yang mengubahnya menjadi iblis sungguhan. Sejak saat itu dia mulai menerima takdirnya sebagai Kid Devil dan bertarung sebagai superhero bersama Blue Devil.

Lucifer Morningstar

Sama seperti kisah mitologi aslinya, Lucifer di DC Comics juga awalnya adalah seorang malaikat. Namun pada akhirnya dia memutuskan untuk menyerahkan dirinya kepada kegelapan dan lebih memilih bergaul dengan para iblis. Sejak saat itu, karena kekuatannyam Lucifer menjadi penguasa neraka dan menjadi salah satu entitas kosmik paling kuat di DC Universe. Dengan kekuatan yang memungkinkan dia untuk memanipulasi realitas, Lucifer sering terlihat bermain-main sebagai makhluk Bumi, baik sebagai superhero yang membantu mengalahkan villain atau sebaliknya.

Superhero memang harus melakukan tindakan yang baik, tetapi bukan berarti mereka harus mengandalkan kekuatannya yang selalu bersumber dari kebaikan. Karena pada kenyataannya, seperti kelima superhero ini, ada juga yang ternyata justru makin kuat setelah bersekutu dengan iblis, baik mendapatkan kekuatannya langsung, maupun dengan meminjamnya. Kelima superhero ini juga membuktikan bahwa sesuatu yang bersumber dari keburukan, bisa juga dimanfaatkan untuk melindungi Bumi dan semua isinya. Itulah lima superhero yang terkenal bersekutu dengan iblis di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.